Kaidah Hidup Pergaulan

Kaidah Hidup Pergaulan {Mohon Klik Judul bila ingin mengikuti kelanjutannya, Salam Kasih}

oleh Bunda Lia pada 26 Juni 2011 jam 19:05
Perubahan Anda sudah disimpan.
Kaidah Hidup Pergaulan {Mohon Klik Judul bila ingin mengikuti kelanjutannya, Salam Kasih}

Apabila ingin dihormati sesama, jangan suka berkoar-koar,  apalagi sampai pamer kebisaan dan kelebihanmu. Penilaian orang lain (padamu) sesungguhnya tidak perlu kamu kejar, karena akan datang dengan sendirinya. Menunjukkan kepandaian memang harus bisa melihat situasi dan kondisi. Maka seyogyanya rahasiakan jangan sampai orang lain dapat menjajagi. Namun pada saatnya menghadapi pekerjaan berhasil menuntaskan.

Jangan suka menyalahkan, bahkan mengungkit-ungkit orang lain, pada saat tidak kesampaian apa yang menjadi kehendak kita. lebih baik kita teliti dan carilah apa yang salah dengan diri kita, supaya kita bisa lepas dari pengaruh prasangka buruk. Ketahuilah, bahwa kelemahan dan kekurangan yang menyebabkan kegagalan harapan kita itu tidak lain berada pada diri kita sendiri.

Jarang ada orang yang merasa puas pada apa yang sudah dapat berhasil dicapai. Bila merasa kurang masih akan menambah, jika telah mendapatkan lantas mencari lebihnya, bila sudah berlebih lantas berupaya agar jangan ada orang lain yang bisa menyamai. Orang yang bertabiat demikian sesungguhnya sangat kasihan. Hidup selalu memaksakan diri, hatinya tidak pernah tenteram. Untuk menuruti watak yang buruk itu kadangkala bertindak tidak semestinya dan meleset dari watak yang benar.

Watak menerima tentu menjadi kekasih Tuhan, namun apabila sampai keliru memahaminya bisa menimbulkan kesalahan dalam bertindak. Menerima, artinya tidak melebihi batas kemampuan tetapi tidak kurang akal dan selalu memberdayakan diri  supaya tercapailah cita-cita. Menerima bukan dimaksudkan sebagai tidak mau kerja dan enggan berusaha. Karena yang seperti ini bukanlah arti menerima, melainkan malas. Wataknya pemalas itu hanya mau enaknya saja, tidak mau jerih payahnya, bersedia makan tidak mau modal, sepantasnya lah menjadi orang yang tidak tahu malu, disingkirakn dalam pergaulan.

Hidup dalam kerukunan masyarakat itu memang sulit, harus bisa meredam ke-aku-an, jangan semaunya sendiri dan menuruti hawa nafsu. Terlebih lagi di kelak kemudian hari, dunia pergaulan internasional penuh persoalan, perselisihan silih berganti, berebut benarnya sendiri. Yang paling penting dalam menjalani hidup harus bisa membuka penghalang yang menutup kesadaran fikir. Maksudnya, walaupun dalam perselisihan, harus bisa menahan gejolak ke-aku-an, berikhtiyar agar perbedaan pendapat bisa disatukan.

Tidak SukaSuka · · Bagikan · Hapus

    • Pangeran Joyo Kusumo benar sekali jeng… Hanya dengan kesederhanaan n benar2 tau sejatinya apa n siapa itu smua bisa damai… Salam kasih tak pernah hilang… Rahayu…3x

      26 Juni jam 19:30 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Hari Yuswadi selamat malam bunda. sampun sehat meniko,syukur alhamdullilah,wedaranipun saya tunggu. salam rahayu.

      26 Juni jam 19:33 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia Kang Pangeran Joyo Kusumo Rahayu kang…. dongamu kang kulo suwun kang.

      26 Juni jam 19:34 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Bunda Lia Mas Hari selamat malam mas… radi lumayan mas Hari… nyuwun tambahing dongo njih mas… salam kasih.

      26 Juni jam 19:37 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Bunda Lia Songgo Buwono Wóng kang nduwèni watak tansah njalúk bênêré dhéwé iku adaté banjúr kathukulan bêndånå sênêng nênacad lan ngluputaké marang panêmu sartå tindak tanduké wóng liyå. Méndah bêciké yèn wóng síng kåyå mangkono mau kålå-kålå gêlêm nggraitå ing njêro batiné : “mbók mênåwå aku síng klèru, mulå cobå dak tlitiné klawan adíl såpå kang sêjatiné nyåtå-nyåtå bênêr”.

      26 Juni jam 19:39 · Tidak SukaSuka · 9 orangMemuat…
    • Bunda Lia Songgo Buwono Keindahan rumah itu bukan terletak pada barang-barang mewah yang mahal harganya, namun tergantung pada penataan perabot yang tidak norak, serta pemasangan hiasan yang jauh terkesan pamer. Begitu pula keindahan diri pribadi itu bukan karena berasal dari tata rias yang indah dan cantik, tapi tergantung pada pakaian yang tidak berlebihan, perilaku yang sopan berwibawa, dan raut wajah yang bersinar.

      26 Juni jam 19:45 · Tidak SukaSuka · 11 orangMemuat…
    • Petruk Tralala Salam Rahayu sagung dumadi..

      26 Juni jam 19:52 · Tidak SukaSuka · 6 orangMemuat…
    • Bunda Lia Sugeng dalu kang Petruk salam kasih.

      26 Juni jam 20:06 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Awan Baraya Galuh Putra rendah hati bukan berarti hina..tinggi hati belum tentu mulia..hidup di bawah garis tak akan sulit jika ada pemahaman yang tulus..selamat malam semua ..

      26 Juni jam 20:28 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Abdullah Abahe Ali sugeng ndalu Den Ayu….mugi tansah rahayu

      26 Juni jam 20:47 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Sila Sadewa Kepareng ngemutaken Bunda, sampun ndungkap tabuh 21.00 wib ngunjuk jampi lajeng kagem ngaso, mesakaken dokteripun bingung caos resep, nyadong duko suwun….. !

      26 Juni jam 20:55 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Abdullah Abahe Ali lagi ono tamu…

      26 Juni jam 20:58 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Misterr Jeans Sang Kinasih Sugeng ndalu Ibunda, Abah Ali, Mas Petruk, Mas Awan, Mbak Sila.. Mugi kwelasaning GUSTI tansah amberkahi kito sdoyo, sowan Ibunda rumiyen sak derenge istirahat.. Salam kasihq slalu Ibunda.

      26 Juni jam 21:01 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Siwi Marthin Selamat malam bun,dah mulai nulis wedaran lg. Tapi tetep kngan terlalu capek. Bun aku nyimak.

      26 Juni jam 21:02 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Bunda Lia Bila kamu kebetulan sedang emosi dan marah, seyogyanya orang yang kamu marahi tadi suruhlah segera menyingkir. Atau kamu sendiri menyingkirlah sementara, (sementara) jangan bertemu dengan orang lain. Setelah itu diamlah dan hitunglah dengan tenang mulai dari satu sampai sepuluh. Dengan cara begitu hatimu bakal bisa menimbang apakah kemarahanmu pada orang tadi benar, apa bukan kamu sendiri lah yang salah?

      26 Juni jam 21:15 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Bunda Lia Songgo Buwono Adalah hidup tiada guna bagi orang yang tidak mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya. Tidak bisa memberikan imbal balik dan manfaat ala kadarnya untuk keharmonisan pergaulan. Mati perasaannya, disebabkan tidak terbiasa merasakan apa yang terjadi dalam sehari-harinya, sehingga membuat dangkal budi pekertinya, karena lalai akan rasa kepedulian yang berguna dalam hidupnya.

      26 Juni jam 21:16 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Abdullah Abahe Ali nek iso yo ojo nesu,Den Ayu…hehehehe….

      26 Juni jam 21:19 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Bunda Lia Songgo Buwono

      Jangan sering memojokan orang lain yang salah, lebih baik tunjukkan kesalahannya sehingga justru bisa mengakrabkan rasa persaudaraan. Walau begitu jangan sampai kamu terburu-buru membenarkan perbuatan orang lain, bilamana kamu sendiri merasa belum mampu mersikap sabar dan peduli sesama. Siapa yang sudah memahami dan menyadari semua dosanya, itulah orang yang sudah mengerti akan hakekat manusia, manusia yang utama…Lihat Selengkapnya

      26 Juni jam 21:22 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Wulandari Muis Sugeng ndalu mb mugi sehat slalu

      26 Juni jam 21:24 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Ajiníng manungså iku kapúrbå ing pakartiné dhéwé, ora kagåwå såkå katurunan, kapintêran, lan kasugihané.
      Nangíng gumantúng såkå ênggóné nanjakaké kapintêran lan kasugihané, sartå matrapaké wêwatêkané kanggo kêpêrluan bêbrayan.
      Kabèh mau yèn múng katanjakaké kanggo kapêrluwané dhéwé, tanpå paédah. Nangíng yèn pakarti mau kadayan déníng råså pêpinginan golèk suwúr, golèk pangkat lan donya brånå, malah bisa dadi mêmalaníng bêbrayan, jalaran nyinamudana sarånå nylamúr migunakaké jênêngé wóng akèh.Lihat Selengkapnya

      26 Juni jam 21:25 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Bunda Lia Silla say ya say… ini aku mau turun….mas Jeans maaf ndak bisa menemani lebih lama… kang Dullah titip warung yo kang….

      26 Juni jam 21:29 · SukaTidak Suka · 6 orangMemuat…
    • Bunda Lia

      Tiada budipekerti yang lebih mulia selain mencintai nusa dan bangsanya sendiri. Karena tumbuhnya kesadaran akan kewajiban menata ketentraman negara dengan modal kepandaian yang didasari kebijaksanaan budipekerti. Pertanda kesungguhan cintanya yakni selalu siap siaga sewaktu-waktu bilamana ada tugas yang sangat penting untuk sesama warga, hingga selalu siap siaga menjaga keselamatan persaudaraan dan kesejahteraan negara…Lihat Selengkapnya

      26 Juni jam 21:29 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Bunda Lia Songgo Buwono

      Orang yang sering mendapat nasehat dari orang lain biasanya dapat menjadi orang yang suka berhati-hati, namun apabila terbentur suatu tanggungjawab justru tidak bisa bertindak dan menuntaskannya sendiri. Terpaksa masih harus menoleh-noleh orang lain yang dianggap dapat memberi petunjuk. Maka dari itu seyogyanya mengabdilah pada nurani dan kekuatanmu sendiri, sebab orang lain itu sesungguhnya bila terjadi apa-apa hanya bisa melihat saja.Lihat Selengkapnya

      26 Juni jam 21:30 · Tidak SukaSuka · 10 orangMemuat…
    • Bunda Lia Songgo Buwono Mas Awan aku pamit dulu ya,Mbak Wulan pamit mbak… Wass semua.

      26 Juni jam 21:31 · Tidak SukaSuka · 8 orangMemuat…
    • Abdullah Abahe Ali sendiko dawuh….mengko delet meneh aku pamit ngalor yo Den Ayu….

      26 Juni jam 21:31 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Ariyo Hadiwijoyo · 36 teman yang sama
      sugeng ndalu bunda…prasojo rahayu njih.

      26 Juni jam 21:31 · Tidak SukaSuka · 5 orangMemuat…
    • Bunda Lia Mas Ariyo maaf mas ndak bisa menemani badanku masih krodit… salam kasih mas. selamat malam.

      26 Juni jam 21:32 · Tidak SukaSuka · 7 orangMemuat…
    • Ariyo Hadiwijoyo · 36 teman yang sama
      iya bunda selamat istrht kemawon.

      26 Juni jam 21:37 · Tidak SukaSuka · 4 orangMemuat…
    • Raden Rangga Kamajaya DABAWA MINUM TEH ANGET……MINUM TOLAK ANGIN….DIBAWA SARE…..PAGINYA KHAN SEGER….’ HAWANYA LAGI ADEM METHITHILEN…..USUM ORANG FLU……..SELAMAT ISTIRAHAT…. ( LAGISERIUS.COM )

      26 Juni jam 22:07 · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Sidoel Sodron Den Ayu….enggal pulih seger bergas waras….amin amin amin.

      26 Juni jam 22:09 · SukaTidak Suka · 2 orangAbdul Lathif dan Agung Pambudi menyukai ini.
    • Gadis Exsprit selamat Malam Mama,,..salam kangenku slalu,,,,I love U

      26 Juni jam 22:50 · SukaTidak Suka · 3 orangMemuat…
    • Gadis Exsprit selamat malam untuk saudara2ku semua yg telah hadir di sini,,,salam sejahtera selalu,.Rahayu,,,

      26 Juni jam 22:51 · SukaTidak Suka · 4 orangMemuat…
    • Sidoel Sodron Salam malam Gadis….rahayu….

      26 Juni jam 23:15 · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Gadis Exsprit om sidoel@ aduh om,,nama yg mantap,,xizii,,rahayu

      26 Juni jam 23:19 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Sidoel Sodron Hahahaha….la pancen Sodron to hahahaha….hahahaha….

      26 Juni jam 23:21 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Akan Maskan Bagus dan benar sekali..

      27 Juni jam 1:04 · Tidak SukaSuka · 2 orangMemuat…
    • Agung Pambudi salam rahayu sagung dumadi..

      27 Juni jam 5:55 · Tidak SukaSuka · 3 orangMemuat…
    • Subagyo Ucok nJEH LERES SANGET MENIKO,.PUN NDAMEL KUCIWO MARING SEDEREH INGKANG SAMPUN MANGERTENI TEGES RING SESOMO,.Ning pun di gagas menawi ingkang wonten ngendikau puniko sak udele dewe.Untuk Bunda Lia,salam sego pecel lawuk lempeng karo peyek yo.sarapane Ono ring warung pojok mbah WO.

      27 Juni jam 7:33 · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Arie Irfan Hidup yg diberkati adalah hidup dalam kasih.
      Hidup dalam kasih berarti hidup damai, tidak membenci, tidak bermusuhan.
      Hidup dalam kasih, hidup damai menentramkan jiwa kita dan menenangkan pikiran kita.
      Dan, bila pikiran kita tenang, jiwa kita tenteram, maka kita sehat dalam arti kata sesungguhnya… Rahayu… Salam Kasih.

      27 Juni jam 10:15 · SukaTidak Suka · 1 orangAbdul Lathif menyukai ini.
    • Gustaf Harhari klo ndak pengin ya bebas mo berkoar-koar ato tidak

      28 Juni jam 20:26 · SukaTidak Suka
    • Gustaf Harhari keinginan adalah ibu dari penderitaan

      28 Juni jam 20:27 · SukaTidak Suka
    • Abdul Lathif ‎.
      Walau tanpa kehadiranku…….. percayalah, Saudara-saudara tetap selalu ada dalam hatiku…….

      28 Juni jam 22:31 · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Gustaf Harhari o hidup itu banyak variannya tho, baru tau aku, hidup didalam ini, hidup didalam itu, hidup diluar ini, hidup diluar itu, mati terhadap dunia hidup didalam tuhan, dll

      29 Juni jam 8:55 · SukaTidak Suka

  • Tulis komentar…
Iklan

About Bunda Lia

Tidak ada hal yang mustahil apapun dapat terjadi karena manusia memiliki kemampuan yang luar biasa. Untuk menjelmakan suatu keinginan menjadi kenyataan. Hidup damai dan rukun sesama masyarakat. Birunya harapan msh menjadi teka teki, bagai musafir disahara berhrp mendptkan air, saat kemarau mengiringi perja lanannya, smua kering, sepi, bisu hny semilir angin panas ikut menyertai.Kau menyambangiku ketika seluruh pintu telah kukunci. Kita bertukar kata di balik tembok tinggi. Tak ada lagi cekrama canda dan cinta bagi bilik hatiku. Tinggal dinding pemahaman yang lebih agung dari rasa. Kita bukan lagi sepasang jiwa yang mendaki didalam dinding bilik hatiku atau putaran takdir. Kau dan aku menjadi kumpulan keterbatasan yang luruh pada ketentuan Maha Cinta. Tak ada lagi sekeping harap yang kita titipkan pada puing senyap. Sebab asa telah membumbung pada manzila yang lebih tinggi dari arasy. Hati tak lagi mengeja bagai tulisan sang pujangga… kemungkinan beriringan mamasuki dinding tembok yang kokoh. Telah kubangun bilik jiwa yang melampaui wingitnya puri pemujaan. Kutisik waktu dengan benang pengharapan yang lebih detail dari semua keinginan….

Posted on September 22, 2011, in Tulisan Bunda Lia. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. insan yang mewarisi sifat rohman dan rohim..mengasihi seluruh sagung dumadi..namun diluar ikatan hidup bebrayan ,hablum minanas suami istri yang perlu diperhatikan ketika bergaul dengan orang lain yang disayangi adalah memperhatikan batasan muhrim dan bukan muhrim..rahayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: