Sang Batara

Sang Batara…… memancar ke dalam segala sesuatu……Menjadi hakekat seluruh yang Ada, sukar dijangkau…..Bersemayam di dalam Ada dan Tiada…….. Di dalam yang besar dan yang kecil, yang baik dan yang jahat….. Penyebab alam semesta, pencipta dan pemusnah ……… Sang Sangkan Paran / Asal-usul jagad raya……Bersifat Ada dan Tiada, zakhir dan batin……
Yang Satu……. ya … ya … ya… bersujud… memohon… pada…. YANG SATU….

    • Putrie Ragiel Trisno Selamat malam Bunda sayang….

      15 Maret jam 18:17 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Jeng Putrie say…. makasih ya say….. jangan cemberut padaku ya….. aku kangen sehari dirimu tak menyapaku…..

      15 Maret jam 18:18 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Putrie Ragiel Trisno He he he he heee…ngak lah Bunda Bunda selalu sayang sama putrie mana bisa saya harus cemberut Emaaach…

      15 Maret jam 18:19 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Sebenarnya dunia ini adalah maya…… Semua ini sebenarnya dunia peri dan mambang/mengapung….. dunia bayang-bayang….. Kita harus mampu melihat Yang Satu di balik alam maya yang dipenuhi bayang-bayang ini……bersujudlah di hadapan Yang Satu…… menyerahkan diri …..diam dalam hening…… Baru setelah mengheningkan cipta atau tafakur ……… kita merasakan kehadiran Yang Tunggal dalam batin lita….. hari ini kualami disaat hati ini gundah…….Lihat Selengkapnya

    • Haryo Salogo Panambang Salam satu hati…Rahayu

      15 Maret jam 18:24 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia Jeng Putrie…. terimakasih… entahlah kenapa 2 hari ini hatiku resah…. gelisah…. namun setelah dirimu muncul say…. aku sedikit ter-obati… say… sungguh … entahlah mengapa……

      15 Maret jam 18:25 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Bagiku….. ini semua adalah……Suratan segala ciptaan ini ialah menumbuhnkan rasa cinta dan kasih……. Ini merupakan suratan hati, perwujudan kuasa-kehendak yang mirip dengan-Nya, walaupun kita pergi ke Timur sampai Barat, Utara sampai Selatan atau atas ke bawah……… Demikinlah kehidupan di dunia ini merupakan kesatuan Jagad besar dan Jagad kecil. Seperti wayang sajalah wujud kita ini……. Segala tindakan…… tingkah laku dan gerak gerik kita ……sebenarnya secara diam-diam digerakkan oleh Sang Dalang……Lihat Selengkapnya

    • Ida Ang Ang met sore bunda, sebelumnya minta maaf bunda,, kalau hati resah dan gelisah biasanya tu hati minta lagi di dekatkan lagi sama sang pencipta Nya bunda hehehe

      15 Maret jam 18:33 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Mas Haryo Salogo… selamat malam … salam tulus dari jiwa…..

      15 Maret jam 18:34 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Ida Ang Ang betul bunda, kita sebagai mahluk ni seperti wayang saja, s7

      15 Maret jam 18:35 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Petruk Tralala Selamat mlm semuanya…karya yg bagus, bunda..

      15 Maret jam 18:37 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Bunda Lia Betul mbak mungkin aku ndak lama nemenin mbak aku bener2 lagi nak enak badan…..

      15 Maret jam 18:44 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia kang Mas Petruk…. makasih mas… kalau hari ini dak mampu meneruskan wejangan mau tak sambung besok… aku ra kuat bener kang mas….

      15 Maret jam 18:45 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Sesunguhnya jikalau direnungkan baik-baik…… hidup di dunia ini seperti permainan belaka…… ya serupa sandiwara….. Orang mencari kesenangan…… kebahagiaan….. namun hanya kesengsaraan yang didapat……. Memang sangat sukar memanfaatkan lima indra kita …….. Manusia senantiasa tergoda oleh kegiatan indranya dan akibatnya susah…… Manusia tidak akan mengenal diri peribadinya jika buta oleh kekuasaan….. hawa nafsu dan kesenangan sensual dan duniawi….. Seperti orang melihat pertunjukan wayang ia ditimpa perasaan sedih dan menangis tesedu-sedu. Itulah sikap orang yang tidak dewasa jiwanya….. ya semoga kita kuat ya…..Lihat Selengkapnya

      15 Maret jam 18:48 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Petruk Tralala istirahat saja bund, jgn dipaksakan..

      15 Maret jam 18:50 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Pangeran Joyo Kusumo Bahasa kayangan hhmmm…… Rahayu… Rahayu… Rahayu…

      15 Maret jam 18:52 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Bunda Lia Ya kang mas kasihan teman2 kang mas Petruk…. sungguh aku ingin membabar tentang ini… tapi kok ya inbox yang melelahkanku terus saja menggangguku ya kang mas…. Ya Allah… kang mas Petruk dadaku deg… deg gan…. begitu sakit……

      15 Maret jam 18:53 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Betul mas Pangeran aku ingin membabar karena tadi sempat ada pertanyaan ini makanya aku ingin bercerita dan membabarnya … tapi kok badanku belum kuat…. untuk itu aku ijin bila kuat aku teruskan kalau ndak kuat mau tak lanjut besok….

      15 Maret jam 18:55 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Awan Baraya Galuh Putra tidak selamanya kebenaran itu apa yg diakui oleh umum sebab hukum alam ini berangsur angsur menuju kebenaran sejati

      15 Maret jam 18:56 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Petruk Tralala ya semua tergantung njenengan bund…yg bs memilih & memilah..

      15 Maret jam 18:59 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Pangeran Joyo Kusumo Jeng lia tenangkan dulu kebatinanmu…smua kputusan ada dlm hatimu di truska/tidak karna ini rahasia alam… Sumonggo di lanjut… Rahayu…3x

      15 Maret jam 19:00 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Mas Awan pertanyaan tadi pagi mas tentang Agama, dan orang jawa mengenai Sunan kok pakai Wayang…. makanya saya ingin menjelaskan dan memberi … namun teman kita itu aneh karena menyangkut diriku…. saya hanya ingin menjelaskan sedikit..… dulu untuk gambaran……Setidak-tidaknya secara spiritual terdapat kesinambungan yang menjamin tidak terjadi kegoncangan…… Memang secara lahir agama dan spiritual…..tersebut menunjukkan perbedaan besar, tetapi seorang arif harus tembus pandang……. dan mampu melihat hakikat sehingga…… penglihatan kalbunya…… tercerahkan dan jiwanya terbebaskan dari kungkungan dunia benda dan bentuk-bentuk…….Lihat Selengkapnya

      15 Maret jam 19:02 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Aring Sukaton Sang khaliq mencipta jagad dgn segala isinya tuk kesejahteraan umat
      jika ada yg jahat dan yg baik itu takdir laku xg sudah tersurat
      sugeng dalu Bunda maturnuwun tag ipun

      15 Maret jam 19:04 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Ariyo Hadi Hadiwijoyo amin amin amin …smoga ttp kuat dn snantiasa sehat…rahayu..rahayu ..doaku mnyertai.

      15 Maret jam 19:04 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Aring Sukaton Sang khaliq mencipta jagad dgn segala isinya tuk kesejahteraan umat
      jika ada yg jahat dan yg baik itu takdir laku xg sudah tersurat
      sugeng dalu Bunda maturnuwun tag ipun

      15 Maret jam 19:05 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia kang Mas Pangeran Joyo Kusumo….. kang mas Petruk…. Sejak Statusku yang pakai foto Benderaku ya kami pegang 7 orang itu saat di Gunung Lawu…..ada beberapa tokoh masuk … dan aku mengigat Garuda Wisnu yang bercahaya… saat di G.Lawu itu aku cerita pada kang Dullah….dan semuanya…. achhh… pokoknya jadi kepikiran…..

      15 Maret jam 19:08 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Bunda Lia Mas Aring…. dawah sami mas Aring… nyuwun pangapunten mas saya Laporan dulu… njih Magrib….

      15 Maret jam 19:10 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia Kepancal Isya…. mas Aryo sabar ya….

      15 Maret jam 19:13 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Awan Baraya Galuh Putra dlm perjalanan spiritualku aku selalu mencari sesuatu yg belum aku ktahui..bkn masa lalu atau masa dpan tp siapakah diriku ini sebenarnya krna allah pny rahsia

      15 Maret jam 19:17 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Ariyo Hadi Hadiwijoyo sumonggo…mboten dados menopo nda

      15 Maret jam 19:17 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Aring Sukaton kawan terimakasih, segala simpati kawan” trhdp komen aq !
      Bunda sy sedang musyafir diatas kreta
      laporan dipun tampi mugi nglampahi pas wedal Amiin

      15 Maret jam 19:40 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Panji Sinom Pradopo oke

      15 Maret jam 19:48 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Bunda Lia Nyuwun pangapunten saya betul2 tidak kuat raga saya… mohon ijin nyimak saja…. Rahayu3x

      15 Maret jam 20:00 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Abdullah Ali

      Alam berproses demi kelangsungan kehidupan yang pada intinya menyeimbangkan antara jagad gede dan jagad cilik….
      Oleh karena jagad cilik teramat sangat sedikit yang mau membangun jiwa raga sendiri maka timbul ketidak seimbangan….jadi sudah selayaknya jagad gede kini sedang mengadakan pembenahan yang memang teramat sangat mengejutkan…maka Allah senantiasa memperingatkan manusia yang lalai dengan adanya beberapa peristiwa….
      Jepang sudah bergolak,lalu akan dimana lagi….?
      Marilah mumpung masih ada kesempatan dengan segera untuk membangun jiwa raga kita dan memperbanyak instropeksi diri apakah kita sebagai manusia sudah memerankan fungsinya sebagai manusia….?
      Mari perbanyak bersholawat…
      Lihat Selengkapnya

      15 Maret jam 20:02 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Puji Anto

      ‎___________

      ╦═╦═╦╦═══
      ║═╬╦╣╠╦═╗
      ╠═║║║═╣╬║
      ╚═╩═╩╩╩╩╝
      ________________
      Lihat Selengkapnya

      15 Maret jam 20:17 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Aries Muh Ternyata…..yg kuat adalah yg tak terlihat….malam bun..

      15 Maret jam 21:01 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Arie Irfan Temukan Dia dan segala sesuatu yg lain akan kita peroleh dengan sendirinya… Selamat Malam Bunda… Salam Kasihku.

      15 Maret jam 21:11 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Eyang Semar Kesengsem lan trenyuh rs ht q.

      15 Maret jam 21:42 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Soegeng….sing dimaksud mehong kuwi opo to jane…?

      15 Maret jam 21:51 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Win’s East bunda sugeng dalu salam kangen hehehe….

      15 Maret jam 21:52 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Astina Murdia Sakti Sahdan hem maknannya dalem banget.

      15 Maret jam 22:24 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Subagyo Ucok

      PENGHANTAR DISKUSIKU DENGAN IBU LIA.
      Tertarik sangant tertarik sekali dengan urean tersebut diatas yg tertulis:Sang Batara..memancar kedalam segala sesuatu……Menjadi hakekat seluruh yang Ada,dan seterusnya….
      Ibu LIA Mohon Izin Saya mencoba mengetik disini,:
      coba saya gambarken secara metodik dan runut.
      “Alam semesta dan Manusia”
      Pada awalnya ALLAH adalah perbendaharaan Tersembunyi ditengah kekosongan tiada hamba dan alam semesta.
      kemudian ALLAH ingin/cinta untuk dikenal,maka AKU ciptakan alam semesta”
      Dengan berkata KUN FAYAKUN “SANG AKU”Mengubah segala potensialitas menjadi aktualitas.maka terpancarlah daya kuasa-NYA pertama yg di kenal dengan SAJARATUL YAKIN/energi/Hayyu/TAO/Atman/)yg merupakan gelombang energinya dalam bentuk diskrit diskrit”ENERGI PRIMORDIAL”
      (yg disebut oleh kaum sufi dengan istilah NUR MUHAMMAD)
      Pada tingkat awal NUR MUHAMMAD sebagai energi primordial semesta alam memenuhi segalanya,yg merupakan ke SATU-an yg mengandung kejamakan secara global.tidak ada materi,belum ada waktu dan belum ada ruang,serba-seragam belum nyata batas batas pemisah antara satu dengan lainnya. bisa dilihat(qs.annur:35)
      selanjutnya NUR MUHAMMAD ini mengalami runtuh simetri spontan menjadi energi Fundamental FIsika dan Metafisika.(qs.al anbiya:30)
      energi fundamental fisika membentuk energi superstring sebagai cikal bakal alam semesta fisika.
      energi fundamental metafisika menyusun alam ghaib membentuk makhluk makhluk seperti malaikat dan iblis.
      dan energi superstring pada perkembanganya terdapat gaya gravitasi sehinggga terjadi pengembangan alam semesta(kosmos)qs.adz dzaariyat;47.
      suhu semesta fisika lambat laun menjadi turun,sehingga memungkinkan terbentuknya partikel primodial nuklir seperti proton dan neutron yg selanjutnya membentuk DUKHAN(NEBULA).
      dari nebula inilah terbentuk benda benda angkasa ,galaksi galaksi dan isinya. yg pada tahap berikutnya membentuk tata surya dengan planet 2xnya.evolusi alam semesta fisika pada tahapan berikutnya terbentuk tata surya kita dgn Matahari sebagai pusatnya.
      perkembangan berikutnya bumi kita terbentuk dengan struktur yg lengkap dgn materi padat,cair gas dan energi juga membentuk struktur 2x komplek
      Lihat Selengkapnya

      15 Maret jam 22:41 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Eyang Semar Wilujeng dalu.sugeng pepanggihan malih kalih kulo pun abdi Semar.
      slm taklim kunjuk sumrambah o mring sakonco.
      mugi o tansah pinaringan mulyo begjo sedoyo amin. nuwun.

      15 Maret jam 23:28 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia Sungguh luar biasa mas Subagyo Ucok terimakasih….. selamat malam njih mas lak njih sami rahayu wilujeng njih mas Subagyo…..

      15 Maret jam 23:53 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Eyang semar he he he sugeng dalu Eyang Semar…..

      15 Maret jam 23:54 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Koko Puspo Handokoningrat sg.ndalu Jeng … kok ada .. lalu tidak ada….. sekarang ada lagi …

      15 Maret jam 23:58 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia Sugeng dalu ugi kang mas Koko ….. nyuwun injih kang mas nyuwun agunging pangaksami….. Awit panjenengan pinarak dateng Warung meniko …..

      16 Maret jam 0:02 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Subagyo Ucok

      Sruktur struktur komplek di dominasi oleh kandungan air hingga membetuk organisme kehidupan.qs.alanbiya:30).kandungan badan organisme hidup di dominasi 67% molekul air.protein 15%,asam nukleat,karbohidrat,dan mineral 4%.
      BABAKAN PROSES PENCIPTAAN MANUSIA:
      Sebenarnya Manusia itu adalah rahsa-KU,dan AKU adalah rahsa manusia,karena AKU menciptakan Adam berasal dari empat macam unsure:1.tanah.2.materi padat.3.api(energi)4.hawa(materi gas dan air.Kesemua itu menjadi aktualisasi Sifat sifat-KU,lalu AKU masukan kedalamnya mudharoh(muhdast) lima macam:Nur,Rahsa,Roh,Nafsu,Budi,yg merupakan tutup bagi wajah (Esensik)KU.yang maha Suci.
      Dan Ingatlah ketika TuhanMU berfirman kepada malaikat ;AKU akan menciptakan manusia dari tanah liat kering(yg berasal)dari lumpur hitam yg diberi bentuk.q.s alhijr:28)
      selanjutnya setelah sempurna kejadiannya,wujud biologisnya,lengkap dengan segala intrumennya (TUBUHMANUSIA :Terdiri dari berbagai sistem seperti:tulang,pencernaan,peredaran darah,reproduksi,ekskresi,sekresi,hormonal,&sistem syaraf,di dlm sistem sistem tsb terdapat organ ogan yg menopang kehidupan manusia,seperti jantung,paru paru,ginjal,limpa,lambung,usus,dsb.dalam tubuh kita mengandung hampir semua unsur alam,seperti zat pdat,cair,dan kalor.tubuh kita terdapat 90 macam unsur dari 108 unsur alam artinya kita ini prototyp alam semesta.)
      setelah semua sempurna……..meniupkan ruh- KU qsalhijr:29
      Min RUHI-ROH SANG AKU-ROH yg berasal darpada-NYA:
      Mengandung esensi ILAHIAH yaitu energi Hidupnya(HAYYU)yg dipancarkan dalam bentuk kuanta kuanta energi berupa NUR MUHAMMAD atau nur.energi tuhan ini membuat badan material menjadi hidup,begerak dan tumbuh sehingga muncul kehidupan biologis…
      bersambung.
      Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 0:02 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Koko Puspo Handokoningrat wilujeng ndalu MAs Subagyo

      16 Maret jam 0:05 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Kakang Prabu Hidup – yang Hidup – Kehidupan.
      salam kasih Bunda.. izin pamit laksanakan tugas dulu..

      16 Maret jam 0:07 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Terbenamnya matahari dan bulan, akhir utara dan selatan, berkaitan dengan kiblar dan gejala kehidupan yang senantiasa berubah. Jawabannya menghasilkan ilmu praktis dan teoritis seperti fisika, kosmologi, kosmogeni, ilmu pelayaran, geografi dan astronomi. Kapan mata tertutup berkenaan dengan pancaindra dan gerak tubuh kita. Sadar dan tidak sadar, bingung dan gelisah, adalah persoalan psikologi. Ada dan tiada merupakan persoalan metafisika. Setiap jawaban yang diberikan sepanjang zaman di tempat yang berbeda-beda, selalu uni, sebagaimana pertanyaan terhadap hakikat hidup dan kehidupan. Lantas apakah dalam hidupnya manusia benar-benar menguasai dirinya dan menentukan hidupnya sendiri? Siapa kuasa sejati itu? Persoalan tentang rahasia Yang Satu akan membawa orang pada persoalan tentang Yang Abadi, Yang Maha Hidup, Wujud Mutlak yang ada-Nya tidak tergantung pada sesuatu yang lain……. hemmmmm……Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 0:09 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Bunda Lia Ya kakang Prabu monggo…. salam kasih. Selamat malam.

      16 Maret jam 0:13 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Subagyo Ucok Njeh mas KOKO sugeng protelon wedal (wita).

      16 Maret jam 0:21 · Tidak SukaSuka · 1 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Kang Dullah sepurane tak tinggal modho suwe… latihan yo ra kepenak ing pikir … mulo kang aku mung biso menehi setitik rembuk…. sepurane yo kang …wong isih rodo mumet dadi nulise alon2……. ini masalah kelanjutan yang di atas ya kang… maaf masalah Tuhan dan manusia yg menjadi tumpang tindih agar mengerti dan paham…
      Tetapi karena manusia adalah gambaran Tuhan, maka PENGETAHUAN DIRI dapat membawa seseorang mengenal Tuhannya. PENGETAHUAN DIRI di sini terangkum dalam pertanyaan….Apa dan siapa sebenarnya manusia itu? Bagaimana kedudukannya di atas bumi? Dari mana ia berasal dan kemana ia pergi setelah mati? Pertama-tama, DIRI yang dimaksud penulis sufi ialah DIRI ROHANI, bukan DIRI JASMANI, karena ruhlah yang merupakan esensi kehidupan manusia, bukan jasmaninya. Kedua kali, sebagaimana dikemukakan dalam al-Qur’an, surat al-Baqarah, manusia dicipta oleh Allah sebagai KALIFAH-NYA di atas bumi dan sekaligus sebagai HAMBA-NYA Itulah hakikat kedudukan manusia di muka bumi. Ketiga, persoalan dari mana berasal dan kemana perginya tersimpul dari ucapan ”Inna li Allah wa inna li Allahi raji’un” Dari Allah kembali ke Allah.
      Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 0:24 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Jangan lelah membaca njih… karena sampai besokpun masalah ini tidak akan selesai… karena saya ingin menelaskan dan medar yang dapat panjenengan semua dapan menagkat… biar runtun bahas ini… dan mudah dimengerti makanya saya mesti pelan2x dulu……
      Sejak awal pengajarannya tentang tasawuf,menekankan bahwa konsep fana’ atau persatuan mistik dalam tasawuf tidak mengisyaratkan kesamaan manusia dengan Tuhan, yaitu yang menyembah dan Yang Disembah. Seperti penyair sufi Arab, Persia dan Melayu, Sunan Bonang – dalam mengungkapkan ajaran tasawuf dan pengalaman keruhanian yang dialaminya di jalan tasawuf – menggunakan baik simbol /tamsil yang diambil dari budaya Islam universal maupun dari budaya lokal. Kang Dullah njenengan tau kan apa ituTamsil kuwi simbul kang….. nah tak teruskan ya…. Tamsil2x dari budaya Islam universal yang digunakan ialah burung, cermin, laut, Mekkah /tempat Ka’bah berada, sedangkan dari budaya lokal antara lain ialah tamsil wayang, lakon perang Kurawa dan Pandawa /dari kisah Mahabharata dan bunga teratai. Tamsil2x/ Simbul-2X ini secara berurutan dijadikan sarana oleh Sunan Bonang untuk menjelaskan tahap2x perjalanan jiwa manusia dalam upaya mengenal dirinya yang hakiki, yang melaluinya pada akhirnya mencapai makrifat, yaitu mengenal Tuhannya secara mendalam melalui penyaksian kalbunya…..
      Lihat Selengkapnya

    • Bunda Lia

      TASAWUF DAN PENGETAHUAN DIRI.
      Secara keseluruhan jalan tasawuf merupakan metode-metode untuk mencapai pengetahuan diri dan hakikat wujud tertinggi, melalui apa yang disebut sebagai jalan Cinta dan penyucian diri. Cinta yang dimaksudkan para sufi ialah kecenderungan kuat dari kalbu kepada Yang Satu, karena pengetahuan tentang hakikat ketuhanan hanya dicapai tersingkapnya cahaya penglihatan batin /kasyf dari dalam kalbu manusia (Taftazani 1985:56). Tahapan-tahapan jalan tasawuf dimulai dengan PENYUCIAN DIRI, dibagi tiga….. Pertama, penyucian jiwa atau nafs /thadkiya al-nafs. Kedua, pemurnian kalbu /tashfiya al-qalb Ketiga, pengosongan pikiran dan ruh dari selain Tuhan /takhliya al-sirr. Kang Dullah nek istilah lain untuk metode penyucian diri ialah mujahadah, yaitu perjuangan batin untuk mengalah hawa nafsu dan kecenderungan2x buruknya. Hawa nafsu merupakan representasi dari jiwa yang menguasai jasmani manusia /diri jasmani. Hasil dari mujahadah ialah musyahadah da mukasyafah. Musyahadah ialah mantapnya keadaan hati manusia sehingga dapat memusatkan penglihatannya kepada Yang Satu, sehingga pada akhirnya dapat menyaksikan kehadiran rahasia-Nya dalam hati. Mukasyafah ialah tercapainya kasyf, yaitu tersingkapnya tirai yang menutupi cahaya penglihatan batin di dalam kalbu….. diteruskan opo ora…..???Lihat Selengkapnya

    • Bunda Lia

      Penyucian jiwa dicapai dengan memperbanyak ibadah dan amal saleh. Termasuk ke dalam ibadah ialah melaksanakan salat sunnah, wirid, zikir, mengurangi makan dan tidur untuk melarih ketangguhan jiwa. Semua itu dikemukakan oleh Sunan Bonang dalam risalahnya Pitutur Seh Bari dan juga oleh Hamzah Fansuri dalam Syarab al-`Asyiqin /Minuman Orang Berahi. Sedangkan pemurnian kalbu ialah dengan membersihkan niat buruk yang dapat memalingkan hati dari Tuhan dan melatih kalbu dengan keinginan-keinginan yang suci. Sedangkan pengosongan pikiran dilakukan dengan tafakkur atau meditasi, pemusatan pikiran kepada Yang Satu. Dalam sejarah tasawuf ini telah sejak lama ditekankan, terutama oleh Sana’i, seorang penyair sufi Persia abad ke-12 M. Dengan tafakkur, menurut Sana’i, maka pikiran seseorang dibebaskan dari kecenderungan untuk menyekutuhan Tuhan dan sesembahan yang lain………… Sunan Bonang sebagai Ratu Wahdat. Istilah WAHDAT merujuk pada konsep sufi tentang martabat /tinggkatan pertama dari tajalli Tuhan atau pemanifestasian ilmu Tuhan atau perbendaharaan tersembunyi-Nya /kanz makhfiy secara bertahap dari ciptaan paling esensial dan bersifat ruhani sampai ciptaan yang bersifat jasmani. Kang Dullah dan saudaraku yang lain…. maaf ya kalau ndak tuntas tak sambung sesok yang kang Dullah… sebab tugas rutin ngisi Doa….Martabat wahdat ialah martabat keesaan Tuhan, yaitu ketika Tuhan menampakkan keesaan-Nya di antara ciptaan-ciptaan-Nya yang banyak dan aneka ragam. Pada peringkat ini Allah menciptakan esensi segala sesuatu /a’yan tsabitah atau hakikat segala sesuatu haqiqat al-ashya. Esensi segala sesuatu juga disebut “bayangan pengetahuan Tuhan’” /suwar al-ilmiyah) atau hakikat Muhammad yang berkilau-kilauan (nur muhammad. Ibn ‘Arabi menyebut gerak penciptaaan ini sebagai gerakan Cinta dari Tuhan, berdasar hadis qudsi yang berbunyi,
      “Aku adalah perbendaharaan tersembunyi, Aku cinta /ahbabtu untuk dikenal, maka aku mencipta hingga Aku dikenal” Maka sebutan Ratu Wahdat dalam suluk ini dapat diartikan sebagai orang yang mencapai martabat tinggi di jalan Cinta, yaitu memperoleh makrifat dan telah menikmati lezatnya persatuan ruhani dengan Yang Haqq……
      Lihat Selengkapnya

    • Abdullah Ali Alhamdulillah…..maturnuwun.

      16 Maret jam 1:15 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Bunda Lia Walah kang menurutmu piye kang penak opo ora kok tompo wedaran iki kang ??? nek ra ngerti yo aku tak mandek ora tak teruske…. menak ora kang….. maksudku isi ditompo opo ora ????

      16 Maret jam 1:18 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Den Ayu….iso di tompo lan pancen yo ngono kuwi…di lanjut Den Ayu…..

      16 Maret jam 1:21 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      yang disebut Ada dan Tiada, mana ujung utara dan selatan, apa hakikat kesatuan huruf dan lain-lain. (1) Pengetahuan diri, meliputi pentingnya pengetahuan ini dan hubungannya dengan hakikat salat atau memuja Tuhan. Simbol burung dan cermin digunakan untuk menerangkan masalah ini (2) Hakikat diam dan bicara; (3) Kemauan murni sebagai sumber kebahagiaan ruhani (4) Hubungan antara pikiran dan perbuatan manusia dengan kejadian di dunia (5) Falsafah Nafi Isbat serta kaitannya dengan makna simbolik pertunjukan wayang, khususnya lakon perang besar antara Kurawa dan Pandawa dari epik Mahabharata (6) Gambaran tentang Mekkah Metafisisik yang merupakan pusat jagat raya, bukan hanya di alam kabir (macrokosmos) tetapi juga di alam saghir (microcosmos), yaitu dalam diri manusia yang terdalam (7) Perbedaan jalan asketisme atau zuhud dalam agama Hindu dan Islam. Menghubungkan hakikat salat berkaitan dengan pengenalan diri, sebab dengan melakukan salat seseorang sebenarnya berusaha mengenal dirinya sebagai ‘yang menyembah’, dan sekaligus berusaha mengenal Tuhan sebagai ‘Yang Disembah’Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 1:24 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Ya tepat…lanjut Den Ayu…

      16 Maret jam 1:28 · Tidak SukaSuka · 1 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Dadi yo kang Dullah…..Kebajikan utama /seorang Muslim
      Ialah mengetahui hakikat salat
      Hakikat memuja dan memuji
      Salat yang sebenarnya
      Tidak hanya pada waktu isya dan maghrib
      Tetapi juga ketika tafakur
      Dan salat tahajud dalam keheningan
      Buahnya ialah menyerahkan diri senantiasa
      Dan termasuk akhlaq mulia…. Ojo turu loh kang….. sebab nek wengi iki ra kuat aku nyambunge sesok… ya kang tak teruske…sak banjure dikatakan bahwa diam yang hakiki ialah ketika seseorang melaksanakan salat tahajud, yaitu salat sunnah tengah malam setelah tidur. Salat semacam ini merupakan cara terbaik mengatasi berbagai persoalan hidup. Inti salat ialah bertemu muka dengan Tuhan tanpa perantara. Jika seseorang memuja tidak mengetahui benar-benar sispa yang dipuja, maka yang dilakukannya tidak bermanfaat.
      Salat yang sejati mestilah dilakukan dengan makrifat. Ketika melakukan salat, semestinya seseorang mampu membayangkan kehadiran dirinya bersama kehadiran Tuhan. Keadaan dirinya lebih jauh harus dibayangkan sebagai TIDAK ADA, sebab yang sebenar2X Ada hanyalah Tuhan, Wujud Mutlak dan Tunggal yang ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Sedangkan adanya makhluq2X, termasuk manusia, sangat tergantung kepada Adanya Tuhan….. Bener po ra kang Dullah ???
      Lihat Selengkapnya

    • Abdullah Ali Bener Den Ayu….sesuai karo ayat sing unine ASHSHOLATU MI’ROTUN ROJUL…..dadi sholat kuwi mi’rot e wong mu’min…
      La kenopo kok ora termasuk wong muslim…?

      16 Maret jam 1:43 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Kang Dullah kalau seluruh alam semesta bukan tempat pertemuan manusia dengan Tuhan, dan juga bukan tempat manusia menikmati hiburan berupa kedekatan dengan Tuhan, maka tidak ada orang yang mengetahui makna cinta Ilahi…… yo po ora kang Dullah????? Tetapi apabila orang memiliki penglihatan batin, maka seluruh alam semesta ini akan merupakan tempat sucinya atau rumah Tuhan. Langkah sufi sejati sebenarnya merupakan tamsil/simbul perjalanan menuju Mekkah. Tujuan perjalanan itu bukan tempat suci itu sendiri, tetapi perenungan keesaan Tuhan /musyahadah, dan perenungan dilakukan disebabkan kerinduan yang mendalam dan luluhnya diri seseorang /fana dalam cinta tanpa akhir……. waduh wis meh jam 2 kang aku tak ngisi doa kanggo sesok esok kang…… sesok wae tak sambung maneh…… Wisss yo kang….Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 1:43 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Iyo Den Ayu….yoh dinggo ngaso ben rogo iki yo melu kopen,sebab rogo duwe hak istirahat….sugeng sare Den Ayu….aku untukmu….salam

      16 Maret jam 1:49 · Tidak SukaSuka · 2 orangAnda dan Andic Al Bukhori menyukai ini.
    • Siwi Marthin Amin YRA. Sugeng enjang bunda Lia,kang Dullah lan sedaya engkang sampun rawuh. Kula nyimak kanti wening. Salam.

      16 Maret jam 5:34 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Kakang Prabu Selamat Pagi Bunda…

      16 Maret jam 6:11 · Tidak SukaSuka · 3 orangAnda, Petruk Tralala, dan Abdullah Ali menyukai ini
    • Arya Sandi Assalamualaikum ,mt pagi bundaku…amin…amin..

      16 Maret jam 6:56 · Tidak SukaSuka · 2 orangAnda dan Petruk Tralala menyukai ini.
    • Ndaru Luckys sugeng injing sedhantenne….Slm damai lan cintakasih sesama
      Rahayu…….3x

      16 Maret jam 7:36 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Gempar Soekarnoputra

      Itulah “api kehidupan” dan “api kematian”…..dalam Bahasa Romawi kuno disebut “alam Alfa dan Omega.” Letak pusat api kehidupan itu berada di perut bumi kita. Jalan2 menuju ke Magma Bumi melalui “Ring of Fire.” Sedikit bereaksi saja Magma yg berada di perut Bumi maka akan terjadi gempa bumi yg cukup dasyat. Apakah kita bisa bayangkan kalau gempa bumi dgn skala 15 skala Richter? Pada ratusan juta tahun yg lalu terjadi gempa bumi dgn berkekuatan 15 SR sehingga memusnahkan Dynosaurus dari muka bumi ini, termasuk manusia dan daratan terpecah belah seperti keadaan sekarang ini. Memang setiap sejuta tahun ada pemusnahan sebagian kehidupan di muka bumi ini. Kehidupan di dunia ini mulai dari awal lagi dan manusia kembali lagi ke jaman primitif serta teknologi mulai dari nol lagi. Bumi selalu berevolusi dan berevolusi sesuai pengaruh2 Planet2 di luar angkasa. (Interaksi planet2 dalam sistem Tata Surya).Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 7:56 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia Mas Gempar njih mas matur Nuwun mas… selamat pagi… ini badan agak krodit mas….. salam kasihku selalu.

      16 Maret jam 8:10 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Terimakasih ya Robbi….telah kau berikan kepadaku sahabat2 dan saudara2 di fb ini yg setiap saat selalu mengingatkanku akan kebesaran-Mu….ya Allah ….semakin membuka mata dan hatiku ….betapa kecilnya aku dihadapan-Mu ….betapa kerdilnya jiwaku dihadapan-Mu…..Wahai sahabat ku semua….senantiasa bimbinglah aku …karena aku adalah umat-Nya yg sangat bodoh….. Matur nuwun….. mungkan masai banyak kekuranganku… maka bantu aku untuk memberi ilmu pengetauan.Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 9:14 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Saat kita tidak mampu lagi tuk….memahami hal-hal yang tak
      terjangkau pikiran, yang kita perlukan….hanya Keyakinan, Iman dan Kepasrahan……

      16 Maret jam 9:27 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Aring Sukaton Wah jan akeh tenan ilmu filsafat, kulo nderek blajar nggih Bunda ngapunten

      16 Maret jam 9:43 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Gadis Exsprit Harus bersyukur jangan mngikuti hawa nafsu

      16 Maret jam 9:46 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Ndaru Luckys

      kabeh ning alam donyo ora onok sing salah bener kabehanne,tugasse manungsane mung derek lambah (cah angngon wae)bener salah ning donyo mung wasongko,tapi yo ora popo,urip manen pakertine dhewe
      yen biso iso dhadi rukunne jagat,akeh warna dudhoke kuwi kebesaranne Gustine….,eling,waspodho,waskito,sasmito lan sadermo tuntunanne..nyuwun ngapuntenne sing katah kagem sedherek dhulur mbok menawi kulo wonten luputte sangking tulisan niki

      sugeng injing sedhantenne….Slm damai lan cintakasih sesama
      Rahayu…….3xLihat Selengkapnya

      16 Maret jam 9:58 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia Mas Aring saya masih banyak dan juga butuh belajar kita sama2 njih mas Aring…..

      16 Maret jam 13:19 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Mas Ndaru Luckys monggo dipun lajeng wedaranipun… monggo… mas Ndaru…. kersane bermanfaat kagem sederek dateng mriki….

      16 Maret jam 13:21 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Tidak ada orang tahu di mana Mekkah yang hakiki itu berada, sekalipun mereka melakukan perjalanan sejak muda sehingga tua renta. Mereka tidak akan sampai ke tujuan. Kecuali apabila seseorang mempunyai bekal ilmu yang cukup, ia akan dapat sampai di Mekkah dan malahan sesudah itu akan menjadi seorang wali. Tetapi ilmu semacam itu diliputi rahasia dan sukar diperoleh. Bekalnya bukan uang dan kekayaan, tetapi keberanian dan kesanggupan untuk mati dan berjihad lahir batin, serta memiliki kehalusan budi pekerti dan menjauhi keseangan duniawi. Di dalam masjid di Mekkah itu terdapat singgasana Tuhan, yang berada di tengah-tengah. Singgasana ini menggantung di atas tanpa tali. Dan jika orang melihatnya dari bawah, maka tampak bumi di atasnya. Jika orang melihat ke barat, ia akan melihat timur, dan jika melihat timur ia akan menyaksikan barat. Di situ pemandangan terbalik. Jika orang melihat ke selatan yang tampak ialah utara, sangat indah pemandangannya. Dan jika ia melihat ke utara akan tampak selatan, gemerlapan seperti ekor burung merak. Apabila satu orang shalat di sana, maka hanya ada ruangan untuk satu orang saja. Jika ada dua atau tiga orang shalat, maka ruangan itu juga akan cukup untuk dua tiga orang. Apabila ada 10.000 orang melakukan shalat di sana, maka Ka’bah dapat menampung mereka semua. Bahkan seandainya seluruh dunia dimasukkan ke dalamnya, seluruh dunia pun akan tertampung juga.Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 13:30 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Akan tetapi kita tetap merasa asing dengan lingkungan kehidupan keagamaan yang kita jumpainya bukan??? Berbeda dengan di Majapahit dahulu, untuk mencapai rahsia Yang Satu orang harus melakukan tapa brata dan yoga, pergi jauh ke hutan, menyepi dan melakukan kekearsan ragawi. Disini kehidupan sehari2x berjalan seperti biasa. Shalat fardu lima waktu dijalankan dengan tertib. Majlis-majlis untuk membicarakan pengalaman kerohanian dan penghayatan keagamaan senantiasa diadakan. Di sela2x itu para anggota mengerjakan pekerjaan sehari-hari, di samping mengadakan pentas2x budaya- seni dan pembacaan tembang pitutur ….. menjelaskan bahwa seperti ibadat dalam agama yang dilakukan secara lahir dan batin, demikian juga di dalam Islam. Malahan di dalam agama Islam, ibadat ini diatur dengan jelas di dalam syariat. Bedanya di dalam Islam kewajiban2x agama tidak hanya dilakukan oleh ulama dan pendeta, tetapi oleh seluruh pemeluk agama Islam. Kita mengajarkan tentang egaliterianissme dalam Islam.Songgo Buwono mengajarkan tentang egaliterisme di dalam Islam. Jika ibadat zahir dilakukan dengan mengerjakan rukun Islam yang lima, ibadat batin ditempuh melalui tariqat atau ilmu suluk, dengan memperbanyak ibadah seperti sembahyang sunnah, tahajud, taubat nasuha, wirid dan zikir. Zikir berarti mengingat Tuhan tanpa henti. Di antara cara berzikir itu ialah dengan mengucapkan kalimah La ilaha illa Allah. Di dalamnya terkandung rahasia keesaan Tuhan, alam semesta dan kejadian manusia………Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 13:40 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Galih Kusuma Terimakasih bunda…semakin bertambah pengetahuan saya…saya menyimak dan mencoba tuk menghayati..

      16 Maret jam 13:44 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Pangeran Joyo Kusumo Rahayu…tenan, sugeng siang poro sdulor2 waskito engkang sami apareng padang trawangan mugio tansa kanugrahan agung…salam kinaseh… Rahayu… Rahayu… Rahayu…

      16 Maret jam 13:51 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Berbeda dengan dalam agama Hindu, di dalam agama Islam disiplin kerohanian dan ibadah dapat dilakukan di tengah keramaian, sebab perkara yang bersifat transendental tidak terpisah dari perkara yang bersifat kemasyarakatan. Di dalam agama Islam tidak ada garis pemisah yang tegas antara dimensi transendental dan dimensi sosial. Dikatakan pula bahwa manusia terdiri daripada tiga hal yang pemiliknya berbeda. Jasmaninya milik ulat dan cacing, rohnya milik Tuhan dan milik manusia itu sendiri hanyalah amal pebuatannya di dunia.
      Akhir Kalam: Falsafah Wayang
      Tamsil paling menonjol yang dekat dengan budaya lokal ialah wayang dan lakon perang Bala Kurawa dan Pandawa yang sering dipertunjukkan dalam pagelaran wayang.. Penyair-penyair sufi Arab dan Persia seperti Fariduddin `Attar dan Ibn Fariedh menggunakan tamsil wayang untuk menggambarkan persatuan mistis yang dicapai seorang ahli makrifat dengan Tuhannya. Pada abad ke-11 dan 12 M di Persia pertunjukan wayang Cina memang sangat populer (Abdul Hadi W.M. 1999:153). Makna simbolik wayang dan layar tempat wayang dipertunjukkan, berkaitan pula dengan bayang2x dan cermin. Dengan menggunakan tamsil wayang dalam suluknya Sunan Bonang misalnya seakan2x ingin mengatakan kepada pembacanya bahwa apa yang dilakukan melalui karyanya merupakan kelanjutan dari tradisi sastra sebelumnya, meskipun terdapat pembaharuan di dalamnya.
      Ketika ditanya oleh Sunan Kalijaga mengenai falsafah yang dikandung pertunjukan wayang dan hubungannya dengan ajaran tasawuf, Sunang Bonang menunjukkan kisah Baratayudha (Perang Barata), perang besar antara Kurawa dan Pandawa. Di dalam pertunjukkan wayang kulit Kurawa diletakkan di sebelah kiri, mewakili golongan kiri. Sedangkan Pandawa di sebelah kanan layar mewakili golongan kanan layar mewakili golongan kanan. Kurawa mewakili nafi dan Pandawa mewakili isbat. Perang Nafi Isbat juga berlangsung dalam jiwa manusia dan disebut jihad besar. Jihad besar dilakukan untuk mencapai pencerahan dan pembebasan dari kungkungan dunia material.
      (BERSAMBUNG AKU IJIN ISTIRAHAT DULU YA PUSING.)Cerita masalah Wayang tidak boleh salah…. aku istirakat dulu.
      Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 13:52 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Ada pertanyaan yang siapapun boleh menjawab……yo” boleh tidak,wayang bertanya kemauan dalang…?

      16 Maret jam 13:58 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Pangeran Joyo Kusumo Ali@boleh…

      16 Maret jam 14:04 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Pangeran….nah, kalau boleh apa alasannya…..?
      Mumpung Den Ayu istirahat kita gunakan untuk mempertajam uraian yang sudah di wedar Den Ayu….monggo Pangeran…..

      16 Maret jam 14:08 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Pangeran Joyo Kusumo Ali@hehehe u dah tau knp masih tanya…?

      16 Maret jam 14:13 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Pangeran……waduh hahahaha…….wis tamat iki…hahahaha….hahahaha

      16 Maret jam 14:16 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Ketahuilah untuk semua saudaraku….., bahwa pemahaman yang sempurna dapat dikiaskan dengan makna hakiki pertunjukan Wayang. Manusia sempurna menggunakan ini untuk memahami dan mengenal Yang. Dalang dan wayang ditempatkan sebagai lambang dari tajalli /pengejawantahan ilmu Yang Maha Agung di alam kepelbagaian. Inilah maknanya- Layar atau kelir meupakan alam inderawi. Wayang di sebelah kanan dan kiri merupakan makhluq ilahi. Batang pokok pisang tempat wayang diletakkan ialah tanah tempat berpijak. Blencong atau lampu minyak adalah nyala hidup. Gamelan memberi irama dan keselarasan bagi segala kejadian. Ciptaan Tuhan tumbuh tak tehitung. Bagi mereka yang tidak mendapat tuntunan ilahi ciptaan yang banyak itu akan merupakan tabir yang menghalangi penglihatannya. Mereka akan berhenti pada wujud zahir. Pandangannya kabur dan kacau. Dia hilang di dalam ketiadaan, karena tidak melihat hakekat di sebalik ciptaan itu.Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 14:17 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Suratan segala ciptaan ini ialah menumbuhnkan rasa cinta dankasih. Ini merupakan suratan hati, perwujudan kuasa-kehendak yang mirip dengan-Nya,walaupun kita pergi ke Timur-barat, Utara-Selatan atau atas ke bawah. Demikinlah kehidupan di dunia ini merupakan kesatuan Jagad besar dan Jagad kecil. Seperti wayang sajalah wujud kita ini. Segala tindakan, tingkah laku dan gerak gerik kita sebenarnya secara diam-diam digerakkan oleh Sang Dalang. Kang Dullah wis paham ??? Dia menyadari bahwa di dalam dasar-dasarnya yang hakiki terdapat persamaan antara mistisisme Hindu dan tasawuf Islam. Di dalam Kakawin Arjunawiwaha karya Mpu Kanwa, penyair Jawa Kuno abad ke-12 dari Kediri, falsafah wayang juga dikemukakan. Mpu Kanwa menuturkan bahwa ketika dunia mengalami kekacauan akibat perbuatan raksasa Niwatakawaca, dewa-dewa bersidang dan memilih Arjuna sebagai kesatria yang pantas dijadikan pahlawan menentang Niwatakawaca. Batara Guru turun ke dunia menjelma seorang pendeta tua dan menemui Arujuna yang baru saja selesai menjalankan tapabrata di Gunung Indrakila sehingga mencapai kelepasan /moksa….. Di dalam wejangannya Batara guru berkata kepada Arjuna: Sesunguhnya jikalau direnungkan baik-baik, hidup di dunia ini seprti permainan belaka. Ia serupa sandiwara. Orang mencari kesenangan, kebahagiaan, namun hanya kesengsaraan yang didapat. Memang sangat sukar memanfaatkan lima indra kita. Manusia senantiasa tergoda oleh kegiatan indranya dan akibatnya susah. Manusia tidak akan mengenal diri peribadinya jika buta oleh kekuasaan, hawa nafsu dan kesenangan sensual dan duniawi. Seperti orang melihat pertunjukan wayang ia ditimpa perasaan sedih dan menangis tesedu-sedu. Itulah sikap orang yang tidak dewasa jiwanya. Dia tahu benar bahwa wayang hanya merupakan sehelai kulit yang diukir, yang digerak-gerakkan oleh dalang dan dibuat seperti berbicara. Inilah kias seseorang yang terikat pada kesenangan indrawi. Betapa besar kebodohannya.”Lihat Selengkapnya

      16 Maret jam 14:21 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Pangeran Joyo Kusumo Ali@hahaha cubo takono dalange ko’ wes mudon…? Po arep ngopi… Hehehe yo yo yo salamq kagem sdoyo kadang2 salam kasih n tambah erat membangun jiwa sang kinasih sejati rahayu…3x

    • Bunda Lia Kang aku mudun ndisk yo aku ra kuat tenan….

      16 Maret jam 14:25 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Pangeran…..hehehehe…ora mung ngopi ning yo ngudut barang hahahaha…
      Wah Den Ayu…..karang abot meres santen sing bakal dadi lengo…hm……

      16 Maret jam 14:33 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Dicky SAputra sugeng sonten sedaya … kdosipun sae menawi didamel catatan ingkang ajuduyl Kang Dullah & Bunda Lia ya… he..he salamku kagem sedaya.. rahayu..rahayu..

      16 Maret jam 16:18 · Tidak SukaSuka · 1 orangMemuat…
    • Atieq Wigoena dalam SATU kesatuan……………….

      17 Maret jam 22:32 · Suka

About Bunda Lia

Tidak ada hal yang mustahil apapun dapat terjadi karena manusia memiliki kemampuan yang luar biasa. Untuk menjelmakan suatu keinginan menjadi kenyataan. Hidup damai dan rukun sesama masyarakat. Birunya harapan msh menjadi teka teki, bagai musafir disahara berhrp mendptkan air, saat kemarau mengiringi perja lanannya, smua kering, sepi, bisu hny semilir angin panas ikut menyertai.Kau menyambangiku ketika seluruh pintu telah kukunci. Kita bertukar kata di balik tembok tinggi. Tak ada lagi cekrama canda dan cinta bagi bilik hatiku. Tinggal dinding pemahaman yang lebih agung dari rasa. Kita bukan lagi sepasang jiwa yang mendaki didalam dinding bilik hatiku atau putaran takdir. Kau dan aku menjadi kumpulan keterbatasan yang luruh pada ketentuan Maha Cinta. Tak ada lagi sekeping harap yang kita titipkan pada puing senyap. Sebab asa telah membumbung pada manzila yang lebih tinggi dari arasy. Hati tak lagi mengeja bagai tulisan sang pujangga… kemungkinan beriringan mamasuki dinding tembok yang kokoh. Telah kubangun bilik jiwa yang melampaui wingitnya puri pemujaan. Kutisik waktu dengan benang pengharapan yang lebih detail dari semua keinginan….

Posted on April 26, 2011, in Tulisan Bunda Lia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: