Rasa Yang Memenuhi Ruang

Rasa Yang Memenuhi Ruang

oleh Bunda Lia pada 12 Mei 2011 jam 18:39
Rasa Yang Memenuhi Ruang

Dalam sebuah akademi pada sebuah padepokan di pedalaman Jawa di abad yang silam. Sang Mahaguru dengan ke-empat siswanya. Dengan gemblengan yang begitu padat ke empat siswa itu memperoleh pengetahuan yang sangat luas. Dalam hal penalaran dan asah otak, ke empatnya memiliki kemampuan yang sepadan. Semua pandai, dan sang Mahaguru tidak meragukan kemampuan olah pikir dari ke empat siswa kesayangannya itu. Namun dalam olah rasa, Sang Mahaguru masih meragukan kemampuan mereka semua. Maka Sang Mahaguru memberikan ujian pada mereka, untuk menjajagi tingkat kedalaman ilmu olah rasa yang telah mereka dapatkan dan miliki.
Nah, anak-anakku, saat ini kemampuan kalian semua akan diuji” begitulah sabda Sang Mahaguru pada ke empat siswanya. Namun Sang Mahaguru tidak mengatakan secara terbuka tentang ujian apa sebenarnya. Karena beliau memang menghendaki para siswanya menggunakan keseluruhan kecerdasan dan kemampuan yang mereka miliki untuk menjawabnya.
“Aku akan menguji kemampuan dan kecerdasan kalian dengan sebuah permintaan, isilah ruang padepokan ini hingga “PENUH”, penuh dalam arti sempurna. Itulah ujian bagi kalian semua! Lakukan permintaanku ini dengan benar.
Sebuah materi soal yang sangat mudah dan sederhana bukan?
Namun sebenarnya tidak demikian. Mari kita ikuti jalannya pelaksanaan ujian dari masing-masing siswa.
1. Siswa pertama, bernama Bangbang, dia adalah anak dari seorang saudagar yang sangat kaya, berpenampilan perlente. Dia mengisi seluruh ruangan padepokan itu dengan barang-barang mewah. Mulai dari permadani, lampu-lampu hias yang bertatahkan emas permata, sampai dengan perabot-perabot ruang yang serba mewah. Setelah selesai, dia berkata pada Sang Mahaguru, “Perintahmu sudah aku laksanakan dengan baik, silahkan Mahaguru melihatnya”, begitu katanya. Dengan tepukan kecil di pundak dan senyum dikulum Sang Mahaguru berkata, “Sungguh pintar engkau anakku! Seleramu sangat luar biasa. Namun engkau tidak lulus, karena masih tersisa, rongga-rongga yang belum engkau isi dalam ruangan ini.” Maka lemaslah dia, dan segera ia meminta maaf kepada Sang Mahaguru, karena ia hanya menunjukkan sebuah kemewahan duniawi saja.
2. Di hari kedua, giliran Nila, siswa kedua. Ia menyewa banyak penari yang sangat cantik. Dan memasukkan ke dalam ruangan padepokan itu sampai penuh. Hingga seluruh penari-penari itu tidak bisa bergerak. Alasannya karena ia ingin menjawab soal ujian dari Sang Mahaguru, “Mengisi ruang hingga penuh” dan tidak ada rongga sedikitpun. Setelah selesai, iapun meminta Sang Mahaguru untuk melihatnya. “Sayang sekali anakku, buat apa kita melihat penari yang tidak bergerak, dan tidak menari?” Siswa kedua itupun tidak lulus.
3. Dihari ketiga, tiba giliran Gading, siswa ketiga. Dari pengalaman kegagalan kedua temannya terdahulu, ia memutar otaknya dengan keras, untuk mencari jawaban dari ujian yang diberikan Sang Mahaguru. Dengan apa kira-kira harus mengisi ruang dengan tanpa ada rongga yang tidak terisi, begitu pikirnya. Iapun memutuskan untuk mengisi ruang padepokan itu dengan uang. Namun sebenarnya ia ingin menunjukkan dan memamerkan kekayaan yang ia miliki. Setelah semua ruangan itu terisi dengan uang, ia pun menghadap Sang Mahaguru. “Hanya sebegitukah kemampuanmu anakku? Cobalah perhatikan, meskipun ruang ini penuh sesak dengan uang, namun masih ada sedikit rongga diantara uang-uang itu..!” maka lemaslah ia, karena dengan menunjukan sifat sombong dengan pamer kekayaan di depan Sang Mahaguru. Ia pun segera meminta maaf.
Tinggal satu siswa lagi yang belum menjalani ujian. Dia adalah Seta, seorang yang sederhana, dia hanyalah anak dari seorang petani miskin. Ia bimbang karena ketiga temannya tidak lulus, padahal menurutnya sudah melakukan hal-hal yang sangat luar biasa. Dia harus menggunakan segenap kemampuan yang dia miliki.
Nah, bagaimana menurut panjenengan? Apakah kira-kira yang akan dilakukannya?
Silahkan beri pendapat dan komentar maupun pandangan-pandangan yang kira-kira bisa membantunya menyelesaikan ujiannya dengan baik sehingga ia lulus.
Silahkan…..
———————————-

Tidak SukaSuka · · Bagikan · Hapus

    • Putrie Ragiel Trisno Selamat malam bunda salam sayang nderek nyimak….nuwun

      12 Mei jam 18:42 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia Jeng Putrie say…. bagaimana pendapatmu say….???

      12 Mei jam 18:46 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Mas Kalki mama,,, ^^

      12 Mei jam 18:48 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Mahardhika Putradewa Assalamu’alaikum, bunda.maaf baru hadir lg nih….mmungkin mengisi ruangan dgn sll dzikrullah x ya…? Krna dgn dzikrullah ruangan kan terisi pnh oleh hamba2 Allah, termasuk para malaikat…..slm kasih utk bunda dan saudara2ku disini…..

      12 Mei jam 18:49 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ selamat malam BundaLia,,salam kangen PENUH kasih,,,*KATA BARIDIN MEMBERI JAWABAN

      12 Mei jam 18:53 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ selamat malam BundaLia,,salam kangen PENUH kasih,,,*KATA BARIDIN MEMBERI JAWABAN

      12 Mei jam 18:54 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Awan Baraya Galuh Putra kesederhanaan bisa menimbulkan kejujuran dan keberanian untuk mengatakan kalau pahit memang pahit…kalau manis memang manis..karena ia mengatakan dengan rasa….

      12 Mei jam 18:54 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • JeSsica Robert ‎*mikir*dulu ah… 😀

      12 Mei jam 18:59 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Dimas Kalki say… ada apa…???

      12 Mei jam 19:06 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Wa’alaikum salam Mas Mahardhika…. monggo…. silahkan kita pecahkan bersama…

      12 Mei jam 19:06 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia He he mas Mukhtar….. apa hayo adakah pendapatnya…????

      12 Mei jam 19:07 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Bunda Lia Mas Awam met malam salam kasih….

      12 Mei jam 19:08 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia Mikirlah Jessica say….

      12 Mei jam 19:08 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • JeSsica Robert iya Bunda…ini lg mikir,kira2 apa yah yg mampu memenuhi ruang itu.. ):

      12 Mei jam 19:10 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ sy sdh beri jawaban, klo Bunda meminta lagi, ruang itu nanti kurang PENUH,,,*BARIDIN MULAI KASIH ALASAN

      12 Mei jam 19:13 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Kok pada diam… he he he….. mana nih pakar2nya kok tak ada yang ada pendapat… Hola… halooo…

      12 Mei jam 19:44 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Warok Suromenggolo

      Nuwun sewu Jeh..Mbak’yu , Gusti sinuhun ngawuri sorban
      Ngiteri masjid minangka urang
      Dipun beber Nyai Mas Ayu
      Gandasari saking dermayu
      Aduh gusti sae temen
      Sorban niki kangge sinten
      Jawab gusti sorban niki
      Kangge umat kanjeng nabi
      Turunane ibu Hawa Bapak Adam
      Gelem netepi peraturan iman islam
      Gage wudhu tandang sholat rong rokaat
      Gawe gedong ning suarga ni’mat rohmat
      Gedong suarga batang emas perak selaka
      Lulur kasturi ambar ja’paron kanggo dika ….
      Lihat Selengkapnya

      12 Mei jam 19:49 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Pangeran Joyo Kusumo akeh howo tanpo selo… Hehehe ngapunten… Rahayu damai kasih…

      12 Mei jam 19:49 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Wijaya Seta JEJEG

      12 Mei jam 19:57 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia Silahkan semua boleh berpendapat kok…. dan semua pendapat baik…. monggo….

      12 Mei jam 20:04 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Herdiman Sastrosudirdjo

      Sira aja gampang kapilut marang gebyaring kahanan kang katone nengsemake. Aja gampang kablithuk dening tembung manis manuhara. Awit jaman iki jaman lamat-lamat jaman kang ora cetho alang ujure, ora setya janji-janjine, ora jumbuh karo tembung ngarepe.

      Pira wae wong kang kena apus krama merga ndeleng endahing kahanan kang mencutake.

      Ora dipikir disik kepriye bakal kedadehane ing tembe mburi, wekasan temah anandhang kapitunan.

      Anakku ngger bocah ayu…….cah bagus……..

      Mula eling dieling, sira kudu tansah eling karo pepeling saka Gusti Kang Maha Wening.

      Lamun sliramu mbesuk bisa dadi panguwasa, ajaben bisa anduweni watak wicaksana, lan kudu bisa nindakake purba wasesa. Tegese wasis ngempakake panguwasa kanthi tulus luhuring pakarti, temah kang kapurba tan kerasa, kang kawasesa rumangsa mulya tanpa upama………..Lihat Selengkapnya

      12 Mei jam 20:34 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Agung Pambudi rahayu sagung dumadi

      12 Mei jam 20:51 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Suryanto Tidak Ada Kalau saya bunda..

      Saya akan taruh 2 gelas kopi dan 2 bungkus rokok , trus guru itu saya ajak ngobrol ngalor ngidul,…dan saya tanya guru itu,…guru , apakah ruangan ini penuh dengan rasa kebersamaan ?

      Met malem bunda..

      12 Mei jam 20:55 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Hari Yuswadi mintak bocoran bunda? apa ada hubungan antara kosong adalah isi. isi adalah kosong?

      12 Mei jam 20:55 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Jr Arief Assalamualaikum ..selamat malam Bunda Lia …ngapunten ikut belajar….di pedalaman jiwa ada Sang Maha guru yg akan menuntun diri( 4 unsur nafs ) menuju keselamatan hidup dan berkehidupan..mohon koreksi…

      12 Mei jam 21:00 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Agung Pambudi selamat malam kakangmas suryanto salam rahayu..

      12 Mei jam 21:07 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Agung Pambudi kakng mas hari ..salam sejahtera selalu..

      12 Mei jam 21:07 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Agung Pambudi ‎#mas herdiman sugeng ndalu ..salam sejahtera..

      12 Mei jam 21:08 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Suryanto Tidak Ada Malem mas agung,…monggo di pun babar..

      12 Mei jam 21:09 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Tutur Pamungkas Sugeng dalu Bunda…….
      Punten dalem sewu kepareng nderek nyerat
      menawi dalem kapurih ngebaki wontenipun padepokan namung bade dalem isi mawi “Raos SIH” amergi kanthi Raos SIH engkang tulusing manah engkang saget lumebet wnten sadengah papan,dados datan wntn engkang kalimput menawi raos sih engkang tansah pun ginakaken…..
      Nyuwun pangapunten menawi kirang damel renanipun penggalih…

      12 Mei jam 21:09 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Agung Pambudi ‎@pangeran joyo kusumo..salam sejahera damai dihati .kakng mas

      12 Mei jam 21:09 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Agung Pambudi ‎@saam rahayu kakng mas zaedin..kang kinasih..

      12 Mei jam 21:11 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Agung Pambudi ‎@kakang mas warok ..sugeng ndalu salam sejahtera

      12 Mei jam 21:12 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Agung Pambudi Putrie Ragiel Trisno,,salam sejahtera damai dihati…

      12 Mei jam 21:13 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Agung Pambudi ‎@wijaya seta…salam rahayu kang mas..

      12 Mei jam 21:13 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Agung Pambudi ‎@jeSsica rober salam rahayu..sejahtera selalu..

      12 Mei jam 21:15 · Tidak SukaSuka · 2 orangAnda dan Putrie Ragiel Trisno menyukai ini.
    • Ariyo Hadiwijoyo brbahagialah wahai anak adam…yg ddlm rongga tubuhnya dpenuhi ayat al’quran…yg dgnNYA km brjln dn brpikir …yg hnya bs dmiliki org2 yg andap asor…bowo laksono…jembar segarane…asih mring sapodo2.

      12 Mei jam 21:15 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Putrie Ragiel Trisno Sugeng dalu mas Agung salam damai dalam kebersamaan, ~♥ஜ♥ sugeng istirahat sedoyokemawon ~♥ ~♥~♥…..Matunuwun Rahayu..

      12 Mei jam 21:17 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Agung Pambudi ‎@ diajeng ayu…….

      12 Mei jam 21:19 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Agung Pambudi salam rahyu kakang mas ariyo..hadiwijoyo..salam sejahtera..

      12 Mei jam 21:26 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Agung Pambudi ‎@salam sejahtera kakang mas tutur pamungkas. kang kinasih..

      12 Mei jam 21:27 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Ariyo Hadiwijoyo kakang mas agung …salam sejahtera penuh kasih kakang mas …rahayu…

      12 Mei jam 21:38 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Tutur Pamungkas Agung pambudi@ :Salam sejahtera ugi mas…,

      putrie ragiel:sugeng dalu mba’….mtr nwn

    • Gadis Exsprit Selamat Mlam Mamandaku tercinta,,salam kangenku selalu,,

      12 Mei jam 22:02 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Atieq Wigoena eheeeemmmmmmmmmmm…………..

      12 Mei jam 22:03 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Kiut Chuubbiee Terima kasih bunda atas tag nya,selamat malam bunda,selamat malam semua nya^^

      12 Mei jam 22:04 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Gadis Exsprit Selamat malam mas agung,,mas tutur,,om abdullah,,dan smua yg hadir di sini,,salam kasih,,,

      12 Mei jam 22:05 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Wahyu Nugroho Djati diisi rasa cinta kasih ……… wong kan kudu slalu cinta kasih..kan..Rohman Rohim.SUGENG DALU………

      12 Mei jam 22:18 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Ariyo Hadiwijoyo sugeng ndalu bunda…sugeng sare mbok menawi sampun ngantuk…salam taklim sdoyo kinasih…mugi tansah pinaringan rahayu…kinaringan tresno asihipun GUSTI …amin… Sugeng rehat.

      12 Mei jam 22:45 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Misterr Jeans Sang Kinasih Mat malam Ibunda, Mas Agung, Abah Ali, Mas Kiut, Gadis, Mas Ariyo dan ntuk smuanya yg tlah hdir.. Smoga kslamatan slalu menyertai kita smua.

      12 Mei jam 22:47 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ RASA YANG MEMENUHI RUANG, MAMPUKAH KITA MERASAKANNYA? ANTARA YA DAN TIDAK, TIDAK DAN YA. PILIHAN MENJADI SULIT !

      12 Mei jam 22:50 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Kiut Chuubbiee Malam gadis,malam misterr jeans selamat malam^^

      12 Mei jam 22:54 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Duh Gusti….la wong aku ora duwe opo opo la kok kon ngebaki padepokan hehehehe….yo mung roso sukur sing tanpo wates jembare nompo kahanan kang mangkene….yo mung padepokan sing ning njero dodo iki sing ora ono selane mergo kebak roso kang ora iso rumongso hm….Den Ayu salamku kanggo sliramu Den Ayu….

      12 Mei jam 22:54 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ RASA YG MEMENUHI RUANG. JIKA PERSOALANYA ADALAH “ISILAH HINGGA PENUH”, MAKA JAWABNYA “LAKUKANLAH”, KRN RASA SDH ADA !!

      12 Mei jam 22:54 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Gadis Exsprit Met malam om abdullah,,mas jeans,mas kiut,,om muktar,,,

      12 Mei jam 22:56 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia Wo Allah kok yo durung onok sing ngenani to yo…. padahal ini salah satu sifate orang yg selama ini mbok kenal….. Hayo…..

      12 Mei jam 22:57 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Bunda Lia Ini masih didalamnya Songgo Buwono loh ……

      12 Mei jam 22:57 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ RASA YANG MEMENUHI RUANG. PERSOALAN YG DI KEHENDAKI BENDA ATW NONBENDA, MASING2 MILIKI MAKNA DGN PENAFSIRANNYA SENDIRI

      12 Mei jam 22:58 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia Ha ha ha la kok yo durung ngenekki… yoh pancen wis menyerah po yo… mas Mukhlas he he he padahal ini pernah aku bicarakan dulu… dan sangat sering karena menyangkut salah satu sifat….

      12 Mei jam 23:01 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ Diajeng,,,klo tdk ada yg pas, silahkan Diajeng bicara dan selesaikan. semua (sy) tak tau persoalan apa2,,,

      12 Mei jam 23:02 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ itu sebenarnya soal mudah dan gampang Diajeng, hanya yg kau minta apa? sy bisa berikan puluhan jawaban,,,

      12 Mei jam 23:05 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia Ha ha ha ha mas Mukhlas…. jangan begitu … malu say….

      12 Mei jam 23:06 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ Kangdullah kemana Diajeng? Aku pesen kopi nih,,,hihihihiiiixxx

      12 Mei jam 23:08 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Yo mergo ora iso rumongso kuwi yo anane mung welas asih…

      12 Mei jam 23:08 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ oh ya selamat malam juga Dis, mlm ini kita ronda ga? heheheheee

      12 Mei jam 23:10 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Ha ha ha ha … yo wis tak jawabe…..Seta mendapatkan idea. Ia mengajukan permintaan kepada Sang Mahaguru, ia ingin melaksanakan ujiannya itu di saat malam hari, di saat suasana telah gelap. Dan Sang Mahaguru menyetujuinya. Setelah saatnya tiba, ia datang dengan hanya membawa sebatang lilin. Ketiga temannya menertawainya. Bagaimana mungkin hanya dengan sebatang lilin mampu mengisi dan memenuhi seluruh ruangan..? Bahkan mereka semua merajuk pada Sang Mahaguru, supaya Seta membatalkan melaksanakan ujiannya itu, karena dengan hanya berbekal sebatang lilin, akan sia-sia saja yang ia laksanakan……Lihat Selengkapnya

      12 Mei jam 23:12 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Gadis Exsprit Malam om mukhtar,,,malam ini gak ada ronda om,,,he he

      12 Mei jam 23:12 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Namun Sang Mahaguru berpendapat lain, dan berkata pada mereka semua denga bijaksana, “Aku berikan kesempatan yang sama, karena ia juga siswaku..!” Ketiga temanya itu tertunduk malu, dan terdiam seribu bahasa, tak berani angkat bicara lagi. Dengan langkah mantap, Seta menuju ke tengah ruangan padepokan. Dinyalakan lilin itu dan ia letakkan di lantai ruang padepokan. Setelah itu ia tinggalkan lilin kecil yang masih menyala ke luar rangan menemui Sang Mahaguru. “Sudah saya laksanakan ujianmu, wahai Sang Mahaguru”, begitu katanya dengan penuh keyakinan……Lihat Selengkapnya

      12 Mei jam 23:14 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ ya wis om tidur aja aaaaaaah,,,

      12 Mei jam 23:15 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Ha ha ha ha kenapa mas Mukhtar….

      12 Mei jam 23:15 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ naaah gitu Diajeng, tinggal jawab, beres, kemudian aku tidur nyenyak,,,,

      12 Mei jam 23:16 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia Sang Mahaguru mendekati Seta, ia dipeluk rapat-rapat, sambil berkata “Memang engkau anak yang cerdik anakku, hanya engkaulah yang mampu memahami persoalan yang aku berikan…!”

      12 Mei jam 23:17 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ ga Diajeng, itu aku ngomong sama anakmu yg cakep itu hahahahahaaa

      12 Mei jam 23:18 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia Hanya cahaya yang bisa memenuhi ruangan, apalagi disaat gelap.
      Lilin rela dibakar hanya untuk menerangi sekelilingnya, sedangkan ia sendiri akan hancur lebur karenanya…..

      KANG DULLAH SIFAT…….

      12 Mei jam 23:19 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      cahaya adalah satu satunya energi yang berjalan lurus. tidak akan berbelok arah. namun jika ia melewati sebuah media yang lebih rapat, ia akan mengalami dispersi (penguraian cahaya menjadi spektrum) seperti misalnya cahaya yang melewati media air, baik itu butiran ataupun kumpulan air. spektrum cahaya itu akan terluhat sebagai pelangi. namun setelah cahaya itu terdispersi, maka ia akan tetap melanjutkan perjalanannya dengan arah yang lurus, sampai energinya habis……Cahaya adalah Hukum alam yang mengajarkan kita agar tetap pendirian pada jalan yang benar…..Lihat Selengkapnya

      12 Mei jam 23:22 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Ariyo Hadiwijoyo xixixiiii…klontaaaaaaaang …hiiiiiiii

      12 Mei jam 23:22 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Isih luwih padang cahyo ati kang sumarah Den Ayu….

      12 Mei jam 23:23 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia PUASKAH DENGAN JAWABANKU…??? Kalau puas akan aku teruskan wedaran malam ini…piye??? Ora kang itulah kepolosan dan apa adanya rasa yang ada dan tidak mengada-ada… karena menyesuaikan keadaan yang ada… biarpun kita tang punya apa2 tapi punya kasih sesamanya dan kita berguna walau kita tanpa mengeluarkan harta yang berlebihan…

      12 Mei jam 23:25 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ maaf Diajeng, apa boleh aku ajukan pertanyaan Diajeng, terkait ‘sifat’ ini?

      12 Mei jam 23:26 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Alhamdulillaahi nasta’iinuhu wa nastaghfiruhu wa na’uudzubillaahi min syuruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalinaa may yahdillaahu falaa mudhillalahu wa may yudh-lil falaa haa diyalah , Asyhadu allaa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuuluhu laa nabiyya ba’dah…..Allahumma sholli wasallim wa baarik ‘ala muhammadin wa ‘ala aaalihi wa ash-haabihi ajma’iin…

      12 Mei jam 23:27 · Tidak SukaSuka · 9 orangMemuat…
    • Bunda Lia Barangsiapa memperbaiki Akhirat nya maka Allah SWT akan memperbaiki dunia nya …kerabat yang di muliakan Allah SWT….Dan barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah niscaya ia akan menerima pahalanya, dan barang siapa melakukan keburukan sebesar biji dzarah niscaya ia akan menerima balasannya…..

      12 Mei jam 23:30 · Tidak SukaSuka · 9 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Ya itulah pelita yang menyala disetiap hati yang tulus….yang akan sedih bila yang dicinta tak bahagia….meski jauh dari rasa ingin memiliki….karena cinta sesungguhnya adalah pelita….

      12 Mei jam 23:32 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ hmmm

      12 Mei jam 23:32 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Nabi Adam A.S bertanya : “Ya,Allah mengapa para malaikat ini berdiri berbaris bershaf-shaf dibelakangku?”Allah subhana Wata’ala berfirman kepada Nabi Adam: Wahai Adam para malaikat itu berdiri dibelakangmu, karena tengah memperhatikan Nur kekasihku Muhammad
      Dijelaskan bahwa Allah SWT membagi Nur Muhammad menjadi empat bagian.Bagian pertama dari Nur muhammad, dijadikan Lauhih Mahfuz dan bagian kedua dari Nur Muhammad. Allah Subhana wata’ala menjadikan Qolam atau pena. Selanjutnnya, Bagian ketiga dari Nur muhammad, dengan Nur tersebut Allah subhana wata’ala menjadikan Arsyi.Arsyi adalah Mahkluk Allah subhana Wata’ala yang terbesar seperti digambarkan dalam firmannya yaitu “Wahuwa Robbul Arsyil”adzhim Dia-lah Allah Subhana Wata’ala pemelihara Arsyi yang besar Makhluk terbesar ini pun berasal Nur Muhammad……
      Lihat Selengkapnya

      12 Mei jam 23:37 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Maka rasa akan memenuhi segala ruang tanpa ada sela….

      12 Mei jam 23:37 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ RASA, CAHAYA, LILIN, PELITA, HEHEHE APA LAGI YG BISA PENUHI RUANG (SEMESTA) INI SELAIN ITU? OBJEKTIF DAN SUBJEKTIF?!!

      12 Mei jam 23:38 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Bagian keempat dari Nur Muhammad tersebut Allah SWT menjadi empat bagian pula dengan rincian sebagai berikut :
      1. Bagian pertama dari Nur Muhammad yang keempat dengan nur itu Allah SWT menjadikan akal bagi manusia.
      2. Bagian kedua dari Nur Muhammad yang keempat dengan Nur tersebut Allah SWT menjadikan Ilmu pengetahuan.
      3. Bagian ketiga dari Nur muhammad yang keempat dengan Nur itu, Allah SWT menjadikan cahaya hati,cahaya siang dan cahaya Arsyi
      4. Bagian keempat dari Nur Muhammad yang keempat, bagian Nur inilah yang kelak akan menjadikan fisik nabi kita, Muhammad SAW dan lahir lahir ke dunia ini.Nur yang kelak menjadi Fisik nabi kita itu disimpan oleh Allah SWT dibawah Arsyi selama 2000 tahun sebelum Allah menciptakan Nabi Adam A.s
      Lihat Selengkapnya

      12 Mei jam 23:40 · Tidak SukaSuka · 9 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ DAN KETIKA RUANG ITU SENDIRI ADALAH “KOSONG (KETIADAAN YG HAKIKI)” MAKA DI MANA “PENUH (ISI YG MAJAZI)” ITU BERPIJAK?!

      12 Mei jam 23:43 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Arie Irfan Hmmm… Luar biasa, mantab dech… Selamat Malam… Salam Kasihku.

      12 Mei jam 23:48 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ ‘ADA’ AKAN TTP SEBAGAI ‘KETIADAAN YG MUTHLAK’ SEBELUM ‘KESADARAN (RASA)’ MENGANGGAP “KEBERADAANNYA” DLM MAUJUDATJATI,,

      12 Mei jam 23:48 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Ketika Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS, Nur yang tersimpan di bawah Arsyi yang kelak akan lahir menjadi fisik Nabi Muhammad SAW dipindahkan oleh Allah SWT ke dalam tulang sulbi Nabi Adam A.S selesai diciptakan ba’da ashar hari Jumat, langsung ditempatkan di dalam sorga. Allah SWT memerintahkan malaikat untuk sujud menghormat terhadap Nabi A.S .
      Saat para malaikat diperintahkan oleh Allah SWT untuk sujud menghormati Nabi Adam AS, Para malaikat pun segera berdiri dibelakang nabi Adam AS berbaris bershaf-shaf memnajang ke belakang nabi Adam AS. Secara rasio, nampak ada sesuatu yang janggal,yakni menghormati seseorang namun dari arah belakang, karena hal ini tidak pernah terjadi, itulah sebabnya Nabi Adam ‘Alaihissalam akhirnya bertanya kepada Allah SWT. Ya Allah mengapa para malaikat ini berdiri berbaris bershaf-shaf dibelakangku?”Lalu Allah SWT berfirman kepada Nabi Adam: Wahai Adam para malaikat itu berdiri dibelakangmu, karena tengah memperhatikan Nur kekasihku Muhammad, penutup para rasul dan nabi,karena Nur kekasihku akan ku keluarkan dari tulang rusukmu.
      Lihat Selengkapnya

      12 Mei jam 23:49 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Arie Irfan Selamat malam Mas Mukhtar, Kang Dullah… Salam Hormat & Jabat Erat.

      12 Mei jam 23:50 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Arie Irfan Sukma Jati, atau Diri Sejati, berasal dari Cahaya yang terpuji. Ya, dari Nur Muhammad. Nur Muhammad hanya ada satu! Dan, Nur Muhammad inilah yang selalu mendapatkan pancaran Cahaya Ilahi. Salam Kasih.

      12 Mei jam 23:53 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Sila Sadewa Ampun ketinggalan Nur lanjut ……… !!!

      12 Mei jam 23:55 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Kakang Prabu Selamat Malam Bunda & seluruh keluarga besar yang hadir..
      lebih baik terlambat menyimak dari pada terlewat, meskipun dengan kondisi yang lelah & sedikit ada yang terpikirkan…

      12 Mei jam 23:56 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Berdasar keterangan ini banyak para ulama yang berpendapat bahwa secara zhohir para malaikat menghormat kepada Nabi Adam AS, namun pada hakikatnnya, para malaikat itu menghormat dengan ta’zim kepada nabi Muhammad, Rasulullah SAW.
      Setelah Nabi Adam AS mengetahui para malaikat berdiri di belakang mereka karenamelihat Nur Muhammad yang tersimpan di tulang sulbinya, maka Nabi Adam AS pun meminta pada Allah SWT agar Nur Muhammad tersebut dipindahkan ke bagian depan dirinya. Maka dipindahkan Nur tersebut dari tulang sulbi ke kening Nabi Adam AS, Ketika Nur tersebut pindah, maka serentak malaikat pun pindah menghadap ke kening Nabi Adam AS. Lalu Nabi Adam AS meminta lagi kepada Allah SWT agar Nur tersebut dipindah ke bagian tubuhnya yang ia bisa melihat Nur tersebut. Lalu dipindahkan Nur Muhammad tersebut ke telunjuk Nabi Adam ‘AS, sesaat kemudian nabi Adam AS melihat Nur tersebut sangat indah dan menakjubkan. Nabi Adam AS semakin takjub dengan Nur tersebut mana kala ia mendengar Nur tersebut mengucap tasbih kepada Allah SWT dengan tasbih yang sangat agung dan mulia…Lihat Selengkapnya

      12 Mei jam 23:57 · Tidak SukaSuka · 9 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Subhanallah wa bihamdihi….subhanallahil‘adzim….

      12 Mei jam 23:59 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Salam malam mas Arie…

      Jumat pukul 0:02 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia He he he he piye diteruske po ora sekalian nunggu jam 00.00 kalau membahas … cakra / Kundalini…..

      Jumat pukul 0:05 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Arie Irfan Selamat malam Kakang Prabu… Salam Hormatku.

      Jumat pukul 0:05 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Arie Irfan Manut aja…. Hehehee…

      Jumat pukul 0:06 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ selamat malam Gusarie,,,Kang Prabu,,,

      Jumat pukul 0:08 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Sila Sadewa Lanjuuut….. bablaske nda besok jam 5 acr simakan ouran takut telat mending begadang pisan he he he teruske !

      Jumat pukul 0:10 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ Nur Muhammad-Muhammad Nur,,,al awwal-al akhir,,,Ahmad-(Muhammad)-Mahmud,,,

      Jumat pukul 0:14 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ dari CAHAYA kembali kepada CAHAYA,,,dari RASA kembali kepada RASA,,,

      Jumat pukul 0:18 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ jika kita sepakat, “maka KUN:WUJUDLAH KAMU (WAHAI NUR MUHAMMAD), FAYAKUN: MAKA JADILAH SELURUHNYA (ALAM SEMESTA),,,!!!

      Jumat pukul 0:22 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Abdullah Ali Kun faya kun…..faya disini sababiyah pak Mukhtar….jare Sodron lo iki….

      Jumat pukul 0:25 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ tdk berpengaruh apa itu ‘sababiyah’ atau ‘tarokhi’, krn persoalan penafsiran bukan di situ,,,*JWB BARIDIN NGEYEL

      Jumat pukul 0:30 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Sila Sadewa Wis kung Dul, ganti gogle aja spt nya batal unas !

      Jumat pukul 0:36 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Muhamad Mukhtar Zaedin ‎@ SELESAI(KAH) INI? *sambil dorong2 pintu gapura regol

      Jumat pukul 0:41 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Agung Pambudi

      اللَّهُ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ مَثَلُ نُورِهِ كَمِشْكَاةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ الْمِصْبَاحُ فِي زُجَاجَةٍ الزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُوقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُبَارَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ نُورٌ عَلَى نُورٍ يَهْدِي اللَّهُ لِنُورِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
      Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus , yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya) , yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu…
      Lihat Selengkapnya

    • Agung Pambudi نُورٌ عَلَى نُورٍ يَهْدِي اللَّهُ لِنُورِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu..

      Jumat pukul 10:34 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Eko Sutrisno Cahaya al basirah mempersaksikan kepadamu akan kedekatan-NYA denganmu. dengan cahaya al basirah itu sendiri mempersaksikan kepadamu akan ketidak wujudanmu karena kewujudan-NYA. sedang Haqq al basirah memahamkan kepadamu akan kewujudan-NYA (Semata-mata) bukan ketidakwujudanmu dan bukan juga kewujudanmu “

      Jumat pukul 15:38 · Tidak SukaSuka · 3 orang
       
       
       

About Bunda Lia

Tidak ada hal yang mustahil apapun dapat terjadi karena manusia memiliki kemampuan yang luar biasa. Untuk menjelmakan suatu keinginan menjadi kenyataan. Hidup damai dan rukun sesama masyarakat. Birunya harapan msh menjadi teka teki, bagai musafir disahara berhrp mendptkan air, saat kemarau mengiringi perja lanannya, smua kering, sepi, bisu hny semilir angin panas ikut menyertai.Kau menyambangiku ketika seluruh pintu telah kukunci. Kita bertukar kata di balik tembok tinggi. Tak ada lagi cekrama canda dan cinta bagi bilik hatiku. Tinggal dinding pemahaman yang lebih agung dari rasa. Kita bukan lagi sepasang jiwa yang mendaki didalam dinding bilik hatiku atau putaran takdir. Kau dan aku menjadi kumpulan keterbatasan yang luruh pada ketentuan Maha Cinta. Tak ada lagi sekeping harap yang kita titipkan pada puing senyap. Sebab asa telah membumbung pada manzila yang lebih tinggi dari arasy. Hati tak lagi mengeja bagai tulisan sang pujangga… kemungkinan beriringan mamasuki dinding tembok yang kokoh. Telah kubangun bilik jiwa yang melampaui wingitnya puri pemujaan. Kutisik waktu dengan benang pengharapan yang lebih detail dari semua keinginan….

Posted on Mei 15, 2011, in Tulisan Bunda Lia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: