“Ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu”

“Ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu” 

(Apa bila ingin mengikuti klik judul) http://www.catatan.songgobuwono.com/semar.html

oleh Bunda Lia pada 23 Oktober 2011 jam 19:18
“Ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu”
(Apa bila ingin mengikuti klik judul) http://www.catatan.songgobuwono.com/semar.html

Sastra Jendra dan Menurut para ahli sejarah, kalimat “Sastra Jendra” tidak pernah terdapat dalam kepustakaan Jawa Kuno. Tetapi baru terdapat pada abad ke 19 atau tepatnya 1820. Naskah dapat ditemukan dalam tulisan karya Kyai Yasadipura dan Kyai Sindusastra dalam lakon Arjuno Sastra atau Lokapala. Kutipan diambil dari kitab Arjuna Wijaya pupuh Sinom berikut cerita Lokapala : Tersebutlah sebuah kerajaan besar bernama Lokapala.
Negara ini adalah tempat bersemayamnya seorang raja muda bernama Danaraja.
 Harfiah arti dari “Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu” adalah sebagai berikut; Serat = ajaran, Sastrajendra = Ilmu mengenai raja. Hayuningrat = Kedamaian. Pangruwating = Memuliakan atau merubah menjadi baik. Diyu = raksasa atau lambang keburukan. Raja disini bukan harfiah raja melainkan sifat yang harus dimiliki seorang manusia mampu menguasai hawa nafsu dan pancainderanya dari kejahatan. Seorang raja harus mampu menolak atau merubah keburukan menjadi kebaikan.Pengertiannya bahwa Serat Sastrajendra Hayuningrat adalah ajaran kebijaksanaan dan kebajikan yang harus dimiliki manusia untuk merubah keburukan mencapai kemuliaan dunia akhirat. Ilmu Sastrajendra adalah ilmu makrifat yang menekankan sifat amar ma’ruf nahi munkar, sifat memimpin dengan amanah dan mau berkorban demi kepentingan rakyat.

Danaraja atau Danapati terkenal sangat sakti dan tampan. Rakyat dan bala tentaranya
terdiri dari manusia dan raksasa. Dan semua tentaranya sangat ahli dalam olah keprajuritan. Lokapala didirikan oleh Prabu Danurdana yang merupakan keturunan Dewa Sambu putra Bathara Guru…. Kemudian berturut-turut Lokapala yang damai diperintah oleh Prabu Andanapati kemudian Prabu Lokawana….  Prabu Lokawana memiliki putri yang cantik jelita bernama Dewi Lokawati…. Lokawati yang cantik itu akhirnya menikah dengan seorang pemuda brahmana sakti dan tampan bernama Resi Wisrawa.

Setelah sang Prabu Lokawana mangkat, maka Wisrawa menjadi raja di Lokapala……. Prabu Wisrawa sangat dicintai rakyatnya karena ia memimpin negara dengan arif dan bijaksana. Dan dari perkimpoiannya dengan Dewi Lokawati, mereka dianugrahi seorang putra yang diberi nama Danaraja. Tahun dan musim berganti, akhirnya Danaraja tumbuh dewasa dan akhirnya naik tahta menggantikan ayahnya yang lebih memilih hidup bertapa sebagai pendeta. Dan sama seperti ayahnya, Prabu Danaraja sangat arif dalam memimpin negara dan rakyatnya. Sampai pada suatu ketika, Prabu Danaraja mendengar adanya sebuah sayembara memperebutkan seorang putri yang sangat cantik bernama Dewi Sukesi….. Dewi Sukesi adalah putri dari Prabu Sumali seorang maharaja raksasa pemimpin negara Alengka. Sudah lama memang Danaraja mendengar kecantikan sang putri. Ia ingin sekali memperistri Dewi Sukesi dan menyandingkannya sebagai permaisuri kerajaan Lokapala…. Maka disampaikanlah keinginan itu kepada ayahandanya Resi Wisrawa….  DanarajaDewi Sukesi untuknya. WisrawaWisrawaResi Wisrawa, tidak pantas bagi seorang raja terjun langsung ke dalam arena sayembara, lagi pula syarat kedua, yaitu penjabaran “Ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu” tidak akan mungkin dapat diungkapkan oleh Prabu Danaraja, sebab menurut Resi Wisrawa hanya dia sendirilah yang dapat melakukan. ingin sekali ayahnya mengutarakan keinginannya dan melamar senang sekali mendengar hal tersebut. Dan dengan cinta yang tulus dari seorang ayah, bersedia berangkat ke Alengka untuk melamar sang putri Sukesi karena menurut

Alengkadiraja adalah kerajaan besar yang dipimpin oleh raja raksasa bernama Prabu Sumali. Walaupun sang raja berujud raksasa namun meskipun demikian, hati dan tindak-anduknya jauh lebih mulia melebihi manusia lumrah. Prabu Sumali sendiri adalah putra dari raja Alengka sebelumnya, Prabu Puksura….

Nah sudah pernah kami ceritakan dalam kisah Prabu Sumali dalam wayang bhari yg lalu namun kita belum paham apa sebenarnya Ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu…. Agar kita tidak penasaran ikutilah kisah ini…. 



Tidak SukaSuka · · Berhenti Mengikuti KirimanIkuti Kiriman · Bagikan · Hapus

  • 7 yang berbagi7 yang berbagi
    • Sawung Sariti lanjut bunda..
      23 Oktober jam 19:25 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Agung Suryaningrat Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwat Ing Diyu sbuah cerita kenyataan tentang nafsu n angkara murka…
      23 Oktober jam 19:29 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Adjie Kodir · Berteman dengan Denmas Riyanto dan 25 lainnyaMemuat…
      Mantap Bunda, jadi penasaran nih, met malam BUnda Lia n smoga sehat slalu …… _/\_
    • Mahmud Darzad ‎…wah buunda lia..punya koleksi lengkap nampaknya…bisa dapat informasi ttg karakter punakawan??..trims sebelumnya
      23 Oktober jam 19:35 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • MasTebe Budiharto Sugeng ndalu Bunda …monggo dipun lajengaken …
      23 Oktober jam 19:37 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Sawung Sariti hmm. Ya ya..
      23 Oktober jam 19:37 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Arief Wibisono Saya tertarik sekali bunda…Sekalian saya ingin ada penjabaran lebih lanjut fungsi dan inti ajarannya…sehingga kami manusia abad ini tetap punya pegangan dari para orang tua dan leluhur terdahulu kami…dan bagaimana kami bisa hidup sempurna dunia akheratnya….
      23 Oktober jam 19:40 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Aiman Yiman Rahayu semua.
      Rahayu bunda,
      Monggo dipun lanjut,gedang goreng anget2, kopi susu meniko sedep bgt bunda.
      Hehe..
      23 Oktober jam 19:42 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Agung Suryaningrat Nafsu n angkar murka yg trlahir…Dasamuka at Rahwana Raja…Kumbokarno…Sarpokenoko…yg trakhir ad Gunawan Wibisono sang arif bijaksana…
    • Auriel Setia Kasih dilanjut bunda , auriel siap untuk menyimak…
      23 Oktober jam 19:47 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
       
       

       
       
    • Bunda Lia Prabu Sumali juga memiliki putra yang berwujud raksasa bernama Prahasta yang sangat sakti. Negara Alengka merupakan negara
      yang sudah berusia cukup tua. Raja-raja sebelumnya yaitu Prabu Banjaranjali, Prabu Jatimurti, Prabu Getahbanjaran, Prabu Bramanatama, Prabu Puksura dan terakhir Prabu Sumali. Rakyat Alengka kebanyakan adalah para raksasa yang hidup tentram dan damai
      dibawah kepemimpinan raja-raja tersebut…..
      23 Oktober jam 19:50 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Bunda Lia Mas Sawung Sariti sugeng dalu njih mas…. melepas lelah setelah berhari minggu….
      23 Oktober jam 19:50 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Agung Suryaningrat Raksasa bkn trs berarti sbg angkara murka…disinilah buah dr kesdaran diri…angkara murka itu ada n brsemayam dlm diri kita msg2 Bunda-ku…
      23 Oktober jam 19:54 · Tidak SukaSuka · 3Anda, Edy Yusuf Ritonga, dan Syahwir Papude menyukai ini
    • Bunda Lia Sugeng dalu mas Agung Suryaningrat sugeng rawuhipun njih mas…. Basuki rahayu widodo …. he he he Saiba becike samangsa wong kang lagi kasinungan kabegjan lan nampa kabungahan iku tansah eling gedhe ngucap syukur marang Kang Peparing iku luwih becik njih mas Agung…. Awit elinga yen tumindak kaya mangkono mau kejaba bisa ngilangi watak jubriya uga mletikake rasa rumangsa yen wong dilairake marang sapadha-padhane titah, mbengkas kasangsaran, munggahe ngreksa hayuning jagad…..
      23 Oktober jam 19:58 · Tidak SukaSuka · 8Memuat…
    • Bunda Lia Mas Adjie Kodir selamat malam mas terimakasih mas… hemmm tinggal mengulang mas kemarin lusa sudah kita ceritakan berjudul Raden Sumali namun ini pembabaran dalam suluk …. selamat berhari minggu…
      23 Oktober jam 20:00 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Mas Mahmud Darzad selamat malam mas tetang Punokawan sudah kita wedar beberapi hari yg lalu mas monggo pun persani dateng catatan kemawon atau di wall saya bawah monggo… matur nuwun …. salam hormat njih mas.
    • Bunda Lia Mas Tukribo Budiharto nuwun injih mas maturnuwun kadangku kang kinasih…
      23 Oktober jam 20:02 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Bunda Lia Mas Sawung nyuwun pangapunten… ugi nyuwun dukho…
      23 Oktober jam 20:03 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Sawung Sariti sugeng dalu ugi bunda..trimaksh.
      Maaf bunda.,apkah sastro jendro itu yang dmksud jg ngelmu kasepuhan?
      Ngelmu /penemu two atau jg ngelmu kasampurnan ing ateges kasampurnaning urip yo ksmpurnaning pti..apa bnr bgt bunda?
      23 Oktober jam 20:04 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Nara Yana · Berteman dengan Agung Pambudi dan 95 lainnyaMemuat…
      salam pamuji rahayu ..nderek ngangsu nyemak wedaranipun njih ..rahayu ..
      23 Oktober jam 20:04 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Joko Lelono sugeng ndalu bunda…..alhamdulillahirobilalamin kulo sa keluargo sampun dumugi wonten grio…atur gungeng panuwun njiih bunda saking sedoyo pasugatanipun…..mugio gusti tansah paring kasugengan soho rizqi ingkang lancar dateng bunda.
      23 Oktober jam 20:04 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Bunda Lia Mas Arief Wibawa selamat malam mas… ya mas itulah pokok permasalahan kita semua mas maka dengan ini kami hanya mampu berusaha memberi gambaran melalui wayang… walau ini baru belajar jadi dalang mas… salam santunku selalu….
    • Arie Irfan Selamat malam Bunda Lia…
      Ikut nyimak nie…
      Salam Kasihku.
      23 Oktober jam 20:05 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Mas Aiman Yiman he he he he salam kasih mas… kemarin libur sehari mas pikiran lagi nggak konsentrasi…
      23 Oktober jam 20:06 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Bunda Lia Mbak Auriel Setia Kasih salam kangenku sayang… seneng wayang juga ya …
      23 Oktober jam 20:07 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Eko Susanto Selamat Malam Bunda Lia, Terimakasih Banyak Kiriman Tag Nya Yang Indah Ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu….. Smoga Berkah Kebaikan Untuk Kami Semuanya……. Amiiiin…. Amin YRA…….. Salam Kasih Dan Damai Dihati Bunda….. Rahayu.
      23 Oktober jam 20:08 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Eko Susanto Selamat Malam Bunda Lia, Terimakasih Banyak Kiriman Tag Nya Yang Indah Ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu….. Smoga Berkah Kebaikan Untuk Kami Semuanya……. Amiiiin…. Amin YRA…….. Salam Kasih Dan Damai Dihati Bunda….. Rahayu.
      23 Oktober jam 20:10 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Petruk Tralala nderek nyimak njih bunda…salam Karahayon
      23 Oktober jam 20:12 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Mas Joko Lelono ha ha ha sopo sing diuntal mbak Siwi Marthin mbengi niki njih mas… katah tiyang pinter loh mas… xixixixixxii wah gawat dalange niki mas Joko…. nanging jenenge dalan yo sak karepe dewe pingine penonton seneng sing penting nggak keluar pakem Ok….
      23 Oktober jam 20:13 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Joko Lelono seratan ingkang cetho nuduhaken panggenan antawisipun lahir tui batos.somonggo sinambi ngopi kalian mendoanipun mumpung tesi anget.
      23 Oktober jam 20:13 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Sarwo Ireng Rupaku hemmmm nopo mboten klintu wong pinter ngansu kaweruh kalian dalan anyaran kang taksih cubluk… monggo salam hormatku…
      23 Oktober jam 20:14 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Bunda Lia Nadyan wesi iku kanyatane atos, ewa semono yen iís ketrajang ing taiyeng ya bakal entek gripis. Semono uga tumraping wong kang kataman rasa meri, atine mbaka sethithik uga bakal gripis, awit rumangsa yen awake tansah apes, saengga kelangan greget lan lumuh makarya….Wusanane pepes atine kentekan pengarep-arep….
      23 Oktober jam 20:17 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Nara Yana · Berteman dengan Agung Pambudi dan 95 lainnyaMemuat…
      salam taklim jeng.. meniko njih bilih dikeparengaken awit meniko wedaran ingkang sae lan adiluhung…nyuwun sih samudro pangaksami…rahayu rahayu..
      23 Oktober jam 20:19 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Agung Suryaningrat Bunda-ku terkasih…dalam hidup Roso Rumongso lan Ngrumangsani akn sll ada dlm hdup…krn hnya titah sak wantah…jiwa raga ini kubaktikan untuk Ibu Pertiwi…
      23 Oktober jam 20:19 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Mahmud Darzad trims bu..ijinkan saya mengintip tulisan2 ibu yg lain…trims
      23 Oktober jam 20:20 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Kemana saja mas Arie Irfan salam kasih …selamat malam…
      23 Oktober jam 20:21 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Hemmm mbak Chety Eko Susanto selamat malam salam kangen penuh kasih….
      23 Oktober jam 20:22 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Siwi Marthin wengi iki ora untal2an sebab nembe maem iga. ning nak ana sing mbeling mbada disik bun,nggo sesok.
      23 Oktober jam 20:28 · Tidak SukaSuka · 2Memuat…
    • Edy Yusuf Ritonga Selamat malam Bunda Lia dan seluruh keluarga besar yg hadir …

      Pembahasan yg mantap Bunda sangat-2 ferfect kali bagi saya,,
      Bunda saya nyimak aja ya Bunda skalian ngetik saya Bunda ….

      salam takdhim saya Bunda …. Rahayu ……

      23 Oktober jam 20:31 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Mas Agung Suryadiningrat hebat mas…. aku doakan saja mampu dan dapat berbakti pada ibu pertiwi sesuai cita2 mas Agung untuk membuat masyarakat sejahtera… doaku mas…. monggo…
    • Arie Irfan Bunda Lia, iya nie brusan ol di tempat kerja lembur terus….
      23 Oktober jam 20:33 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Misterr Jeans Sang Kinasih Sugeng ndalu Ibunda lan sdoyo kdang kinasih.. Mugi kwelasing GUSTI tansah keparing dmateng kito sdoya.. Salam kasihq slalu..
      23 Oktober jam 20:33 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Agung Suryaningrat Saudara-ku Abdullah Ali…dunia ini sdh rusak n hancur tatanannya…tdk ada bedanya krn smua menuruti nafsu…hnya segelintir org saja yg sadar n berusaha melangkah tp yg didapat hanyalah cibiran…hnya dgn kesadaran diri kt bs mncapai pohon kehidupan Saudara-ku…
      23 Oktober jam 20:34 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Edy Yusuf Ritonga Selamat malam Bapak Abdullah Ali, Bunda Chety Eko Susanto,Pak Tukribo Budiharto , Pak Joko Lelono, Kang Mas Arie Irfan

      Salam hormat saya ….. Rahayu ….

    • Arie Irfan Selamat malam Kang Abdullah Ali, Mas Petruk, Mba’ Eko, serta untuk semua yg telah hadir disini… Rahayu Rahayu Rahayu… Salam Hangat & Jabat Erat.
      23 Oktober jam 20:35 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Agung Suryaningrat Saudara-ku Abdullah Ali…sy itu ngrumangsani sbg titah sakwantah yg tdk luput dr kesalahan…hnya sll memohon ampunan n memberikan yg terbaik dr dlm diri ini…
      23 Oktober jam 20:36 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Kang Abdullah Ali… selamat malam kang…. ha ha ha ha Aja sok ngendel-endelake samubarang kaluwihan iku ngono ora becik.. awit eleng2 wae becik ketitik olo ketoro, apa maneh mamerake kasugihan lan kapinteran…. Yen anggonne ngongasake dhiri mau mung winates ing lathi tanpa bukti, dhonge pakarti kaya mangkono iku ngengon awakmu dadi ora aji. Luwih prayoga turuten pralampitane tanduran pari. Pari kang mentes mesthi tumelung, kang ndongak mracihnani yen kothong tanpa isi… he he he babarno wae kang Dullah…..
      23 Oktober jam 20:36 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Arie Irfan Mas Edy Yusuf Ritonga… selamat malam… Rahayu.. Salam Damai Dihati.
      23 Oktober jam 20:38 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Agung Suryaningrat Bunda-ku terkasih…semua tersembunyi dibalik keheningan malam…adakah yg bs kawulo lampahaken untuk Bumi Nusantara tercinta ini…
    • Bunda Lia Rumangsa sarwa duwe lan Sarwa duwe rumangsa, iku yen ditulis genah mung diwolak-walik bae, nanging surasane jebul kaya bumi karo langit. Sing kapisan nuduhake watak ngedir-edirake, wengis satindak lakune /polahe, yen nggayuh pepenginan ora maelu laku dudu, samubarang pakarti nistha ditrajang wani. Dene sing kapindho pakartine tansah kebak welas asih, wicaksana ing saben laku, rumangsa dosa samangsa gawe kapitunane liyan….
      23 Oktober jam 20:41 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Agung Suryaningrat Kangmas Abdullah Ali…tdk ada kata menyerah dlm kamus hidup…itu smua hanyalah riak n kerikil dlm perjuangan…smp titik darah penghabisan sy korbankan demi Ibu Pertiwi ini…
    • Eko Susanto Nuwun Injih Bunda Lia,……. Maturnuwun Sanget Bun……… Dalem Nyimak Bun…….. Salam Kasih Ta’dhim Dalem…..
      23 Oktober jam 20:43 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Petruk Tralala Mas Arie Irfan…sami kasugengan njih..
      23 Oktober jam 20:45 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Arie Irfan Rahayu
      23 Oktober jam 20:47 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Mas Agung Suryaningrat kadangku kang kinasih…. . Kulinakna mikir luwih dhisik samubarang kang arep njenengan wetokake saka tutuk. Lire pikiren luwih dhisik klawan mateng apa kang bakal njenengan wetokake iku ora malah gawe kuceming awakmu dhewe, nglarani atining liyan apa ora. Dene yen ora ana paedahe luwih becik aja kok kojah amrih ora nandhang piduwung…. loh loh … kuwe mung sak glintir menungso…. waduhhhh… salah gedhe yo wong bagus… akeh sing isih nguri2 bumi pertiwi iki…. ora amung slinane….
      Digendhongana dikuncenana kaya ngapa, nanging wong iku yen wis tinakdir tekan janjine utawa ajale, mangsa bakal wurunga. Iki maneh peling kita, yen kita manungsa mono ing atase badan lan umure dhewe ora kuwasa. Apa maneh sing mung wujud barang sampiran kayadene drajad semat lan pangkat, kaluhuran, kasugihan, lan kalungguhan. Mula saka iku aja kibir, jubriya lan aja sok dumeh. Awít isih ana panguwasa liya (Gusti Alloh) kang luwíh kuwasa…. mung tak suwun ojo rumongso dewe….
      23 Oktober jam 20:48 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Agung Suryaningrat Kangmas Abdullah Ali n Bunda-ku terkasih…banyak kesalahan n dosa dlm hidup sy…sy bkn siapa2…hnya manusia yg ingin berbuat baik n memberikan yg trbaik…sy mohon maaf jk ada kata yg kurang berkenan…krn sy bkn siapa2…ilmu sy hanya sego sambel jangan gori…dlm hidup sy tdk prnah takut kehilangan…yg sy takutkan ora biso nglungguhke sejating manungso…sy msh bnyak belajar dgn smua…krn sy bukan siapa2…
      23 Oktober jam 20:50 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Bunda Lia Walah mbak Siwi he he he tak kiro arep nguntal Sodron….
      23 Oktober jam 20:51 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Mas Arie Irfan ya mas yang penting sehat… pamujiku mas Arie….
      23 Oktober jam 20:52 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Agung Suryaningrat Nyuwun agunging pangaksami Bunda-ku terkasih…matur nuwun sanget…
      23 Oktober jam 20:52 · Tidak SukaSuka · 2Memuat…
    • Siwi Marthin hm…hm…kang Sodron sarehke wae.kuwi kae po kang?
      23 Oktober jam 20:53 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Bunda Lia Mas Misterr Jeans Sang Kinasih putraku kang kinasih salam kangen …
      23 Oktober jam 20:53 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Dik Edy Yusuf Ritonga sayang selamat malam … kingguan kemana sayang….
      23 Oktober jam 20:53 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Agung Suryaningrat Saudara-ku terkasih Abdullah Ali…benar sekali yg Panjenengan katakan…terima kasih sekali ats nasehat dr Panjenengan…banyak kata yg terucap trselip khilaf sy mohon maaf…
      23 Oktober jam 20:57 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Arie Setiawanti malem bun…….malem semua……..makasih kirimannya bun……smg sy bisa mengambil hikmahnya dan menjadi berkah amin 3x yra……
    • Bunda Lia Sabar lan sareh yo mas Agung Suryaningrat… pamujiku yo wong bagus Kamulyan lan kanikmataning urip wong-wong kang sugih dituku mawa tangising rakyat kang mlarat…. tansah diemot2 wae pawelingku yo kadangku kang kinasih…
      23 Oktober jam 20:58 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Agung Suryaningrat Kangmas Abdullah Ali…sy msh hrs bnyak belajar…sy org yg bodoh…msh perlu belajar n mohon bimbingan dr smua…
      23 Oktober jam 20:59 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Edy Yusuf Ritonga Selamat malam dan kembali kasih Bunda Lia

      Bunda rutinitas hari minggu saya padat Bunda dari mencuci, menggosok, membersihkan kamar kos ,dan mencari bahan , On Line tak Lupa ini malam mo blajar Bunda ….
      he he he he

      23 Oktober jam 21:01 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Agung Suryaningrat Kasinggihan Bunda-ku…matur nuwun sanget pepenget-ipun…mugi kawulo saged nglampahaken lan nindakaken bebecik ingkang luhur saking sih katresananipun Gusti kang akaryo jagad…
      23 Oktober jam 21:02 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Bunda Lia Kang kinaran janma kang wis kadunungan cipta kang wening iku, yaiku sapa kang wis temen-temen mantep pangidhepe marang Gusti Kang Murbeng Dumadi. Wong kang kaya mangkono mau samangsa nindakake pakarti apa ta apa tansah linambaran ati kang sarwa tepa tulus, kabeh-kabeh amang akarana Alloh. Ora cilík ati, gedhené ngrasa owet ing kalane wohing panggawene mitunani awake dhewe, nanging bisa gawe raharjane sesamaning dumadi. Kosokbaline wong kang nindakake pangibadah nanging isih ndarbeni pepinginan supaya diweruhana lan digawokana dening Alloh, iku pratandha yen pangidhepe lan pangibadahe durung akarana Alloh…..
      23 Oktober jam 21:02 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Misterr Jeans Sang Kinasih Jeh Ibunda.. Kangenq jg slalu kagem Ibunda..
      23 Oktober jam 21:02 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Eko Susanto Amiiin….. Selamat Malam Saudara Saudariku Semuanya, Bunda Siwi Martin, Abah Abdullah Ali, Kanda Misterr Jeans Sang Kinasih, Kanda Agung Suryaningrat, Kanda Arie Irfan, Adinda Edy Yusuf Ritonga,……. Salam Kasih Dan Damai Dihati Semuanya…. Rahayu……
      23 Oktober jam 21:03 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Ha ha ha Dik Edy Yusuf Ritonga sayang… he he he kayak nasip anak kos…
      23 Oktober jam 21:05 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Eko Susanto Alhamdulillah….. Amiiin…. Terimakasih Banyak Pencerahannya Bunda Lia…. Salam Kasih Dan Kangen Bun….
      23 Oktober jam 21:07 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Mas Agung Suryaningrat pamujiku wong bagus… sabar yo sabar….
      23 Oktober jam 21:08 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Edy Yusuf Ritonga Hmmm .. Bunda Lia saya mau memberi pendapat ttg pribadi saya slama mempelajari hakikat dari sastra jendra tapi saya masih dangkal Bunda mohon di luruskan bila persepsi saya salah ya Bunda……

      Sastra jendra mrupakan ilmu yg luar biasa bagi saya dgn catatan di amalkan dgn ikhlas dan di jalan kan dgn sesuai yg ajaran Agama sbge mana yg di perintah kan oleh ALLAH ” suatu ilmu yg menanamkan sifat welas asih terhadap sesama, menanam kan nilai budi dan luhur terhadap sesama ” ,,,

      Terkadang saya heran Bunda dari kajian Logika bisa lari ke metafisika,,
      mungkin itu lah anugerah dari ALLAH SWT bagi hamba-2 NYA yg Taat …

      23 Oktober jam 21:10 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Wah tak ndalang wae … Prabu Sumali tengah mencari jodoh untuk putrinya yang tercinta Dewi Sukesi. Dewi Sukesi memberikan
      syarat bagi calon suami yang ingin meminangnya harus ahli dalam hal kesusastraan. Namun diluar persyaratan itu, Jambumangli sendiri menghendaki adiknya menikah dengan seorang satria yang mampu mengatasi keperkasaannya. Dan memang hingga kini tak satupun
      para satria dan raja yang datang ke Alengka mampu mengalahkan kedigdayaan Jambumangli……
      23 Oktober jam 21:15 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Bunda Lia mas Misterr Jeans Sang Kinasih kangen kok ora ndang mbene… yo wis tgl.11-11-2011
      23 Oktober jam 21:16 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Edy Yusuf Ritonga Emang saya anak kos Bunda Lia ,,,,

      maka terbiasa mandiri Bunda gak jadi anak manja ,,
      anak kos Bunda kuat silaturahmi dan solid Bunda lbh enak ktimbang di tempat saudara …
      he he he he

      23 Oktober jam 21:18 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Kakang Prabu Anom Selamat malam Bunda & semua yang telah hadir…
      23 Oktober jam 21:23 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Arie Irfan Bunda Lia….. Salam Kasihku.
      23 Oktober jam 21:26 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia He he he bagus … cocok dik Edy… ok kita lanjut sesuai dengan apa yang aku gelar beberapa hari lalu…. Tetapi nampaknya, Sang Pencipta berkata lain. Resi Wisrawa akhirnya sampai di istana Alengka dan bertemu dengan Prabu Sumali…. sudah saya jelaskan dalam kisah Raden Sumali… Dua insan yang memang sahabat lama ini saling berpelukan pada saat mereka bertemu. Namun air muka
      sang Prabu Sumali berubah pada saat Wisrawa menyatakan
      keinginannya datang ke Alengka….. Prabu Sumali memberitahukan bahwa untuk mendapatkan Dewi Sukesi kerajaan telah membuat suatu sayembara tanpa memandang apa dan siapa orangnya yaitu harus dapat mengalahkan Ditya Kala Jambu Mangli saudara muda Prabu Sumali dan harus dapat menjabarkan Ilmu Sastra Jendra Hayuningrat
      Pangrumating Diyu…..
      23 Oktober jam 21:27 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Arie Irfan Sugeng ndalu Kakang Prabu Anom… Rahayu… Salam Hormat & Jabat Erat.
      23 Oktober jam 21:28 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Agung Suryaningrat Kasinggihan Bunda-ku terkasih…
      23 Oktober jam 21:29 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Eko Susanto Selamat Malam Saudaraku Abah Kakang Prabu Anom, Salam Kasih Dan Damai Dihati….. Rahayu..
      23 Oktober jam 21:29 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Bunda Lia Selamat malam Kakang Prabu Anom kemarin aku absen mas bermalam minggu dengan poro kadang2 Cilacap dan Purwakarta… he he he….
      23 Oktober jam 21:33 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Kakang Prabu Anom Wilujeung wengi Mas Arie, Mbak Eko Susanto.. semoga sehat selalu.. Rahayu..
      23 Oktober jam 21:34 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Mbak Siwi iki kabeh goro2ne wayang bengi iki Lakone Joko Lelono makani mendoan karo kates neng Sidoel Sodron… ngalah2ke Beoku pintere… mergo katese legi tenan…
    • Edy Yusuf Ritonga SElamat malam dan kembali kasih Bunda Chety Eko Susanto ….

      salam tadkhim saya Bunda … Rahayu …

      23 Oktober jam 21:35 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Mas Agung Suryaningrat bungah atiku yen wus longgar manahmu wong bagus digulung ditoto….
      23 Oktober jam 21:35 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Kakang Prabu Anom ya ga apa2 bun, harus diselingi sedikit refreshing.. biar makin mantap menghadapi yang tinggal hitungan hari hehehe….
    • Bunda Lia Sipppp Kakang Prabu Anom
      23 Oktober jam 21:37 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Agung Suryaningrat Kasinggihan Bunda-ku…
      23 Oktober jam 21:37 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Pambudidayanira manembah marang Pangeran iku prayogane aja sira anggo sarana ngalab tumuruning peparinge, nanging mligiya nindakake…. panembah mung saka niyat manembah….Awit wong kang nyenyadhong sihing Pangeran sarana laku panembah kathik banjur nyata kaleksanan panyuwune, ing adat wong mau banjur dadi kethul kawaspadane marang kaluhuran lan keagungane Kang Murbeng Dumadi. Aran isih begja yen ora banjur dadi wong jubriya seneng nyepelekake marang sesamaning dumadi…..
    • Bunda Lia Mas Agung Suryaningrat… matur nuwun wong bagus… Tumraping wong mursid yen pinuju kambah ing prihatin, nolah-noleh ngiwa nengen wis ora ana pitulungan maneh kang bisa diarep-arep tekane. Parandene ora bakal koncadtan ing pangarep-arep. Awit wis mangerti menawa tambane prihatin kang ampuh iku ora liya kejaba sabar.
      Sabar lan tawakal nyenyuwun kanthi temen-temening ati marang kamurahaning Kang Maha Kuwasa kang ngregem sakabehing mobah-mosiking jagad saisine…. yo ngono to???
      23 Oktober jam 21:44 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Agung Suryaningrat Injih mekaten Bunda-ku…ananipun kawulo namung sabar lan mboten kendhat mbudi doyo…mugi Gusti paring kawelasan…
      23 Oktober jam 21:48 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Eko Susanto Amiiin…. Selamat Malam Adinda Edy Yusuf Ritonga, @Abah Kakang Prabu Anom…… Terimakasih Kembali…. Rahayu
      23 Oktober jam 21:48 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Bunda Lia Ala-alaning kelakuwane wong ora kaya kang sinung watak “Sapa sira sapa ingsun”. Marga sendhenan kaluwihane, embuh kekuwasaane, embuh karosan, seneng tumindak sawenang-wenang marang kalahane kang wis titah ora bakal kumawani mancahi gedhene nganti wani mbandakalani kekarepane. Wong kang nduweni sesipatan kaya mangkono mau prayoga enggal ngelingana menawa laku jantraning jagad mono wis kinodrat cakra manggilingan sing wingi ana ngisor dene sesuk gilir gumanti bakal ngerehake. …
    • Aring Sukaton Aboooh sellammatt mallam ta’ iye !
      Sugeng dalu Bunda Lia juga para kadhang engkan sampun rawuh ! Salam kasih ,
      23 Oktober jam 21:50 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Eko Susanto Selamat Malam Saudaraku Kanda Aring Sukaton,……. Salam Kasih Dan Damai Dihatimu…….
      23 Oktober jam 21:55 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Perang tanding seru terjadi antara Resi Wisrawa dan Jambumangli……. Namun kesaktiaan Jambumangli masih berada dibawah Wisrawa…. Maka setelah beberapa waktu, Jambumangli mulai kehabisan tenaga dan Resi Wisrawa dengan mudah menekuk Jambumangli…. Namun Jambumangli yang licik terus memburu Resi Wisrawa…. Wisrawa mengeluarkan kesaktian dahsyatnya dan dibantainya Arya Jambumangli hingga terpenggal kedua tangan, kaki dan kepalanya…. Sorak sorai para penonton dan ksatria membahana karena hal ini sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Jambumangli memang satria raksasasa yang sakti namun ia berwatak angkuh dan sombong. Persyaratan pertama telah dilalui dengan kemenanganya Resi Wisrawa memasuki persyaratan yg kedua…..
      23 Oktober jam 21:58 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Bunda Lia Kini tiba saatnya Resi Wisrawa memulai penjabaran apa arti ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu…. Namun sebelum wejangan berupa penjabaran makna ilmu sastrajendra hayuningrat pangruwating diyu diajarkan kepada Dewi Sukesi, Resi Wisrawa memberikan sekilas tentang ilmu itu kepada Sang Prabu Sumali….
    • Bunda Lia Enggih mas Aring Sukaton… dek remak kabar na trettan kaule …. moji syukur tak iye .. amugi Alloh Ta’Alla ngampuni sadejekna dose kito kakabih …
      23 Oktober jam 22:06 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Hari Yuswadi sugeng ndalu bunda mugi rahayu tansah pinanggih.
      23 Oktober jam 22:07 · Tidak SukaSuka · 3Anda, Edy Yusuf Ritonga, dan Nara Yana menyukai ini
    • Agung Suryaningrat Kasinggihan Kangmas Abdullah Ali…
      23 Oktober jam 22:18 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Bunda Lia Hemmm sebenarnya inilah inti dari Ilmu Sastro Jendro … baik saya teruskan dulu…. Resi Wisrawa berkata lembut, bahwa seyogyanya tak usah terburu-buru, kehendak Sang Prabu Sumali pasti terlaksana…. Jika dengan sesungguhnya menghendaki keutamaan dan ingin mengetahui arti sastra jendra…. Ajaran Ilmu Sastra Jendra itu adalah, barang siapa yang menyadari dan menaati benar makna yang terkandung di dalam ajaran itu akan dapat mengenal watak (nafsu-nafsu) diri pribadi…. Nafsu-nafsu ini selanjutnya dipupuk, dikembangkan dengan sungguh-sungguh secara jujur, di bawah pimpinan kesadaran yang baik dan bersifat jujur. Dalam pada itu yang bersifat buruk jahat dilenyapkan dan yang bersifat baik diperkembangkan sejauh mungkin. Kesemuanya di bawah pimpinan kebijaksanaan yang bersifat luhur….
      23 Oktober jam 22:19 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Kariyan Santri Gundhul Hmmm…nembah nuwun Bunda Lia. Salam..Salam…Rahayu.
      23 Oktober jam 22:19 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Beomu loro untu kang ha ha ha yo gene isih iso loro untu….
      23 Oktober jam 22:19 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Aminnnn sugeng dalu ugi mas Hari Yuswadi pamuji rahayu njih mas Hari… matur suwun njih rawuhipun meniko nerasakan ilmu Sastro Jendro mas… wonten kirang langkungipun nyuwon pangapunten awil dalang enggal meniko… Rahayu3x.
      23 Oktober jam 22:21 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Terperangah Prabu Sumali tatkala mendengar uraian Resi Wisrawa. Mendengar penjelasan singkat itu Prabu Sumali hatinya menjadi sangat terpengaruh, tertegun dan dengan segera mempersilahkan Resi Wisrawa masuk ke dalam sanggar. Wejangan dilakukan di dalam sanggar pemujaan, berduaan tanpa ada makhluk lain kecuali Resi
      Wisrawa dengan Dewi Sukesi. Karena Sastrajendra adalah rahasia alam semesta, yang tidak dibolehkan diketahui sebarang makhluk, seisi dunia baik daratan, angkasa dan lautan…
      23 Oktober jam 22:24 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Aring Sukaton Sae Bunda. kaule klabben kaluarge moji syukur ta’ iye, padhe sae ,
      ge moge pan jennengan e paring sehat ta’ de pa napa, ta’de oreng se a gang gu’ aamiin
      23 Oktober jam 22:32 · Tidak SukaSuka · 2Memuat…
    • Mohamad Khusnan Selamat malam,Bunda.SJHNPD ini mengingatkan kembali pada kita semua yg menuju sejatinya hidup,sejatinya Pengabdian pada Tuhan YME,mengenal asal-usul manusia dan dunia seisinya,dan sempurnanya kematian yg digambarkan sebagai “jiwa2 yg tenang” dan kembali keasal sumbernya…..Rahayu…
      23 Oktober jam 22:33 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Joko Lelono lha teras pripun perang tandingipun bunda….lha kok enten mendoan kalih kates thoh…..alhamdulillah bunda remen ingkang sampun bojo kulo beto.
      23 Oktober jam 22:37 · Tidak SukaSuka · 2Anda dan Edy Yusuf Ritonga menyukai ini.
    • Joko Lelono wonten ing ndalu puniko kulo bade tiwi kromo dados raksekso kemawon bunda, amrih saged nguntal bu siwi he he he. sumonggo dipun lajengaken malih bunda.
      23 Oktober jam 22:41 · Tidak SukaSuka · 2Memuat…
    • Bunda Lia Pada dasarnya semua ilmu itu baik dan semuanya tinggal yg memilikinya mau dipakai bener apa jalan yg salah… Ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu adalah sebuah ilmu sebagai kunci orang dapat memahami isi indraloka pusat tubuh manusia
      yang berada di dalam rongga dada yaitu pintu gerbang atau kunci rasa jati, yang dalam hal ini bernilai sama dengan Tuhan Yang Maha Esa, yang bersifat gaib. Maka dari itu ilmu Sastra Jendera Hayuningrat Pangruwating Diyu adalah sebagai sarana pemunah segala bahaya, yang di dalam hal ilmu sudah tiada lagi. Sebab segalanya sudah tercakup dalam sastra utama, puncak dari segala macam ilmu. Raksasa serta segala hewan seisi hutan, jika tahu artinya sastra jendra. Dewa akan membebaskan dari segala petaka. Sempurna kematiannya, rohnya akan berkumpul dengan roh manusia, manusia yang telah
      sempurna yang menguasal sastra jendra, apabila ia mati, rohnya akan berkumpul dengan para dewa yang mulya…
      23 Oktober jam 22:44 · Tidak SukaSuka · 8Memuat…
    • Bunda Lia Dawah atur inkang sami mas Kariyan Santri Gundhul pamuji rahayu widodo mulyo kagem panjenengan ugi sederek kang kerso rawuh… ugi ingkang paring jempol ikhlasipun…. monggo mas sugeng njih rawuhipun…
      23 Oktober jam 22:45 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Bunda Lia Aminnnn mas Aring kalangkung mas Aring…
      23 Oktober jam 22:46 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Bunda Lia Selamat malam mas Mohamad Khusnan…. selamat datang kembali ya mas lama nggak jumpa… salam sejahtera mas… doaku selalu…
      23 Oktober jam 22:47 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia Ha ha ha ha ha mas Joko Lelono,,,,
      23 Oktober jam 22:48 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Yuyun Yuwonowati Priyono Maturnuwun Bunda Lia nan cantik ♣♧°˚˚˚°♧ÍňĴĺĥ♧°˚˚˚°♧♣
      23 Oktober jam 22:49 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Siwi Marthin dasar..jian iki lg nyimak spaneng malah untal2an. ya ngunjal wedus wae.hi…hi. joko wis blereng weruh cincinku,cemlorot tekan kraton manding.
      23 Oktober jam 22:54 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Siwi Marthin dasar..jian iki lg nyimak spaneng malah untal2an. ya ngunjal wedus wae.hi…hi. joko wis blereng weruh cincinku,cemlorot tekan kraton manding.
      23 Oktober jam 22:58 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Siwi Marthin dasar..jian iki lg nyimak spaneng malah untal2an. ya ngunjal wedus wae.hi…hi. joko wis blereng weruh cincinku,cemlorot tekan kraton manding.
      23 Oktober jam 22:59 · Tidak SukaSuka · 2Memuat…
    • Joko Lelono pagelaran ringgit wonten ing fb puniko amrih saged kangge pangertosan kito sami. mugi2 kito sami saged mendet hikmahipun.sampun mboten byr nambah pengertosanipun. atur gungeng panuwun bunda ingkang sampun kerso nguri2 kabudayan jawi.
      23 Oktober jam 23:01 · Tidak SukaSuka · 2Memuat…
    • Bunda Lia Sastra Jendra disebut pula Sastra Ceta….. Suatu hal yang mengandung kebenaran, keluhuran, keagungan akan kesempurnaan penilaian terhadap hal-hal yang belum nyata bagi manusia biasa. Karena itu Ilmu Sastra…. Jendra disebut pula sebagai ilmu atau pengetahuan
      tentang rahasia seluruh semesta alam beserta perkembangannya. Jadi tugasnya, Ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu ialah jalan atau cara untuk mencapai kesempurnaan hidup. ….
      23 Oktober jam 23:03 · Tidak SukaSuka · 9Memuat…
    • Arief Wibisono
      Sayakan lahir dimadura bunda, bahasa ibu saya bahasa madura…tapi saya diberi nama jawa…katanya jawa bukan suku tapi tepatnya ajaran ya…apa benar itu bunda??…tapi kata ibu…kakek2 leluhur saya dari tanah jawa juga…cuman sudah berturun menurun dimadura …sehingga saya dan ibu sudah sangat tidak tahu bahasa jawa apalagi yang halus…maksud saya …alangkah bahagianya saya sambil diberi penjelasan yang berbahasa indonesia juga..he..he…supaya pemahaman saya menjadi lebih tebal…maunya saya juga belajar bahasa jawa (tapi mungkin faktor usia dan logat madura saya kental..he..he..mungkin sambil nyusul)…dan disamping itu juga saya menggemari banyak ajaran2 jawa yang bertarikh dengan ajaran agama islam termasuk cerita2 pewayangannya…mohon pencerahannya….maturnuwun bunda sebelumnya… Lihat Selengkapnya

      23 Oktober jam 23:04 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Joko Lelono njiih bu siwi alhamdulillah sinaoso sampun blereng lan gemeter kulo sa keluargo waras slamet dumugi grio….atur suwun njiih bu siwi ingkang sampun njampangi kulo…
      23 Oktober jam 23:08 · Tidak SukaSuka · 2Anda dan Edy Yusuf Ritonga menyukai ini.
    • Anton Budyarsa Ijin Share Bunda.
      23 Oktober jam 23:12 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Bunda Lia Mas Arief Wibisono ya mas pasti saya akan pakai bahasa Indonesia mas… kita belajar bersama sayapun sempat lumayan lama di Madura Sumenep mas…. salam kasih selalu selamat malam…
    • Trah Kidung Alam Suwun sanget remen saged ngertos babaran ilmu sastro jendro meniko wau… Kulo tak melu ngecakaken latihan sitik2 dados kathah nggeh Bunda….. kangge sangu mlampah dumugi paripurno lampahing gesang amin. Suwun Bunda…. Sejahtera selalu Bunda sklrg amin.
      23 Oktober jam 23:14 · Tidak SukaSuka · 2Anda dan Edy Yusuf Ritonga menyukai ini.
    • Bunda Lia Matur suwun tanpo umpami njih mbak ayuku Yuyun Yuwonowati Priyono…. sugeng dalu monggo sesarengan midangetakaen Ringgit dalang enggal Mbak Siwi Marthin vs Joko Lelono he he he
      23 Oktober jam 23:14 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Monggo mas Anton Budyarsa… silahkan dengan senang hati….
      23 Oktober jam 23:18 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia Amimmm3x nuwun injih kadang kang kinasih mas Trah Kidung Alam sugeng dalu mas muji syukur njih saget pepanggihan malih … remen raosing manah pun kerso rawuh ugi paring uluk salam dumateng kaulo… mugi rahayu wilujeng lir sambi kolo tinebehakin saking rubedo rencono njih mas…
      23 Oktober jam 23:20 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Joko Lelono kok ngaten toh bunda….menawi bu siwi puniko dalang sejati…menawi kulo dalang mendoan kalih kates.he he he. njiih nuwun sewu ampun duko bunda….ketimbang sepaneng dipun dal aken kemawon limbuke. ben tambah gayeng.
      23 Oktober jam 23:21 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Eko Susanto Hemmm….. He.he.he.he……. Bunda Siwi Martin Wuaadduuuhh….. Muaannttaapp…… Jadi Dalangnya….. Vs Kanda Joko Lelono……….. Wuuaadduuhh Manttap Benar!!…… Hemmm…. He.he.he.he…….. Abah Dullah….. Hemmm….. He.he,he.he…..
      23 Oktober jam 23:23 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Joko Lelono byuuuh 3x kok nguntal ponstan toh mas…niku tesih wonten katesipun kok.sugeng ndalu mas ali.
      23 Oktober jam 23:24 · Tidak SukaSuka · 2Memuat…
    • Bunda Lia
      Untuk mencapai tingkat hidup yang demikian itu,
      manusia harus menempuh berbagai persyaratan atau jalan
      dalam hal ini berarti sukma dan roh yang manunggal,
      antara lain dengan cara-cara ….
      :: Mutih – makan nasi tanpa lauk pauk yang berupa apapun juga minumpun air putih.
      Sirik : menjauhkan diri dari segala macam keduniawian.
      :: Ngebleng – menghindari segala makanan atau minuman yang tak bergaram.
      :: Patigeni – tidak makan atau minum apa-apa sama sekali.
      Selanjutnya melakukan semedi, sambil mengurangi makan,
      minum, tidur dan lain sebagainya. Pada semedi itulah
      pada galibnya orang akan mendapalkan ilham atau wisik….
      Lihat Selengkapnya

      23 Oktober jam 23:25 · Tidak SukaSuka · 9Memuat…
    • Bunda Lia
      Ada tujuh tahapan atau tingkat yang harus dilakukan
      apabila ingin mencapai tataran hidup yang sempurna,
      :: Tapaning jasad, yang berarti mengendalikan/menghentikan daya gerak tubuh atau kegiatannya. Janganlah hendaknya merasa sakit hati
      atau menaruh balas dendam, apalagi terkena sebagai sasaran karena perbuatan orang lain, atau akibat suatu peristiwa yang menyangkut pada dirinya. Sedapat-dapatnya hal tersebut diterima saja dengan
      kesungguhan hati.
      Lihat Selengkapnya

      23 Oktober jam 23:29 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Joko Lelono njiih mas eko…atur gungeng panuwun….kulo kalih bu siwi sampun dados dalang sedoyo puniko wau kulo sampun kaparingan berkah.
      23 Oktober jam 23:33 · Tidak SukaSuka · 2Anda dan Edy Yusuf Ritonga menyukai ini.
    • Bunda Lia
      ‎:: Tapaning budi, yang berarti mengelakkan/mengingkari perbuatan yang terhina dan segala hal yang bersifat tidak jujur.
      :: Tapaning hawa nafsu, yang berarti mengendalikan/melontarkan jauh-jauh hawa nafsu atau sifat angkara murka dari diri pribadi. Hendaknya selalu bersikap sabar dan suci, murah hati, berperasaan dalam, suka memberi maaf kepada siapa pun, juga taat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Memperhatikan perasaan secara sungguh-sungguh, dan berusaha sekuat tenaga kearah ketenangan (heneng), yang berarti tidak dapat diombang-ambingkan oleh siapa atau apapun juga,
      serta kewaspadaan (hening).
      Lihat Selengkapnya

      23 Oktober jam 23:40 · Tidak SukaSuka · 8Memuat…
    • Bunda Lia
      Nanti akan saya jelaskan ulasan dan pengertian Wening… Hening… kita teruskan dulu tetang Sastro Jendro….
      :: Tapaning sukma, yang berarti memenangkan jiwanya.
      Hendaknya kedermawanannya diperluas. Pemberian sesuatu
      kepada siapapun juga harus berdasarkan keikhlasan hati, seakan-akan sebagai persembahan sedemikian, sehingga tidak mengakibatkan sesuatu kerugian yang berupa apapun juga pada pihak yang manapun juga. Pendek kata tanpa menyinggung perasaan.Lihat Selengkapnya

    • Eko Susanto Alhamdulillah…… Amiiin…… Terimakasih Banyak Pencerahannya Bunda Lia……….. Salam Kasih Dan Kangen Selalu…. Rahayu….(bun… saya kok dipanggil mas eko,…. kan saya perempuan injih bun….. Kanda Joko Lelono Injih…. Mugi Selalu Kaberkahan ALLAH….. Amiiin… Amin YRA)
      23 Oktober jam 23:47 · Tidak SukaSuka · 3Anda, Syahwir Papude, dan Edy Yusuf Ritonga menyukai ini
    • Bunda Lia ‎:: Tapaning cahya, yang berarti hendaknya orang selalu awas dan waspada serta mempunyai daya meramalkansesuatu secara tepat. Jangan sampai kabur atau mabuk karena keadaan cemerlang yang dapat mengakibatkan penglihatan yang serba samar dan saru. Lagi pula
      kegiatannya hendaknya selalu ditujukan kepada kebahagiaan dan keselamatan umum.
      23 Oktober jam 23:49 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Joko Lelono njiih sami2 .lan nuwun sewu amargi kulo mboten ngertos panjenengan kok mba nopo mas njiih.
      23 Oktober jam 23:51 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Bunda Lia ‎:: Tapaning gesang, yang berarti berusaha berjuang sekuat tenaga secara berhati-hati, kearah kesempurnaari hidup, serta taat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mengingat jalan atau cara itu berkedudukan pada tingkat hidup tertinggi, maka ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu itu dinamakan pula “Benih seluruh semesta alam.”
      23 Oktober jam 23:54 · Tidak SukaSuka · 8Memuat…
    • Bunda Lia Jadi semakin jelas bahwa Sastra Jendra Hayuningrat… Pangruwating Diyu hanya sebagai kunci untuk dapat… memahami isi Rasa Jati, dimana untuk mencapai sesuatu yang luhur diperlukan mutlak perbuatan yang sesuai….
      23 Oktober jam 23:55 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Bunda Lia
      Rasajati memperlambangkan jiwa atau badan halus ataupun nafsu sifat tiap manusia, yaitu keinginan, kecenderungan, dorongan hati yang kuat, kearah yang baik maupun yang buruk atau jahat. Nafsu sifat itu
      ialah; Luamah (angkara murka), Amarah, Supiyah (nafsu birahi). Ketiga sifat tersebut melambangkan hal-hal yang menyebabkan tidak teraturnya atau kacau balaunya sesuatu masyarakat dalam berbagai bidang, antara lain: kesengsaraan, malapetaka, kemiskinan dan lain
      sebagainya….
      Lihat Selengkapnya

      24 Oktober jam 0:02 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Bunda Lia Sedangkan sifat terakhir yaitu Mutmainah (nafsu yang baik, dalam arti kata berbaik hati, berbaik bahasa, jujur dan lain sebagainya) yang selalu
      menghalang-halangi tindakan yang tidak senonoh. Saat wejangan tersebut dimulai, para dewata di kahyangan marah terhadap Resi Wisrawa yang berani mengungkapkan ilmu rahasia alam semesta yang merupakan ilmu monopoli para dewa….
      24 Oktober jam 0:05 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Joko Lelono injjih bunda….wedaran sastro jendro hayuningrat pangruating diyu puniko intinipun kangge mangertosi rasa jati saha sejatinipun rasa…toh bunda….supados kulo langkung gamblang.nwn sewu njiih bunda.
      24 Oktober jam 0:08 · Tidak SukaSuka · 2Memuat…
    • Bunda Lia
      Para Dewa sangat berkepentingan untuk tidak membeberkan ilmu itu ke
      manusia. Karena apabila hal itu terjadi, apalagi jika pada akhirnya manusia melaksanakannya, maka sempurnalah kehidupan manusia. Semua umat di dunia akan menjadi makhluk sempurna di mata
      Penciptanya.Dewata tidak dapat membiarkan hal itu terjadi. Maka digoncangkan seluruh penjuru bumi. Bumi terasa mendidih. Alam terguncang-guncang. Prahara besar melanda seisi alam. …
      Lihat Selengkapnya

      24 Oktober jam 0:09 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Bunda Lia
      Apapun mereka lakukan agar ilmu kesempurnaan itu tidak dapat di jalankan…. Semakin lama ajaran itu semakin meresap di tubuh
      Sukesi. Untuk tidak terungkap di alam manusia, maka Bhatara Guru langsung turun tangan dan berusaha agar hasil dari ilmu tersebut tetap menjadi rahasia para dewa. Karenanya ilmu tersebut harus tetap tetap patuh berada di dalam rahasia dewa. Oleh niat tersebut maka
      Bhatara Guru turun ke bumi masuk ke dalam badan Dewi Sukesi….
      Lihat Selengkapnya

      24 Oktober jam 0:12 · Tidak SukaSuka · 8Memuat…
    • Bunda Lia Dibuatnya Dewi Sukesi tergoda dengan Resi Wisrawa. Dalam waktu cepat Dewi Sukesi mulai tergoda untuk mendekati Wisrawa. Namun Wisrawa yang terus menguraiakn ilmu itu tetap tidak berhenti. Bahkan
      kekuatan dari uraian itu menyebabkan Sang Bathara Guru terpental keluar dari raga Wisrawa….
      24 Oktober jam 0:17 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Eko Susanto Amiiin….. Terimakasih Banyak Wedaranipun Bunda Lia………..(injih…. Kanda Joko Lelono….. Saya Mbak Eko…… Maturnuwun Sanget..)
      24 Oktober jam 0:18 · Tidak SukaSuka · 2Memuat…
    • Eko Susanto Amiiin….. Terimakasih Banyak Wedaranipun Bunda Lia………..(injih…. Kanda Joko Lelono….. Saya Mbak Eko…… Maturnuwun Sanget..)
      24 Oktober jam 0:21 · Tidak SukaSuka · 3Memuat…
    • Bunda Lia
      Tetapi Bathara Guru tidak menyerah begitu saja. Dipanggilnya
      permaisurinya yaitu Dewi Uma turun ke dunia. Bhatara Guru masuk menyatu raga dalam tubuh Resi Wisrawa sedang Dewi Uma masuk ke dalam tubuh Dewi Sukesi. Tepat pada waktu ilmu itu hendak selesai diwejangkan oleh Resi Wisrawa kepada Dewi Sukesi, datanglah suatu
      percobaan atau ujian hidup. Sang Bhatara Guru yang menyelundup ke dalam tubuh Bagawan Wisrawa dan Bhatari Uma yang ada di dalam tubuh Dewi Sukesi memulai gangguannya terhadap keduanya…
      Lihat Selengkapnya

      24 Oktober jam 0:22 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • MasTebe Budiharto Lanjuuut Bunda …sy hanya bisa menyimak …dan mohon ijin nanti semua wedaran dari Bunda akan sy copas …ben eling terus…
      24 Oktober jam 0:23 · Tidak SukaSuka · 2Memuat…
    • Misterr Jeans Sang Kinasih GORO GORO… Ibunda pun kulo damelke wedang jahe di unjuk riyen, kersane tambah gublegar suantenipun..
      24 Oktober jam 0:24 · Tidak SukaSuka · 4Memuat…
    • Bunda Lia
      Godaan yang demikian dahsyat datang menghampiri kedua insan itu.
      Resi Wisrawa dan Dewi Sukesi yang menerima pengejawantahan
      Bhatara Guru dan Dewi Uma secara berturut-turut terserang api asmara dan keduanya dirangsang oleh nafsu birahi. Dan rangsangan itu semakin lama semakin tinggi. Tembuslah tembok pertahanan Wisrawa dan Sukesi. Dan terjadilah hubungan yang nantinya akan membuahkan kandungan. Begawan Wisrawa lupa, bahwa ia pada hakekatnya hanya berfungsi sebagai wakil anaknya belaka. Dan akibat dari godaan tersebut, sebelum wejangan Sastra Jendra selesai, setelah hubungan
      antara Resi Wisrawa dengan Dewi Sukesi terjadi, kenyataan mengatakan mereka sudah merupakan suami-istri….
      Lihat Selengkapnya

      24 Oktober jam 0:28 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Bunda Lia
      Seusai gangguan itu Bathara Guru dan Dewi Uma segera meninggalkan dua manusia yang telah langsung menjadisuami istri. Sadar akan segala perbuatannya, mereka berdua menangis menyesali yang telah terjadi. Namun segalanya telah terjadi. Sastra Jendra Hayuningrat
      Pangruwating Diyu gagal diselesaikan. Dan hasil dari segala uraian yang gagal diselesaikan itu adalah sebuah noda, aib dan cela yang akan menjadi malapetaka besar dikemudian hari…
      Lihat Selengkapnya

      24 Oktober jam 0:32 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Bunda Lia Tetapi apapun hasilnya harus dilalui. Resi Wisrawa dan Dewi Sukesi membeberkan semuanya apa adanya kepada sang ayah Prabu Sumali. Dengan arif Prabu Sumali menerima kenyataan yang sudah terjadi. Dan Resi Wisrawa dan Dewi Sukesi resmi sebagai suami istri, dan
      seluruh sayembara ditutup….
      24 Oktober jam 0:35 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Bunda Lia
      Rasane Umat yo anane Roso Rumongso kang wujud soko kemampuane Umat anggone nunggalake Roso Rasane Pangeran, Roso Poncodriyo, Roso Sejati – Sejatine Roso, Roso soko anane Sifat Aluamah, Mutmainah, Amarah, Supiyah wujud nunggal ono ing anane Laku yo anane Tingkah Laku Budi Howo saben dinane kang bakal mujudake anane Akhlak kang minulyo…. Roso Rasane Urip Manungso Sejati, wujud soko nunggal nyawiji anane sakabehe Roso kang kasebut ing duwur mau…. Soko kawruh kang wis kabeber ing duwur, kito biso anglakoni nunggalake Rasane Umat wujud nunggal marang Rasane Pangeran sake wujud jumbuhe angen-angen lan nunggale kekarepan…Lihat Selengkapnya

      24 Oktober jam 0:40 · Tidak SukaSuka · 7Memuat…
    • Bunda Lia
      Menggali makna yang terselubung…..
      Tatelane kang mangkono yekti, wus tan ana Gusti lan kawula, saking wus sirna rasane, dene ta kang tan weruh, ing pangawruh kang wus jinarwi, tan kena cinarita, caraning tumuwuh, wit wus kebak mesi wisa, mung duraka kewala kang den raketi, beda kang wus santoso,
      Saking antuk nugrahaning Widhi, sabarang kang winicara samya, pan wus dadya labet kabeh, tumpraping praja ayu, saking tansah rinakseng Widhi, widada sasedyanya, salwiring reh dudu, dinohken ing Hyang Wisesa, babasane wong kang wus waskitheng westhi, rinekseng Widhi dhusta.
      Lawan tyasira wus satuhu sukci, lenggahira wus luwih santoso, ingkang mangkana yektine, wus dadya prabotipun, waspada ing jatining tunggil, tunggal Gusti kawula, sakarone jumbuh, iya waspada punika, pan wus keni ingaran busaneng jati, tetep mangka pirantya.
      Lihat Selengkapnya

      24 Oktober jam 0:48 · Tidak SukaSuka · 5Memuat…
    • Bunda Lia
      Artine….Pengertian yang demikian itu, sudah tidak ada lagi Gusti dan kawula. Karena sudah hilang rasanya, sedangkan bagi yang tidak memahami apa yang telah diuraikan, tidak bisa diceritakan, bagaimana cara hidupnya, karena sudah penuh dengan racun, hanya kedurhakaan saja yang dilakukan. Beda dengan yang sudah kuat budinya
      Sebab mendapatkan lindungan Tuhan, segala sesuatu yang diceritakan, semua berguna untuk pengabdiannya bagi kesejahteraan negara, karena selalu mendekatkan diri kepada Tuhan, Selamat selalu dari apa yang telah dilakukan. Segala tindakan yang tidak baik dijauhkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Ibarat orang yang sudah yahu bahaya dijauhkan dari tindakan jahat.
      Dan hatinya sudah sungguh-sungguh suci, Kedudukannya sudah lebih kuat, Yang demikian itu sesungguhnya, sudah menjadi perabotnya, mengetahui suatu kebenaran. Manunggaling Kawula Gusti. Keduanya selaras, juga memahaminya. Sudah dapat dikatakan sebagai busana sejati. Tetap mantap kedudukannya….
      Lihat Selengkapnya

      24 Oktober jam 0:57 · Tidak SukaSuka · 6Memuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ selamat malam BundaLia, selamat malam sahabatku semua. salam rindu kangen selalu, rahayu.
    • Pangeran Joyo Kusumo Rahayu… Luar biasa suatu cerita n penjabarannya… Salam kasih slalu rahayu…
    • Edy Yusuf Ritonga Hmmmmm…. nyimak jam 1.32 dini hari ,,,

      berdecak kagum saya Bunda sangat-2 mantap cara mempaparkan Bunda Lia …..

      24 Oktober jam 2:33 · SukaTidak Suka · 3Memuat…
    • Eko Susanto Alhamdulillah……. Amin…. Terimakasih Banyak Wedarannya Yg Indah Bunda Lia……. Salam Kasih Dan Ta’dhim…..
      24 Oktober jam 2:38 · SukaTidak Suka · 4Memuat…
    • Edy Yusuf Ritonga Selamat malam Bunda Chety Eko Susanto ….. wah sama-sama belum tidur kita ya Bunda ” tengah malam nyimak wedaran Bunda Lia mantap kali rasanya hilang mengantuk mata saya Bunda sembari refresh penyegaran spy gak freess kali belajar…
      he he he he

      kalo saya dari pembahasan ini Bunda yg gak sanggup
      mengerjakan Ngebleng dan Pati geni ampun gak kuat ….
      he he he he he

      24 Oktober jam 2:47 · SukaTidak Suka · 2Memuat…
    • Eko Susanto Hemmm….. He.he.he…. Iya Adinda Edy….. Sangat Gamblang, Jelas Dan Indah Wedaran Bunda Lia …. Selamat Mencoba Ngebleng Dan Pati Geni Ya…. Ada Niat Pasti Ada Jalan Keluar Buar Sanggup….. Ok…. Met Bobok Ya Adinda Edy….. Hemmm….. He.he.he.he…. Rahayu..
      24 Oktober jam 3:09 · SukaTidak Suka · 2Memuat…
    • Teddy Delano lanjut
      24 Oktober jam 9:39 · SukaTidak Suka · 1Memuat…
    • Bayi Sehat terima kasih bunda atas pengetahuan yang bunda berikan :)
      24 Oktober jam 9:46 · SukaTidak Suka · 1Memuat…
    • Eko Widianto salam
      26 Oktober jam 22:34 · SukaTidak Suka

  • Tulis komentar…

Tentang Bunda Lia

Tidak ada hal yang mustahil apapun dapat terjadi karena manusia memiliki kemampuan yang luar biasa. Untuk menjelmakan suatu keinginan menjadi kenyataan. Hidup damai dan rukun sesama masyarakat. Birunya harapan msh menjadi teka teki, bagai musafir disahara berhrp mendptkan air, saat kemarau mengiringi perja lanannya, smua kering, sepi, bisu hny semilir angin panas ikut menyertai.Kau menyambangiku ketika seluruh pintu telah kukunci. Kita bertukar kata di balik tembok tinggi. Tak ada lagi cekrama canda dan cinta bagi bilik hatiku. Tinggal dinding pemahaman yang lebih agung dari rasa. Kita bukan lagi sepasang jiwa yang mendaki didalam dinding bilik hatiku atau putaran takdir. Kau dan aku menjadi kumpulan keterbatasan yang luruh pada ketentuan Maha Cinta. Tak ada lagi sekeping harap yang kita titipkan pada puing senyap. Sebab asa telah membumbung pada manzila yang lebih tinggi dari arasy. Hati tak lagi mengeja bagai tulisan sang pujangga… kemungkinan beriringan mamasuki dinding tembok yang kokoh. Telah kubangun bilik jiwa yang melampaui wingitnya puri pemujaan. Kutisik waktu dengan benang pengharapan yang lebih detail dari semua keinginan….

Posted on Desember 4, 2011, in Tulisan Bunda Lia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: