Catatan 24 April 2012 part 2

Setiap pribadi mampu berdiri sebagai mandireng pribadi, yakni pribadi yang memiliki kemandirian dalam menentukan mana dan apa yang paling tepat, paling baik dilakukan. Bukankah nilai manusia terletak pada kejernihan isi kalbu atau suara hati nuraninya ? Nurani merupakan kesadaran aku akan tanggung jawab dan kewajiban aku sebagai makhluk bernama manusia dalam situasi yang sungguh-sungguh konkrit dan tepat. Itulah salah satu alasan mengapa suara hati nurani idealnya selalu dipatuhi dan diikuti. Hati nurani atau dalam terminologi Jawa disebut sebagai ALUSING PANDULU atau kehalusan daya cipta, yakni kekuatan yang atau kemampuan perasaan hati nurani untuk meraba, merasakan, membedakan, dan menentukan pilihan dan keputusan hidup. Alusing pandulu merupakan pangkal dari otonomi dan kemerdekaan batin setiap individu, sehingga melahirkan sikap kemandirian pribadi. Sumber kekuatan setiap orang berada di dalam hati nuraninya sendiri-sendiri. Sementara itu untuk mengidentifikasi apakah suatu tindakan termasuk baik atau buruk merupakan tanggungjawab setiap individu. Namun hanya nalar yang telah memiliki cara befikir terbuka atau open minded, yakni pemikiran terbuka dan bebas menentukan pilihan dan keputusan mana yang paling tepat…… silahkan … kita tukar pikiran monggo….

— bersama Totok Wiro Martono dan 49 lainnya.

1Suka · · Bagikan
  • Bunda Lia dan 199 orang lainnya menyukai ini.
    • Rosalia Ameliaaku tunggu ya dalam doaku…

    • Denayu Kencana Ungusugeng sonten bunda… Rahayu

    • Nicky UkurSoree bunda salam kangen.

    • Bunda LiaBahasa leluhur kita memang sangat luar biasa……Mangreh landeping mimising cipta, cipta panggraitaning rahsa. Haywa lena kaki, awit hamung pinda sak gebyaring thathit… yg artinya … Agar memiliki ketajaman nalar (daya cipta/intelegensia otak), nalar harus bisa menangkap makna yang terbersit dalam nurani.Jangan sampai lengah, sebab proses untuk menangkap gerataran nurani hanya berlangsung secepat kilat…..

    • Bunda Lia Mbak Rosalia Ameliananti malam aku telp saja… tidak usah dibahas… nuwun…

    • Bunda Lia Jeng Denayu Kencana Ungusugeng sonten say….

    • Bunda Lia Salam kangen kembali mas Guruku terkasih Nicky Ukur

    • Bunda LiaNurani milik siapapun pastilah setajam “sembilu”, jika dirasa tumpul, itu bukan berarti salah nuraninya, melainkan tugas nalar sebagai cipta panggraitaning rahsa telah mengalami kegagalan…..

    • Rosalia Ameliainjih kulo paham…, sembah nuwun sanget. sembah sungkem dalem.

    • Ki Gandoeng ChamdaniPertanyaannya, bgmn kita bisa memahami dan mendengarkan suara hati, ini membutuhkan kepekaan dlm berfikir dlm mengambil sebuah kebijakan…. Sore nda!

    • Bunda LiaMaaf saudara/ saudarku… kita jawab pertanyaan saudara kita dulu kita masih ada waktu…. Hukum Pernikahan dalam Islam…. Dalam pembahasan ini kita akan berbicara tentang hukum menikah dalam pandangan syariah. Para ulama ketika membahas hukum pernikahan, menemukan bahwa ternyata menikah itu terkadang bisa mejadi sunnah, terkadang bisa menjadi wajib atau terkadang juga bisa menjadi sekedar mubah saja. Bahkan dalam kondisi tertentu bisa menjadi makruh. Dan ada juga hukum pernikahan yang haram untuk dilakukan.Semua akan sangat tergantung dari kondisi dan situasi seseorang dan permasalahannya. Apa dan bagaimana hal itu bisa terjadi, mari kita bedah satu persatu…. dan kita jelaskan … agar kita mengerti ….

    • Budi AstutiSalam kenal buat bunda lia..??Bund jogjanya mana.. Inbox no hp dong Bund.,saya Sarring sm Njenengan..Suwun..met Sore Bund..!!

    • Bunda Lia‎~ :: Menikah itu wajib hukumnya bagi seorang yang sudah mampu secara finansial dan juga sangat beresiko jatuh ke dalam perzinaan. Hal itu disebabkan bahwa menjaga diri dari zina adalah wajib. Maka bila jalan keluarnya hanyalah dengan cara menikah, tentu saja menikah bagi seseorang yang hampir jatuh ke dalam jurang zina wajib hukumnya…. Imam Al-Qurtubi berkata bahwa para ulama tidak berbeda pendapat tentang wajibnya seorang untuk menikah bila dia adalah orang yang mampu dan takut tertimpa resiko zina pada dirinya. Dan bila dia tidak mampu, maka Allah SWT pasti akan membuatnya cukup dalam masalah rezekinya, sebagaimana firman-Nya … Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi. ( Bukalah di QS.An-Nur : 33)

    • Bunda Lia He he he pak Camatku Ki Gandoeng Chamdanisugeng sonten Ki…. betul sekali kadangku kang kinasih… makin ok nih pak Camat…

    • Bunda Lia Mbak Budi Astutiinjih mbak …. matur nuwun sugeng sonten mbak salam tepang njih….

    • Bunda Lia‎~:: Mungkin dalam hati atau dari sekian saudara ada yg tanya…. Pernikahan Yang Sunnah Hukumnya…. Sedangkan yang tidak sampai diwajibkan untuk menikah adalah mereka yang sudah mampu namun masih tidak merasa takut jatuh kepada zina. Barangkali karena memang usianya yang masih muda atau pun lingkungannya yang cukup baik dan kondusif…..Orang yang punya kondisi seperti ini hanyalah disunnahkan untuk menikah, namun tidak sampai wajib. Sebab masih ada jarak tertentu yang menghalanginya untuk bisa jatuh ke dalam zina yang diharamkan Allah SWT….. Bila dia menikah, tentu dia akan mendapatkan keutamaan yang lebih dibandingkan dengan dia diam tidak menikahi wanita. Paling tidak, dia telah melaksanakan anjuran Rasulullah SAW untuk memperbanyak jumlah kuantitas umat Islam….. Bahkan Ibnu Abbas ra pernah berkomentar tentang orang yang tidak mau menikah sebab orang yang tidak sempurna ibadahnya.

    • Taufik Aziz Lemurianlain di bibir lain pula di hati ….memang lidah tak bertulang, tak terbatas kata – kata , tinggi gunung sribu janji, lain di bibir lain di hati , aku pergi tak kan lama , hanya 1 hari saja ….rasanya 100 tahun buat mu lia ……

    • Bunda Lia Ha ha ha mas Taufik Aziz Lemurianwahhhh kok parah gitu yah ha ha ha … kasihan amat dikau mas Taufik… xixixixixxixiiiii… nantikan aku sehari lagi ha ha ha ha …. gobrakkkk prangggggg…. zlinnnkkkkkk goooooooo….

    • Taufik Aziz Lemuriandadakan aku ada di depan pintu rumah mu …..:)

    • Bunda Lia Ha ha ha ha ngacir…. lariiiiii mas Taufik Aziz Lemurian,….. permisih numpang lewat…. xixixxixixiiiiii…

    • Sila SadewaHeeemmmm !

    • Bunda Lia‎~:: Pernikahan Yang Haram Hukumnya bagaimana bunda he he he nggak berani bertanya ya…. he he he… baiklah saya jawab… Secara normal, ada dua hal utama yang membuat seseorang menjadi haram untuk menikah. Pertama, tidak mampu memberi nafkah. Kedua, tidak mampu melakukan hubungan seksual. Kecuali bila dia telah berterus terang sebelumnya dan calon istrinya itu mengetahui dan menerima keadaannya…..Selain itu juga bila dalam dirinya ada cacat fisik lainnya yang secara umum tidak akan diterima oleh pasangannya. Maka untuk bisa menjadi halal dan dibolehkan menikah, haruslah sejak awal dia berterus terang atas kondisinya itu dan harus ada persetujuan dari calon pasangannya…. Seperti orang yang terkena penyakit menular yang bila dia menikah dengan seseorng akan beresiko menulari pasangannya itu dengan penyakit. Maka hukumnya haram baginya untuk menikah kecuali pasangannya itu tahu kondisinya dan siap menerima resikonya.

    • Taufik Aziz Lemurianjujurlah pada ku bila kau mencintai koe ….katakan sayang bila cintaaaa . . . . . . 🙂

    • Bunda LiaSelain dua hal di atas, masih ada lagi sebab-sebab tertentu yang mengharamkan untuk menikah. Misalnya wanita muslimah yang menikah dengan laki-laki yang berlainan agama atau atheis. Juga menikahi wanita pezina dan pelacur yg tak bisa menghentikan kebiasaannya. Termasuk menikahi wanita yang haram dinikahi (mahram), wanita yang punya suami, wanita yang berada dalam masa iddah….Ada juga pernikahan yang haram dari sisi lain lagi seperti pernikahan yang tidak memenuhi syarat dan rukun. Seperti menikah tanpa wali atau tanpa saksi. Atau menikah dengan niat untuk mentalak, sehingga menjadi nikah untuk sementara waktu yang kita kenal dengan nikah kontrak.

    • Bunda Lia Waduhhhh kok tinggal glanggang colong playu bertanya lalu dihapus…. wahhh tobat tenan… baik walaupun bagaimana akan saya teruskan untuk bahan pelajaran yg kita ketaui saja…
      ~:: Pernikahan Yang Makruh Hukumnya itu apa bunda….???
      Orang yang tidak punya penghasilan sama sekali dan tidak sempurna kemampuan untuk berhubungan seksual, hukumnya makruh bila menikah. Namun bila calon istrinya rela dan punya harta yang bisa mencukupi hidup mereka, maka masih dibolehkan bagi mereka untuk menikah meski dengan karahiyah…. Sebab idealnya bukan wanita yang menanggung beban dan nafkah suami, melainkan menjadi tanggung jawab pihak suami…. Maka pernikahan itu makruh hukumnya sebab berdampak dharar bagi pihak wanita. Apalagi bila kondisi demikian berpengaruh kepada ketaatan dan ketundukan istri kepada suami, maka tingkat kemakruhannya menjadi jauh lebih besar.

    • Bunda LiaSila Sadewahemmmmm sore wong ayu…

    • Bunda Lia Lagumu mas Taufik Aziz Lemuriankwakkkk kakkk kakkkk … Jadi ingat lagu ciptaanku sendiri… “Asmara” yg penutupannya Dimana Makna Cinta dan Asmara… ha ha ha ha … gobrakkkkk brukkkk

    • Bunda Lia‎~:: Lalu kalau …. Pernikahan Yang Mubah Hukumnya bagaimana…??? Orang yang berada pada posisi tengah-tengah antara hal-hal yang mendorong keharusannya untuk menikah dengan hal-hal yang mencegahnya untuk menikah, maka bagi hukum menikah itu menjadi mubah atau boleh. Tidak dianjurkan untuk segera menikah namun juga tidak ada larangan atau anjuran untuk mengakhirkannya…. dan berakhir pula tulisan tentang nikah karena yg bertanya telah menghapus….

    • Topeng Emashe he he stupa,hanya utk Ngarcapada.Sang Budha…diatas segala bentuk nirwana.om sara sara swasti… nirwana…

    • Bunda LiaMohon maaf atas permintaan di inbox yg bertanya saya hapus dulu yg saya sebut namanya…. demi kebaikan bersama… maafkan aku…

    • Taufik Aziz Lemuriankalau hukum nya aku menikahimu opo jeng ayu , kontrak atau sah dimata jeng ayu …..

    • Bunda LiaYg saya hapus ini dan terpaksa namanya saya ganti saja……… Mas Mr. X… terimakasih … maaf mas silahkan bertanya melalui inbox… namun akan saya jawab juga karena ini dipertanyakan disini… walau sesingkat tak apa dapat diteruskan di inbox… kalau memang anda mencintai kenapa meninggalkan…??? Anda mengangkatnya dari…. itu mulia… Seandainya aku menjadi dirimu, maka aku pertahankan dia untuk tetap menjadi istriku. Bahkan, akan aku usahakan supaya dia benar-benar bertaubat, sehingga menjadi wanita yang shalihah. Sebab, tujuanku menikah bukanlah untuk memperoleh hak eksklusif sebagai pria satu-satunya yang berhubungan seks dengannya. Aku menikah dalam rangka menggenapkan pengabdianku kepada Sang Maha Kuasa… karena mungkin itupun karunia Allah untuk mengangkatnya dari lumur dosa… itupun ibadah saudaraku Mr. X….

    • Bunda LiaMas Topeng Emas terimakasih selamat petang mas… selamat bertemu lagi…

    • Bunda Lia Mas Taufik Aziz Lemurian… kayak nggak ada kerjaan saja…

    • Bunda Lia Asalaammu’alaikum wR wB saudara/saudariku/ Sahabat/anak2ku salam sejahtera dan selamat malam .sebelum dan sesuadahnya saya pribadi mengcapkan beribu-ribu maaf apa bila saya salah ucap atau menyinggung persaan panjenengan apa bila tulisan saya kurang berkenan… tidak mengurangi rasa hormatku pada panjenengan sekali lagi saya mohon maaf… Bismillahirrahmaniirrahimmm…. baik kita membahas status diatas dan yg tujuannya …. Tentang bagaimana teknik atau tata cara agar supaya individu mampu meraba, merasakan dan membedakan mana getaran nurani, mana pula getaran nafsu. Pertanyaan tersebut bukanlah sekedar latah, tetapi mengelola hati nurani merupakan hal yang signifikan untuk diupayakan dengan skala prioritas tinggi. …. Sebab ia menjadikan setiap pribadi mampu berdiri sebagai mandireng pribadi, yakni pribadi yang memiliki kemandirian dalam menentukan mana dan apa yang paling tepat, paling baik dilakukan.

    • Topeng EmasMahayang mahayana. samsara samsaka samsakaraja…kerta bumi…

    • Bunda LiaBukankah nilai manusia terletak pada kejernihan isi kalbu atau suara hati nuraninya ?!! Nurani merupakan kesadaran aku akan tanggungjawab dan kewajiban aku sebagai makhluk bernama manusia dalam situasi yang sungguh-sungguh konkrit dan tepat. Itulah salah satu alasan mengapa suara hati nurani idealnya selalu dipatuhi dan diikuti. Hati nurani atau dalam terminologi Jawa disebut sebagai ALUSING PANDULU atau kehalusan daya cipta, yakni kekuatan yang atau kemampuan perasaan hati nurani untuk meraba, merasakan, membedakan, dan menentukan pilihan dan keputusan hidup. Alusing pandulu merupakan pangkal dari otonomi dan kemerdekaan batin setiap individu, sehingga melahirkan sikap kemandirian pribadi. Sumber kekuatan setiap orang berada di dalam hati nuraninya sendiri-sendiri. Sementara itu untuk mengidentifikasi apakah suatu tindakan termasuk baik atau buruk merupakan tanggungjawab setiap individu. Namun hanya nalar yang telah memiliki cara befikir terbuka atau open minded, yakni pemikiran terbuka dan bebas menentukan pilihan dan keputusan mana yang paling tepat……..

    • Bunda LiaAminnnn terimakasih mas Topeng Emas… semoga… doaku selalu…

    • Bunda LiaIstirahat dulu ya… mau Magrib… pamit dulu nanti kita sambung Ok…

    • Topeng EmasSalam rahayu sgl umat manusia.

    • Kozink SaputraSlmt sore bunda.. Ndrek nyimak njih

    • Semar Mendemselamat Petang Bunda…. Kemarin sy di jogja… MawNya mampir ke padepokan Bunda…tp sy gk taw AlamatNya Bunda….Tq

    • Endang Listianabettuulll bgt apa yg mas sampaikan,tp terkadang keadaan yang sulit membuat nurani,nalar,dan akal sehat mati……nurani bilang SALAH BESAR!tapi akal selalu mencari pembenaran akan kesalahan yang d buat.harus bagaimana…?

    • Ichal Van Bustonsuka. . . 🙂

    • Ki-Bayu Aji sore bund……….. seandainya smua orang mau mendengar dan mengikuti hati nurani…..
      mungkin tidak ada kecemburuan sosial, koruptor dan sifat2 jelek lainnya………….
      nderek ngopi bund………. ampun kesupen sak rokok’e qiqiqiqiqiqiqiqii

    • Deanty Faridass… abah apa ada yg lebih baik dari hari sekarang…

    • Nur Santi Bhumi NingtyasBundaaaaaa kula nderek Bunda…se7 kaliyan ngendikanipun Bunda…masing masing kita punya hak u/ menentukan apa yg kita yaqqiini..dan tentunya sdh kita p’timbangkan dgn matang jg dgn segala macam resikonya nanti..matur nuwun Bundaa..sugeng ndalu.

    • Topeng Emashati nurani…mandiri dlm diri pribadi…pembuka pikiran dan tindakan yg benar…kuncinya ada di hening.salam rahayu…aku jg mau buat kopi dulu…ada yg mau…

    • Bunda Lia Alhamdulillah mas Kozink Saputra… selamat malam…. he he he…
      Saya lanjutkan mas Kozink…. Hari ini … bener2 dech…. baiklah .. Untuk menghindarkan diri dari perbuatan dosa karena perbuatan buruk maka kita harus mendengarkan bisikan hati nurani. Saat terjadi perseteruan isi hati antara hati nurani kita dengan bisikan hati yang mengajak keburukan, maka segera kuatkanlah kesadaran utama kita untuk mengikuti bisikan hati nurani yang jelas-jelas akan membawa kita melakukan hal-hal yang benar. Sebagai contoh, saat kita berpikir untuk berbohong demi menutupi perbuatan buruk kita, maka hati nurani anda akan membisikkan larangan untuk tidak berbohong, atau saat kita mau memamerkan diri, hati kita membisikkan untuk tidak memamerkan diri, saat ingin menyebarkan hasutan, gosip dll yang buruk, akan ada suara hati yang melarang kita melakukan hal-hal tersebut…. aku yakin itu….

    • Bunda LiaMas Semar… ya mas nanti inbox saja ya mas… biar kapan2 kalau mampir tau alamatnya…

    • Bunda LiaMbak Endang Lestina selamat malam mbak salam kenal selamat datang ya mbak… nyuwun sewu mas siapa yg dimaksud ya mbak… maafkanlah…

    • Kozink SaputraNjih bunda sumonggo. Matursembh nuwun bunda

    • Bunda LiaMas Ichal Van Buston… terimakasih mas selamat malam…

    • Bunda LiaKi-Bayu Ajiha ha sak soto maduranya nggak ha ha ha ha

    • Bunda LiaMbak Deanty Farid… salam kenal… loh kok abah… aku jadi bingung bener … tapi nggak apa silahkan selamat malam mbak selamat datang…

    • Topeng Emaskopi pait putra kadang mojopait…

    • Ki-Bayu Aji hahahhahaha senengane moco kahanan……..
      td maunya ya sekalian sotonya……
      tp saraf “isin”nya nyambung lg, jd pekewuh nembung…..
      tp berhubung ditawari langs “iyeeesss” mawon, nyatan luwe tenan jeeee……. qiqiqiqiqiqiqi

    • Bunda Lia Mas Topeng Emas jangan lupa manis kental untukku… Saat manusia sudah tidak mau mendengarkan hati nuraninya, niscaya akan selalu melakukan hal yang tidak benar, hanya saja kita tetap bersyukur karena hati nurani kita tidak bosan-bosannya menyertai dan membimbing kita sepanjang hidup kita….
      1.Beninging ati atau kejernihan kalbu.
      2.Sirnaning kekarepan atau sirnanya rahsaning karep
      3.ereming pancadriya atau ketenangan panca indera
      4.Jatmikaning solah bawa atau perilaku lahir dan batin yang santun.

    • Bunda Lia Jeng Nur Santi Bhumi Ningtyasselamat malam say… salam kangenku selalu… kok sampai jam segini2 terus istirahatmu say….

    • Aby AirbyonMasih rekaman di dapur Bunda hehehe nanti saya akan anteng ikut nyimak Bund

    • Bunda LiaKi-Bayu Aji…. Sirnaning kekarepan atau sirnanya rahsaning karep. Atau lenyapnya semua maksud jahat, keburukan, dan tindakan hina-aniaya. Hal ini berkaitan dengan perilaku dan perbuatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari bener nggak saudaraku…. Jangan sampai kita menyakiti hati orang lain, baik sadar apalagi tanpa sadar. Jangan sampai mencelakai, merugikan, menyerobot hak orang lain. Untuk menuntun perilaku demikian diperlukan sebuah kesadaran kosmologis yakni sikap eling dan waspada….

    • Abdul Lathif ‎.
      Salam…….
      Salam…….
      Salam…….
      Semoga para pecinta persaudaraan damai selalu di hati penuh persahabatan…… Yund…!!!

    • Bunda Lia Jeng Aby Airbyon kok malam to longgarnya… jeng Nur Santi Bhumi Ningtyasjuga begitu… ya say… sabar ya… aku terus berdoa untuk dikau berdua say…

    • Aby Airbyonmasih nyambi dulu Bunda pikirannya belum bisa silo anteng dibelakange Bunda xixixi,suka sx yg pelajaran perti ini Bund

    • Wawan RidwanRahayu…mhn ampun Bun nderek nunut,ttg kemandirian ya,,,hmmm, pd dsrnya,satu untk semua, semua untuk satu,suwun Bun.

    • Semar MendemTerimakasi Banyak Bunda….. Salam sejahtera Bunda

    • Nur Santi Bhumi Ningtyas‎..waah Bunda njih pirsa kemawon to?niki kula sinambi masak Bunda, Boss ndalu punika kundur dhahar..biasa kangen kaliyan keng Sibu…kula nyuwun pamit rumiyin Bunda…semangat!

    • Suzanna AmigoManusia yg mmpunyai pribadi adlh mnusia yg percaya diri (PD) & mnusia itu mmpunyai prisip hidup yg kuat.@

    • Bunda LiaPanggraitaning cipta/ batin – bisikan nurani yang secara tepat menentukan target dan memotivasi kepada pencapaian suatu tujuan/ mligining cipta. Seseorang tidak akan merencanakan dan melakukan sesuatu di luar kehendak nurani. Sebaliknya keinginan yang bukan kehendak nurani tidak akan terwujud. Maka seseorang tidak akan berharap-harap selain yang berasal dari bisikan nuraninya sendiri.Ketepatan Bertindak. Setelah suatu target dan tujuan secara tepat dapat ditentutan oleh nurani, dituntut konsistensi tata lahir atau gerak ragawi untuk mewujudkan target dan tujuan tersebut. Dengan dipandu oleh nalar budi pekerti /intelegensia nurani atau kejernihan nalar membuat diri kita lebih cermat membaca sinyal-2 dari panggraitaning cipta atau bisikan nurani. Akan tetapi kejernihan nalar baru dapat kita ciptakan apabila kita mampu cara meletakkan pikiran pada sudut yang netral dan obyektif. Hal ini tidak mudah dilakukan, sebab nalar manusia selalu penuh dengan intrik, imajinasi, pengandaian, ilusi dan penuh dengan data-2 mentah yang tidak mudah dicerna. Untuk itu hendaknya cyclon atau gelombang otak sering-sering diturunkan pada level bheta dan tetha. Jangan terus-terusan memforsir otak selalu bekerja pada level alpha.

    • Bunda Lia Mas Abdul Lathif… selamat malam kadangku kang kinasih… nggak belajar po… besok Matematika loh…

    • Bunda Lia Jeng Aby Airbyonsay… awas gosong… xixixiixxiixixixi…

    • Bunda Lia Jeng Nur Santi Bhumi Ningtyas sabar ya say… percayalah aku kan tetap doakan dirimu dan Jeng Aby Airbyon… Lov U

    • Bunda LiaMas Wawan Ridwan terimakasih … selamat datang … selamat malam…

    • Bunda LiaSama2 mas Semar salam kasih kami selalu…

    • Bunda Lia Mbak Suzanna Amigo… selamat malam salam hormat dan santunku selalu mbak ayu… salam kasih penuh sayang… he he he besok materinya Matematika mbak… selamat malam…. semoga sukses lulus semua anak didik mbak… doaku selalu…

    • Gus Ibien IbienDiajeng menjeng wancine otak atik nah monggo sinau lan dedunggo ,doanya ortu itu mandi alias mustajab.

    • Suzanna AmigoTrims say ats Doa nya, truma buat gadis kacilku yg besok brjuang utk mlnjutkn level pendi2kknnya..SLM KASIH SLLU.

    • Ki-Bayu Aji kasinggihan bund…….
      alias sangat setuju
      nyimak malih sambil hoh hah hoh hah……… sambele soto galak………

    • Bunda Lia Saudara-saudariku terkasih…. Tekad Bulat atau Kemantaban Hati. Ketepatan bertindak merupakan langkah konkrit dalam pencapaian tujuan. Namun hal itu belum cukup untuk mewujudkan daya pangaribawa, masih diperlukan adanya Ketangga, atau keketeg ing angga, yakni kuatnya kehendak dari dalam jiwa atau tekad bulat. Untuk mencapai satu tujuan kita tak boleh mencla-mencle, plin-plan, ragu-2 akan apa yang kita tetapkan sebagai tujuan. Tetapi harus konsentrasi penuh melibatkan batin (hati nurani), tata lahir atau gerak ragawi yang termaktub dalam kecermatan penalaran, dan sebuah tekad yang bulat yang bersumber dari kekuatan jiwa.
      Ning. Ketiga sumber kekuatan pribadi di atas belumlah lengkap. Masih harus melibatkan ning atau wening, hening cipta. Ning merupakan bentuk konsentrasi yang lebih tinggi daripada ketiga konsentrasi di atas.

    • Bunda Lia Amin3 Ya Rabbi terimakasih mbak ku nan cantik mbak Suzanna Amigo… doamu menambah semangat ini… sudah dikarantina mbak ayu… 5 hari… mohon restu mbak… salam sayang untuk mbak dan keluarga di sana ….

    • Bunda LiaGus Ibien Ibiensalam kasihku Gus… kemana saja Gus kok baru nyambangi…

    • Bunda Lia Ha ha ha Ki-Bayu Ajiposisimu dimana sekarang…??? Inbox aku penting ya Ki….

    • Arief WibisonoBagaimanakah cirinya seseorang yang seperti itu bunda….seseorang yang telah mengetahui gerak dan maksud alam diluar kehendak dirinya…..??….

    • Jagad SatriaSugeng wilujeng ndalu bunda……kaweningan bathos soho kawaskhitanipun bathos puniko kangge alat kontrolipun kito sami…tansah teliti soho waspada sedoyonipun lumampah..,nyuwun gungeng pangaksomo menawi kulo lepat.,.soho nyuwun dipun leresaken bunda..,rahayu 3x,

    • Bunda LiaNing merupakan konsentrasi penuh, menjadi satu Karyo leksono. Atau lebih mudah saya istilahkan Nyawiji yakni melibatkan kekompakan seluruh elemen daya kekuatan dalam diri pribadi untuk satu tujuan. Atau hanya bertujuan tunggal dan mengerahkan segala daya dari dalam diri secara kompak. Individu yang nyawiji menyatukan beberapa komponen sebagai satu kesatuan gerak langkah. Komponen tersebut meliputi 4 unsur yakni ; hati, pikiran, ucapan, dan tindakan nyata yang diarahkan kepada pencapaian tujuan yang satu. Contoh paling mudah, pada saat anda membidik agar mengenai sasaran, anda perlu konsentrasi penuh yakni harus menciptakan keheningan, ketenangan, percaya diri, kesabaran dalam tekad yang bulat, yang disatukan dalam setiap hela nafas. Keadaan konsentrasi penuh akan mudah dicapai saat menahan nafas beberapa saat lamanya. Nafas adalah kendali dan tali yang bisa mengikat konsentrasi kita.

    • Petruk Tralalaslmt mlm semuanya, rahayu sagung dumadi..

    • Bunda Lia Mas Arief Wibisonoselamat malam apa kabar lama nggak muncul kemana saja…??? Mas Arief yg lebih pandai karena aku yg bodoh inipun masih minta pendapat pada saudar/ saudari disini dan mohon dibaca keseluruhan dari atas hingga bawah nanti akan paham …. monggo mas Arief….

    • Syahwir Papude Dinda Bunda Lia…Selamat Malam…Dan alhamdulillaah wasy syukru lillaah…tampaknya dinda disini dalam keadaan baik, sehat dan aman saja…Semoga Allah SWT selalu MERAKHMATI kita timbal balik…Salaam Hormat, Bahagia dan Santun kanda dari kejauhan pulau seberang…!!

    • Aring Sukaton Assalamualaikum warokhmatullohi wabarokatuh !
      Waaah lha ki jeru leh ku tekan , oppo mau wiwtane ………….
      Sugeng sonten Bunda Lia

    • Bunda Lia Nuwun injih mas Jagad Satria… monggo nyuwun tambahing tulisan panjenengan kagem jangkepi kulo kang tasih bodho ela-elo .. matur nuwun salam hormat selalu…

    • Arie Irfan Selamat malam Bunda Lia…
      Salam Kasihku.

    • Arief WibisonoApakah itu berhubungan dengan alam masa lalu…..yang harus dilanjutkan hidup masa sekarang…..yang mungkin artinya itu juga meregenerasi pada generasi sebelumnya dilanjutkan oleh generasi berikutnya….seperti sebuah kesinambungan????

    • Jagad SatriaHmm…lha kok ngaten thoh bunda….monggo dipun teras aken anggenipun medar kulo nyimak…bunda,.

    • Bunda LiaHal ini menjelaskan juga mengapa olah pernafasan menjadi pelajaran utama dalam latihan meditasi, olah semedi, maladihening, mesu budi. Termasuk di dalamnya sebagai sarana menyatukan diri /aku dengan dzat sifat, afngal Tuhan /Ingsun. Dalam tradisi tasawuf Jawa-Islam a la Syeh Siti Jenar disebut sebagai shalat dhaim. Sepadan pula dengan apa yang termaktub dalam Serat Wedhatama sebagai sembah cipta, atau sembah kalbu. Pada intinya ning adalah upaya mewujudkan pencapaian kehidupan yang meditatif. Yakni tercapainya kesadaran di atas kesadaran nalar. Secara intuitif manusia dapat mengetahui apa yang akan terjadi di alam. Karena kita dapat menangkap seluruh vibrasi yang ada di alam semesta. Setiap akan terjadi peristiwa, selalu terjadi perubahan vibrasi yang sebetulnya bisa dirasakan jika kita mau mencermati pancaran gelombang vibrasi tersebut. Di sinilah salah satu fungsi ning. Layaknya meditasi, ning membuat kita lebih peka, lebih memahami apapun yang sedang dan akan terjadi di sekeliling kita, bahkan apa yang terjadi pada belahan bumi yang lainnya.

    • Agus M YonoAssalammualaikum…sugeng ndalu Bunda…sugeng ndalu sederek2 sdoyo….

    • Topeng Emasngaten…salam rahayu…mugi dados paripurnaning jalma suci.punika saking padepokan eyang semar.gusti aji.lawu…

    • Arie Irfan Selamat malam
      kangmas Jagad Satria,
      kangmas Petruk Tralala,
      kangmas Syahwir Papude,
      kangmas Aring Sukaton,
      serta untuk semua yg telah hadir disini… Rahayu…
      Semoga Tuhan melimpahkan segala rahmat dan berkah_Nya untuk kita semua…
      Salam Hormat Jabat Erat.

    • Mas Tebe OyeSugeng ndalu .. slmt mlm Dinda Lia .. wah ada apa ini epertinya kok ramai banget .. ada yg inbox .. ada yg hapus koment .. ada yg tinggal colong sarung ..eh salah .. tinggal gelanggang colong playu … ha ha ha … tak melu ndeprok nyimak karo udud ..

    • Abdul Lathif ‎.
      Mas Arie Irfan
      Mas Tebe Oye
      Gus Ibien Ibien
      Selamat malam semua …… semoga tetep bagas waras…….

    • Jagad SatriaMet mlm jg mas arie irfan…smoga kita semua sll dalam lindungan Tuhan..

    • Harry Hattab Selamat malem Bunda Lia,…tepat sekali pencerahan Bunda,..hati nurani adalah zat yang tertinggi didalam tubuh dan hidup manusia,..didalam hati nuranilah,bersemayam kejujuran yg hakiki,..manusia tidak bisa membohongi hati nuraninya…namun terkadang manusia, mengingkari hati nuraninya,dalam melakukan kemungkaran,…salam hangat selalu Bunda..

    • Mas Tebe OyeSlmt mlm mas Abdul Lathif … salam waras selalu …

    • Abdul Lathif ‎.
      O,yo, Mas Tebe Oye ….. siap-siap rumah njenengan nanti gamnti tak acak-acak karo Mas Kakang Prabu Anom …. hehehehehe…..
      Gantian panjenengan tadi malam yang acak-acak rumah saya, hehehehe

    • Topeng EmasJayaning nagari…bila semua panji agama di nuswantara mau duduk bersama tanpa mengingat perbedaan yg ada.semua ada dlm satu kerajaan Tuhan.

    • Bunda Lia Terimakasih kanda Syahwir Papude… Alhamdulillah dari pada bengong nunggu anak latihan mending ubek2 note book… he he he…

    • Bunda Lia Salam kasih kembali mas Arie Irfan… kok baru muncul … baru pulang po..???

    • Bunda Lia Mas Arief Wibisonoitu tidak ada kaitannya masa lalu dan sekarang yg kita bahas Nurani diri… maafku….

    • Arief WibisonoSementara waktu mencari Kesunyian menyepikan diri dari hiruk pikuk polah anak manusia…. Mencoba mendengarkan suara alam semesta ini memberi nasehat dimana letak kebenaran yang hakiki sesungguhnya….aku sedang menikmati dalam alam kegelapan….untuk melihat dimana terang…dalam terang aku tak dapat melihat cahayaNya….kalau diriku lebih pintar dari bunda….tak mungkin aku bertanya pada sesuatu yang tak kupahami….hanya ingin berjalan menuju kesempurnaan saja ….barangkali gelas kosong yang kubawa ini terisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kaum dan golonganku dibawah….

    • Raden Samba ‎.
      Assalamu’alaikum…….
      Ingkang dahat kinurmatan, Bunda Lia, Mas Abdul Lathif, Mas Tebe Oye, Mas Arie Irfan,….. lan sedoyo ingkang sami rawuh…… keparingono…. kulo ingkang mboten saget punapa menikan nderek ngasuh kawruh……

    • Abdul Lathif ‎.
      Bopo Raden Samba: smonggo pinarak ingkang sekecoh, nggak boleh cengingisan di sini….. hahahah

    • Raden Samba ‎.
      Waduhhhh, Sadis amat, dik Abdul Lathif…. hahaha

    • Jagad SatriaHehe suruh bikin stts lg mas abdul mas anom…kikikik..nyuwun sewu bunda nderek ngampil sekedap sttsipun panjenengan…

    • Syahwir Papude Alhamdulillaah…Terimakasih kembali dinda Bunda Lia…Semoga semuanya berjalan lancar…Sukses selalu dinda…Salaam Jiwa Budaya…!!

    • Mas Tebe OyeSilahkan mas Abdul Lathif kalo mau ngacak2 rumah sy .. siapa takut .. silahkan kumpulin jagoan dari Jatim Jateng dan Jabar utk ngroyok sy ..mongso kuwato nampani Aji Lebu Saketi …gakgakgakgakgak …

    • Abdul Lathif ‎.
      Bopo Raden Samba: Panjenengan kang paring piwucal datheng kul;o kan…????? (pura-pura lupa)

    • Kang Edy Yusuf Ritonga Selamat malam IBunda Guru dan seluruh keluarga besar yg hadir…

      walah kalo pendapat saya kurang baik dgn segenap hati mohon kiranya di luruskan ya Bunda Guru …

      berbicara mengenai hati , hati dan pikiran bagi saya merupakan komponen yg utama , dimana ke dua kompenen tersebut saling berkaitan … hati dan pikiran yg baik haruslah di sucikan dgn dzikri agar senantiasa di isi oleh energi Illahi …

      seseorang di katakan berhasil bila dia bila dia berhasil menjaga hati dan pikiran nya dari perbuatan yg kurang baik ..

      salam hormat ananda Bunda Guru …. Rahayu …

    • Bunda Lia Mas Jagad Satria maksudku bantu aku karena aku ngantuk dan pinging nulis tentang …. kita lanjutkan apa bila kita masuk yang namanya Nurani Jendela Menembus Uninong, Aning, Unang
      Nalar pun faktanya sangat riskan terperangkap ke dalam oleh suatu tembok yang bernama keyakinan membabi buta. Dengan kata lain, penghalang terbesar ketajaman nurani kita adalah doktrin yang membelenggu nalarkita ini mas Jagad… Baik berupa doktrin militer, doktrin budaya, doktrin seni, doktrin ideologi, hingga doktrin Agama. Sebab itu efek doktrinasi lebih bersifat pengungkungan kesadaran, agar individu memiliki loyalitastanpa perlu nalar. Tanpa perlu menjawab pertanyaan2x yang timbul dari Hati Nurani. Jika dianalogikan, doktrin merupakan alat yang serupa dengan kacamata kuda, sementara “kuda” adalah perumpamaan insan…

    • Abdul Lathif ‎.
      Mas Jagad Satria : hehehehehehe……. Kulo kapok-kapok lombok, kalau ketemu Kakang Prabu Anom Vs Mas Tebe Oye ….. ndang ditutup kemawon lawang griyo kulo…… hoyak….. hoyak…. hoyak….. meh rubuh Mas Jagad……

    • Bunda Lia Ha ha ha ha sabar kang mas Raden Samba… he he sugeng dalu … mugi tansah rahayu wilujeng njih…

    • Raden Samba ‎.
      Amin, Bunda Lia……. sembah bektos kulo……

    • Bunda LiaMas Tebe Oyeha ha ha aku melu acak2 achhhh dari pada ngantuk kerjaan banyak he he he … bisa nggak ngantuk… aku ikutttttt….

    • Abdul Lathif ‎.
      Yunda : Jewer mawon Bopo Raden Samba….. sering absen… hehehehehe…..
      L – A – R – I ——………………

    • Mas Tebe OyeDinda Lia … wah tadi mlm ada pertarungan org2 stress di akunt mas Abdul Lathif … sampai pd ter_kencing2 …. wkwkwkwkwkwkwkwk …

    • Bunda Lia Mas Arief Wibisonokita belajar bareng ya mas… karena kita disini butuh terisinya gelas kosong… dan kita dibawah semua kalau diatas kita nggak urusan dengan depkolektor… he he he karena orang atas kan yg pandai2 semua … membodohi kita… mereka nggak punya nurani… sedang kita punya… contohnya malam ini kita berbagi…. dan mau membaca lalu jempoli kan berarti memiliki hati nurani… tidak seperti yg diatas kita seperti raja tega semua…

    • Abdul Lathif ‎.
      Yuda : Genting-ku (tadi malam) nglorog semua dipancali TRIO MACAN (Mas Mas Tebe OyeKakang Prabu Anom-Mas Jagad Satria) sampai ambruk sedoyo, Yunda…… hahahahahaha

    • Bunda Lia He he he silahkan adikku say Kang Edy Yusuf Ritonga… pendapatmu baik… dan kita bicara tentang nurani diri… hati kita bicarakan nanti saja ya kalau aku sudah ada dijateng…. kita bicara tentang kuda lagi ya dik Edy… Supaya kuda tetap berjalan lurus ke depan maka diperlukan kacamata ( doktrin). Sebab doktrin (kacamata kuda) mempunyai prinsip keharusan/kewajiban bahwa jalan ”kebenaran” hanyalah jalan yang lurus yang hanya tampak di depannya saja. Sementara itu, adalah realitas dan fakta bahwa hidup ini banyak ditemukan “persimpangan jalan”, banyak sekali “jalan raya”, “jalan protokol”, “jalan daendels”, “jalan propinsi”, dan “jalan setapak”. Masing-masing “jalan” menuju ke satu tujuan yang sama yakni Sang Causa Prima atau Gusti /bagusing ati, Gusti ada di dalam aku. Setiap orang hendak mencari Gusti di dalam aku, agar supaya diri kita menjadi aku di dalam Gusti. Dalam istilah Ki Ageng Suryomentaram disebut sebagai “rasa; aku bukan kramadhangsa” atau “aku kang madeg pribadi” atau saya sebut sebagai rahsa sejati. Itulah paraning dumadi manusia, tak berada jauh di atas langit sana, tetapi ada dalam setiap pribadi kita masing-masing.

    • Aring SukatonWaaaah rodo kaco ki ono Om Tebe critone acak acak orkes tow ?

    • Mas Tebe Oye Mas Abdul Lathif ..saiki sawangen deloken foto profileku .. sopo wani ngacak2 statusku opo kepengen kuwalat koyok mete …wekekkekkekkekkekkekkekkek

    • Bunda LiaKesadaran ini dapat menjelaskan pula mengapa nenek moyang bangsa kita dulu jika berdoa tidak menengadah sambil menatap langit, melainkan cukup dengan telapak tangan memegang dada. Dalam maneges pun tersebutlah Niat Insun, yang bermakna Ingsun ing sajroning aku, Aku ing sajroning Ingsun. Konsep KGPAA Mangkunegoro IV sebagai roroning atunggil, dwi tunggal, atau asas Manunggaling Kawula kalawan Gusti. Sebuah pelataran spiritual yang pernah pula digelar oleh Ki Ageng Kebo Kenongo (Ki Ageng Pengging) bersama Syeh Lemah Abang sebagai Uninong Aning Unong. nah kitapun harus paham apa itu Unining Aning Unong….

    • Bunda Lia Ha ha ha kang mas Raden Samba… sampai tuntas ya… he he he salam hormatku selalu…

    • Bunda Lia Mas Abdul Lathif… sedelok manek mas kalau ngacir pergi kita serbu statusnya ha ha ha ha

    • Bunda Lia Mas Aring Sukatonha ha ha ….

    • Bunda Lia Waduhhhh Mas Tebe Oye hari ini bagian rumah siapa yg diacak2 ya … mas Abdul Lathifgantian rumah siapa… ha ha ha

    • Arie IrfanLho…

    • Aring SukatonHeleeee poto kademen weeeee di bangga ne 9kikikikik

    • Mas Tebe OyeBunda Lia .. kita tunggu saja siapa diantara mas Aring Sukaton .. Jagad Satria atau Kakang Prabu Anom .. kalo ada yg berani acak2 status sy berati siap dijwer sama Mbah Wardi .. lht dong foto profile sy … ha ha ha ha ha ha …

    • Bunda Lia Mas Abdul Lathif… Mas Aring SukatonMas Tebe Oye , mas Arie Irfankalau masih disini…. aku rasa masih ingat dengan Neng, Ning, Nung, Nang…. uninong aning unong sama dengan neng ning nung nang saya rasa itu masih ada kan mas2 ku semua….. Sementara itu, hati nurani selalu mampu menembus berbagai tembok penghalang, yang menghalangi obyektivitas sesungguhnya akan suatu realitas kehidupan. Nurani adalah kekuatan yang tak bisa dikelabuhi oleh imajinasi, ilusi, dan polusi getaran nafsu. Nurani yang terasa akan menjadi “mata hati”, “mata jiwa” yang mampu menguak “kebenaran sejati”. Hanya saja, untuk menggali dan menemukan hati nurani, kita harus menggalinya dari kubangan lumpur yang penuh bakteri, kuman dan penyakit.

    • Jagad SatriaMlayu aaah….mbok kene baygone mas abdull…

    • Bunda Lia Eiddddd sik mas Jagad Satriakok pakai baigon barang piye iki…

    • Bunda LiaMas Tebe Oye… ha ha ha pa ku bilang PP mu kademen to… orang wis tak suruh kayak teko kok seneng sedakep ha ha ha …

    • Pangeran Joyo KusumoRahayu… salam damai dalam keheningan nan penuh kasih… Rahayu…3x

    • Bunda Lia Mas Arie Irfan… makasih mas kau masih ada disini dihati… ha ha ha ….

    • Aring SukatonWkwkwkkkkkkk ……… Om tebe kademen !

    • Bunda Lia Waduhhhh… berarti kurang satu ini Kakang Prabu Anom… ha ha ha …. sabar ya mas Abdul Lathif….. aku selalu ada xixixiixxixiixxi…. waduh bener tuh kang Raden Sambangibrit….

    • Mas Tebe OyeBunda Lia .. lha itu sdh sy ganti .. apa perlu sy ganti lagi dg yg lbh serem lagi fotonya? …ha ha ha ha ha …

    • Jagad SatriaHehe.,nyuwun sewu dados mboten penak kok…moso njiih wedaranipun pnjenengan dados owah nwn sewu bunda.,kulo siweg nginceng rencang ingkang damel stts….kok.

    • Bunda LiaMaaf saudara/ saudariku terkasih…. aku tidak punya maksud lain dan tidak mau menyinggung siapa2 … Tulisan ini bertujuan untuk berbagi kawruh (pengetahuan) dan ngelmu (pengetahuan spiritual), bagaimana cara paling sederhana agar kita dapat menemukan nurani yang dapat diumpamakan sebagai “berlian” yang terendam di dalam “comberan/got”. lalu kita akan Membuka Jendela Nurani.. Kita harus menutup panca indera misalnya…. untuk membuka mata batin yang berada dalam jiwa kita…… nah kita kenali dulu apa sih mata batin itu….. Mata batin adalah mata yang dapat melihat sesuatu secara lebih cerah, jelas, dan gamblang. ….. Kecermatan dan kemampuannya menjabarkan fakta gaib dan wadag jutaan kali melebihi panca indera….. Paling tidak terdapat lima sarat agar supaya kita betul-betul mampu merasakan dan membedakan apakah sesuatu getaran merupakan getaran Nurani (kareping rahsa) ataukah hanya sekedar getaran nafsu (rahsaning karep). Tapi kita harus tau kunci dari wadah dan isi…. atau wadah ilmu….

    • Bunda LiaKi-Bayu Ajimasih adakah…. jangan lupa pesanku… aku dijabar sampai nggak ketemu awas… Kiiiiiiiii Bayuuuuuuuuuuuuu….

    • Mohamad Muklaspilihan, keputusan, yang paling tepat adalah yang benar2 keluar dari hati nurrani,..tidak dipaksa2,.. tidak diburu-buru… tidak digoda oleh keadaan,.. benar2 pilihan yang keluar dari kebeningan hati…. namun alangkah lebih baiknya, jika pilihan itu kita nyatakan setelah berkonsultasi dengan SANG CHALIQ… salam bunda,..selamat malam,..satu pembabaran dan pencerahan yang sangat bagus,…rahayu selalu

    • Arief WibisonoSiap bunda…kalo kita bersatu pasti kuat…..lanjut bunda…biar saya nyimak aja….salam bahaga semuanya buat kawan2 semua….kita takkan pernah tahu kapan badai akan datang menerpa kita….hanya saja kita harus bersiap dan jangan menunggu badai itu datang…..maksih bunda …makasih teman2 tambahan ilmunya…..

    • Bunda Lia Hemmmm nuwun kang Pangeran Joyo Kusumo… Rahayu tenan yo kang… nuwun 10.000.000.000.000.000 x

    • Arie IrfanBunda Lia… Aku akan selalu disini… Disamping Bunda…

    • Jagad SatriaHehe….,wedaripun pnjenengan sampun leres bunda…hamung kulo soho rencang2 kulo ingkang geduga hamung kirang prayugo…

    • Bunda Lia Kang mas Mohamad Muklas… terdampar aku ha ha ha sakit perut jalanya amit2… sabar menanti ya kang masku… kalau perut belum pulih aku kirimkan titipan utusan saja paket kilat Cirebon…. bener2 aku terdampar…. jalannya penuh lobang… aku pingin diam sesaat dulu…

    • Pangeran Joyo Kusumohihihi… yo yo yo rahayu tenan… salam ugi kagem kadang sdoyo damai slalu dalam kebersamaan… rahayu…

    • Gde Mahesa diajenkku… Bunda Lia….fotone MAHESA JENIR kah ? ….MUERDWEKAH !!!

    • Ki-Bayu Ajiinsya Alloh bunda, bunda info aja dimana bayu pasti merapat

    • Bunda Lia He he he ya mas Arie Irfan

    • Bunda Lia Mas Jagad Satriamakasih…

    • Bunda Lia Maheso Jentit kang mas Gde Mahesa… ha ha ha …

    • Bunda Lia Ok Ki-Bayu Ajimakasih… salam kangen wae… wetengku ki piye iki….

    • Arie IrfanIya Bunda Lia… Aku akan selalu ada di dekat Bunda…

    • Gde Mahesa HWAKAKAKAKK…..grenk…grenk…. Diajengku…wis di cek gambar inbox ?

    • Arie IrfanKopi mana kopi…

    • Abdul Lathif ‎.
      Masih ada…….. hehehe

    • Abdul Lathif ‎.
      Mas Arie Irfan: Nyeduh sendri….mosok aku terus???? haha

    • Mas Tebe OyeMana tuh Mas Abdul Lathif CS .. yg katanya mau ngeroyok sy .. lht skrg sy sdh jadi 5 bayangan .. emang guwe takut .. ppprreeeetttt … wkwkwkwkwkwkwk …

    • Abdul Lathif ‎.
      Xixixixixixixixixix…….. Awas terkena tendangan seribu bayangan, Mas Tebe Oye….

    • Danilx Andika Robbi latadzarni …duhai Tuhan kami jgn tinggalkn kami ….
      Batin hanba sebgai penerima sinyal TauhidMu … Ht hamba sbg penerima ttato ayat”Mu .hukum”MU .., PANcari nurun fauqo nurin diats hati hamba sebgai itba’ hati kekasiMU .. . .sekira Tuhan meraut lidah hamba di itba”. Dn dr peri laku dn kearifan dr sinyal” Mu dn kekashMU … Jgn hati diperinth ego dn amarah luamah yg semstx ditekan di gerak sufi hamba . Hingg mutmainnah menjadi pancar hati yg kau ridhoi . . .amin

    • Ki-Bayu Ajiampun tumut2 ngentekne sambel bund……. porsine benten2……… slm kangen ugi bunda

    • Mohamad MuklasJALANYA YANG BERLUBANG LUBANG ATAU LUBANG YANG BERJALAN2 YA BUNDA,… YA BANYAK ISTIRAHAT BUNDA,..PERJALANAN JAUH DENGAN KONDISI JALAN YANG KURANG BAGUS SANGAT TIDAK NYAMAN,… MOGA PERUTNYA SEHAT KEMBALI… SIAP KEMBALI UNTUK PERJALANAN,…SALAM SEJAHTERA BUNDA,..MANGGA DITUNGGU

    • Raden Samba ‎.
      Nuwun injih, Bunda……

    • Mas Tebe Oye Mas Abdul Lathif .. satu kaki sy bisa seribu bayangan .. nah sdgkan sy sdh jadi 5 bayangan .. maka sy bisa membuat sepeluh ribu bayangan … wekkekkekkekkekkekkekkekkek …og …

    • Abdul Lathif ‎.
      5ribu rupiah bayangan, kekekekekekekekekeksksks……

    • Bunda LiaMenurut pendapat saya, yang disebut ilmu itu ialah segala sesuatu yang tidak kelihatan oleh mata. Umpamanya, Demak dari sini tidak tampak, akan tetapi Demak itu ada. Itulah yang disebut ilmu. Adapun pernyataan yang kedua, di mana tempat hidup itu, jawabannya, hidup itu uninong ananung. Pertanyaan yang ketiga, siapa yang mengajak tidur, jawabannya menurut saya, yang mengajak tidur itu tirta nirmaya.” “Yaitu air hayat kata Arabnya. Air hidup itulah yang dulu dicari Sang Sena dan disebut air prawita dalam bahasa Hindu-Budha. Adapun tempatnya di uning unong uninong aning.” Serat Syaikh Siti Jenar Ki Sasrawijaya, Pupuh III Dandanggula, 16-17 melihat pupuh ini angan kita melayang dengan Dewa Ruci…Saya semakin sadar, perjalanan ini belum apa-apa. Ibarat mendaki gunung, saya masih berada di lereng yang landai…puncak masih nun jauh di sana. Walau begitu…saya gembira karena puncak itu sudah mulai terlihat dan semakin yakin jalan mana yang harus ditempuh.

    • Aring SukatonKi oppo tow Critone do sesumbar mas Tebe Oye, Abdul Lathif , ayo hom pimpa wae ! Ge’ ndang diputer lagu2 campur baur wkwkwkkk

    • Bunda Lia Ha ha ha ha kang mas Raden Samba…. nyuwun pangapunten… saya kira langsung clinnnnkkkkk…

    • Bunda Lia Kang mas Gde Mahesamatur nuwun kang … wisss jian makasih buanget pokoknya pada masku sing apik dewe tenan… untuk nyambung doa selanjutnya… gambar yg lain aku tunggu kang…

    • Sulistiyo Yudi Sugeng dalu Bunda ugi para kadang kula sedoyo.
      Bunda, kula nderek nyimak,
      nuwun

    • Abdul Lathif ‎.
      Iyo kok gak wong iku Yund…. aji panglimunane joss tenan… hehehe

    • Bunda LiaKi-Bayu Ajijalannya itu loh yg bener2 nyengkelkan… kapok tenan rasanya…

    • Gde Mahesa NGGEDABWULLLLLLLLLLLLL………….

    • Bunda Lia Kang masku Mohamad Muklassaat begini sakit perut jengkelin mas… dipegang rasanya amboy sakit oiiihhhh…

    • Raden Samba ‎.
      Taksihh sendakep lelenggahan kanti wigati Bund……
      Dik Abdul Lathif: entar tak ajari…….

    • Bunda Lia Ha ha ha ha Mas Tebe Oyeha ha ha ha … waduhhhh…

    • Abdul Lathif ‎.
      Bopo Raden Samba : Injih dhamel nyatroni rumah Mas Tebe Oye hahahahahah
      Mas Aring Sukaton: Kalau njenengan kesulitan mengikuti alur ceritane, njenengan buka Tautan Saya ; Lagunya Ebid G. Ade tadi malam….. Saya dikeroyok Trio Macan Sampai megap-megap, hahahahahahaha

    • Danilx AndikaY robb .ini majlis mubarokah …BERIKAN SIFAT Alloh di sini . . .amin …MALULAH . ALLOH DI HT UMAT

    • Mohamad MuklasHEHEHEHEH… EMANG SIH JENGKELIN,..TAPI KAN BUNDA PUNYA CARA TERSENDIRI UNTUK MENGATASI SI JENGKEL ITU,…HAHAHAHH… TAK BANTU DOA DISINI YAH, BIAR BUYAR SAKITNYA, BIAR SEGER KEMBALI..SEHAT KEMBALI

    • Bunda Lia Mas Arief Wibisono…. kita intip matahari ya mas…. Nurani, matahati, atau alusing pandulu, apapun namanya, memang modal berharga bagi setiap manusia, sekaligus merupakan “keajaiban” yang sering disepelekan. Saya bersyukur kepada Sang Pemberi Hidup, karena berkesempatan merasakan gelapnya hidup tanpa bimbingan nurani…walau sehari-hari demikian akrab dengan kata Allah dan kalimat-kalimat relijius,. Lebih bersyukur lagi, karena kini saya mulai menapaki hidup yang lebih berkesadaran diterangi cahaya dari dalam diri. Kedamaian menjadi lebih mudah digapai.. lebih tepatnya, mulai menjadi bagian dari keseharian…walau sejuta badai menghantam…. Ternyata, ajaran kedamaian ini telah tumbuh demikian subur di negeri ini, dilestarikan oleh para cerdik cendekia, para empu, para pujangga. Ajaran demikian, di satu sisi berkesuaian dengan semesta negeri ini, dan pada saat yang sama, selaras dengan kebenaran universal yang tumbuh di negeri manapun….

    • Ki-Bayu Ajiealaaaahhhh brarti udah saatnya ganti helikopter bund……….

    • Mas Tebe OyeMas Abdul Lathif .. malam ini kebetulan sy ada pesenan lagu2 dari temen (player) mk kyknya mlm ini sy ga bisa bikin status/tautan …kalo mau acak2 status sy ya silahkan .. ada tuh yg tadi pagi ..yg tadi siang .. tp stlh ketik komentar ini mau beresin pesenan tmn sy itu .. sory lah yauwwww… ngaciiiiirrrrrrrr…..

    • Erwin Esantos Salaaam….Buat Bunda Lialan sederek-sederek engkang kulo hormati….” Wening ing Tyas Hangesti Tunggal, Satuhu Hayu…. Jalmo kang Rahayu Ing Budhi………” Amiiin…

    • Abdul Lathif ‎.
      Hehehehehehe…… Tapi kalau ketemu Kakang Prabu Anomtentu lain lagi nanti ceritane, mas…. hehehehe

    • Bunda Lia Mas Danilx Andika… selamat malam saudaraku terkasih…. Sungguh sayang….kebanyakan kita seringkali terpedaya, menganggap bahwa ajaran kedamaian dan kebenaran universal hanya muncul di satu titik…di Jazirah Arab..semata-mata karena memang di sana pernah lahir seorang Nabi yang agung. Repotnya, kita lalu terpesona oleh mereka yang secara lahiriah dan kultural mirip dengan sang Nabi Agung itu….padahal tak sepenuhnya yg disana mewarisi kebijaksanaannya Nabi Agung bukan…??? . Maka, lengkaplah penderitaan…kita abaikan ajaran luhur dari negeri leluhur sendiri, untuk menerima “ajaran distortif” dari mereka yang disangka sebagai pewaris Nabi….. padahal berapa golongan sekarang ??? Sekarang sudah pecah menjadi 73… lalu mana yg akan kita pilih menjadi Imam kita…??? Ingat kita baru kulit luarnya belum isinya…. Jadilah Imam bagi diri sendiri… tata hati dan nurani kita … pegang erat Alqur’an dan Hadis…

    • Arief WibisonoSementara itu yang kulakukan bunda….terimakasih memberi jalan mengenal siapa diri ini sesungguhnya….menemukan kembali makna dan tugas kembali diberi hidup di kehidupan ini….saya mengenal bunda dari jauh memang….tapi dalam sanubari saya tetap tersimpan kehidupan dalam kehidupan….apa2 yang bunda berikan dan ajarkan…jangan khawatir….janji adalah amanah….yang suatu saat akan ditagih dan dipertanggungjawabkan….

    • Bunda LiaMari kita terus berjuang…mengembalikan negeri ini pada jalur yang semestinya…mengajak seluruh anak negeri untuk kembali pada jatidiri, menata ulang nurani kita… kembali pada sebuah formula kesuksesan yang telah terbukti. Tentu saja, tanpa mesti menjadi chauvinis. Sebaliknya, kita menjadi manusia yang bangga pada jatidiri, saat yang sama, terbuka pada kebajikan yang ditawarkan siapapun, dari manapun…… Sejenak kita mengingat Dewa Ruci…. DAN KITA HARUS BENAR2 PAHAM… sik ijin buka wedaran yg sudah 2 thn lalu tentang….. SERAT DEWARUCI….

    • Bunda Lia Terimakasih mas Arief Wibisono… syukurlah apabila mas Arief sudah paham… terimakasih mas salam hormatku selalu… dan tak lupa salam kangen penuh kasih untuk keluarga Pamekasan dan Sumenep ya… aku lagi nggak enak perut mas… gelisah aku…

    • Bunda Lia Mas Erwin Esantosmakasih mas kok terlambat baru pulang ya mas…

    • Erwin Esantosinjiih Bunda……muter2 wonten kota Suro ..Boyo makaryo….he he he…Suwuuun

    • Bunda Lia Alhamdulillah ketemu juga…
      Kidung Dhandhanggula
      Arya Sena duk puruhita ring, Dhang Hyang Druna kinen ngulatana, toya ingkang nucekake, marang sariranipun, Arya Sena alias Wrekudara mantuk wewarti, marang negeri Ngamarta, pamit kadang sepuh, sira Prabu Yudistira, kang para ri sadaya nuju marengi, aneng ngarsaning raka.
      Artinya :
      Arya Sena ketika berguru kepada, Dhang Hyang Druna disuruh mencari, air yang mencyucikan, kepada badannya, Arya Sena alias Wrekudara pulang memberi kabar, kepada negeri Ngamarta, mohon diri kepada kakaknya, yaitu Prabu Ydistira, dan adik-adiknya semua, ketika kebetulan di hadapan kakaknya.

      Arya Sena matur ing raka ji, lamun arsa kesah mamprih toya, dening guru piduhe, Sri Darmaputra ngungun amiyarsa aturing ari, cipta lamun bebaya, Sang Nata mangungkung, Dyan Satriya Dananjaya, matur manembah ing raka Sri Narpati, punika tan sakeca.
      Artinya :
      Arya Sena berkata kepada Kakanda Raja, bahwa ia akan pergi mencari air, dengan petunjuk gurunya, Sri Darmaputra heran mendengar kata adiknya, memikirkan mara bahaya, Sang Raja menjadi berduka, Raden Satriya Dananjaya, berkata sambil meyembah kepada Kanda Raja, bahwa itu tidak baik.

    • Misterr Jeans Sang KinasihSugeng ndalu Ibunda ugi kgem sdoyo poro kdang knasih.. Mugi GUSTI tansah paring berkah dmateng kito sdoyo.. Salam Rahayu kgem sdoyo mawon..

    • Bunda Lia Inggih sampun paduka lilani, rayi tuwan kesahe punika, boten sakeca raose, Nangkula Sadewaku, pan umiring aturireki, watek raka paduka, Ngastina Sang Prabu, karya pangendra sangsara, pasthi Druna ginubel pinrih ngapusi, Pandawa sirnanira.
      Artinya :
      Sudahlah jangan diizinkan, adinda (Wrekudara) itu pergi rasanya itu tidak baik, Nakula dan Sadewa, juga menyetujui kata-kata Dananjaya, sifat kakanda tuanku, yang tinggal di Ngastina, hanya ingin menjerumuskan ke dalam kesengsaraan, tentu Druna dibujuk agar medustai, demi musnahnya Pandawa.

      Arya Sena miyarsa nauri, ingsun masa kenaa den ampah prapteng tiwas ingsun dhewe, wong nedya amrih putus, ing sucine badanireki, Sena sawusnya mojar, kalepat sumebrung, sira Prabu Darmaputra, myang kang rayi tetiga ngungun tan sipi, lir tinebak wong tuna.
      Artinya :
      Arya Sena mendengar itu lalu menjawab, aku tak mungkin dapat ditipu dan dibunuh, karena ingin mencari kesempurnaan, demi kesucian badan ku ini, setelah berkata begitu, Sena lalu segara pergi, Sang Prabu Darmaputra, dan ketiga adiknya sangat heran, bagaikan kehilangan sesuatu.

    • Bunda Lia Tan winarna kang kari prihatin, kawuwusa Sena lampahira, tanpa wadya among dhewe, mung braja kang tut pungkur, lampah mbener amurang margi, prahara munggeng ngarsa gora reh gumuruh, samya giras wong padesan, ingkang kambuh kaprunggul ndarodog ajrih mendhak ndhepes manembah.
      Artinya :
      Tak terkisahkan keadaan yang ditinggalkan dalam kesedian, diceritakanlah perjalanan Sena, tanpa kawan hanya sendirian, hanyalah sang petir yang mengikutinya dari belakang, berjalan lurus menentang jalan, angin topan yang menghadang di depan terdengar gemuruh riuh, orang-orang desa bingung, yang bertemu di tengah jalan gemetar katakutan sambil menyembah.

      Ana atur segah tan tinolih, langkung adreng prapteng Kurusetra, marga geng kambah lampahe, glising lampahira sru, gapura geng munggul kaeksi, pucak mutyara muncar, saking doh ngenguwung, lir kumembaring baskara, kuneng wau kang lagya lampah neng margi, wuwusen ing Ngastina.
      Artinya :
      Kesediaan yang sudah disanggupi tak mungkin ditolehnya, sangat kuat tekatnya untuk menuju hutan Kurusetra, jalan besar yang dilaluinya, sungguh cepat jalanya, pintu gerbang tampak dari kejauhan, puncaknya seperti mutiara berbinar-binar, dari jauh seperti pelangi, bagaikan matahari kembar, sampai di sini dulu kisah perjalanan Arya Sena Wrekudara, sekarang dikisahkan keaadaan di negeri Ngastina.

    • Danilx AndikaFafiru ilalloh warosulih …berlarilah pd Alloh dn utusanNYA … Memang nabi adx di jazirah arab . Tp pewaris itba” merambahi jagad ini … Di penjuru bumi dlm pandangan Tuhan dn pr kekasih”NYA … Jgn cemas .ALLOH menurunkan para pewaris itba” pewaris sifatul ulya …sbg pancar keagungan Alloh .

    • Bunda LiaKalau pernah ditulis cepet juga ya… tinggak copy…

    • Sunardjo WihardjoBunda kelihatan hari ini gembira membikin aku suka , sehat bunda aku selalu mendoakan selalu amin

    • Arief WibisonoSudah terasa sekali saya senang kisah ini…..monggo lanjut bunda….tapi jangan jaga kesehatan juga….semoga cepat sembuh….mohon do’akan juga ibu saya cepat sembuh ya…

    • Deanty Faridcinta adalah orang yang mengerti pasangannya ketika sedang dilanda masalah , saling menghormati, saling menghargai satu sama lain, dan perhatian…

    • Aby Airbyonwaduh Bunda tertinggal juauh saya

    • Erwin EsantosSalam…..Nuwun Sewu Sederek sderek kang kinasihNYA….Meskipun Dewa Ruci ( Bimo suci ) hanyalah sebuah cerita….tetapi itu adalah nyata bagi umat manusia…disitulah titik pengendapan pengendalian diri setiap manusia yang paling puncak…..disitu terdapat wejangan yang bersifat nyata kodrati manusia dan bisa mengenal diri pribadi ( Kaca……),…Yang baru kemudian berjalan menuju Keillahian……disitulah sedikit Rahasia ‘alam Nur Illahi…. Gustiku Hyang Moho Agung lan Moho Adil …Dalem nuwun pangaponten menawi wonten kekiranganipun…. amargi namung Panjenengan engkang kagungan…sedayanipun …Nuwun3x…Amiiin

    • Bunda LiaDihadapan Allah, semua umat manusia adalah satu didalam kutukan dosa, telah menjadi hamba dosa, condong dan bernafsu berbuat dosa sebagai warisan turun-temurun, dan memang nyatanya semua manusia pernah melakukan dosa, entah dia seorang nabi, seorang imam ataupun orang biasa. Tabiat dosa ini menjalar ke seluruh manusia sejak ia dilahirkan. Seorang bayi meski belum berbuat dosa, namun ia sudah mempunyai tabiat dosa. Seorang anak kecil meski tidak ada yang mengajari berbohong , dia dapat berbohong dengan sendirinya, meski tidak ada yang mengajarinya memukul, ia dapat memukul, marah, mau menang sendiri dan seterusnya. Inilah yang disebut “dosa waris” yaitu tabiat dosa yang diturunkan dari Adam manusia pertama…. Namun ada banyak salah-paham mengenai istilah Dosa Asal atau yang kadang disebut Dosa Waris ini. Ada kalangan yang sering mengkritisi Kristianitas mengidentikkannya sebagai transfer-muatan dosa dari nenek-moyang ke anak-cucu. Misalnya, banyak teman-teman Muslim yang memahami dosa-asal ini sebagai dosa yang pertama yang “segepok” dari Adam itu terturun “segepok” pula kepada anak-cucunya. Akibatnya dirasakan tidak masuk akal, bahwa setiap bayi yang terlahir sudah membawa hutang-waris, walau ia belum berbuat dosa apapun….

    • Bunda LiaItulah proto-type yang salah kaprah dari kalangan yang sering memaksakan makna teologis-kristiani secara dangkal, dan menurut pengertian mereka sendiri. Andaikata itu benar maksudnya, tentulah akan lebih tidak masuk akal bahwa kita-kita yang hidup di ujung zaman ini akan ketimpaan ratusan/ribuan/jutaan gepok dosa-asal kumulatif dari ratusan generasi sejak kejatuhan Adam! Dosa asal atau yang dikenal dengan dosa waris ini tidak ada hubungannya dengan pemindahan muatan dosa dari siapa saja, melainkan merupakan penjalaran imbasan kultur dosa Adam yang diturunkan kepada seluruh peradaban umat manusia sejak Adam dikutuk dan diusir dari Taman Eden.

    • Bunda Lia Manusia di dunia meski telah tercemar dengan dosa, masih diberi bekal oleh Allah di Sorga dengan hati-nurani. Manusia bukan robot, bagaimanapun manusia diciptakan dengan “image” Allah /Hati-nurani manusia tak pernah mati, kecuali manusia berubah menjadi mati, atau berubah menjadi arca batu tanpa spirit. Sejahat apapun dia, hati-nurani mengetuknya, mengadilinya. Hati-nurani menjadi kriteria untuk mengembalikannya ke “jalan yang benar” bila ia tersesat. Maka tak heran, agama-agama duniapun menganalisanya sebagai “suara Tuhan” yang berbisik dalam hati kita.

      “Sentuhan pada hati” itulah hati-nurani. Ketika kita hati kita tergerak melihat orang jompo miskin dan lemah, pengemis cacat, orang tak bersalah dituduh salah, orang hidup hendak dihukum mati. Darimana kita tahu rasa manisnya gula, indahnya pemandangan di pantai? Yaitu dengan mencicipinya, merasakannya, mengalaminya. Bukan dengan membaca artikel tentang gula, membaca karangan tentang pantai. Hati-nurani menyangkut rasa dan empati, hati-nurani terasa juga termasuk ketika kita memungut sampah yang tercecer dan memasukan ke tempat sampah untuk menjaga kebersihan di bumi ini. Hati-nurani sebenarnya bekerja dalam keadaan apa saja, ketika dalam keadaan marah-pun kita dapat menahan untuk tidak berkata-kata kotor dan berbuat jahat karena ketukan hati-nurani. Walaupun kadang kita pun dapat mengabaikan “suara-hati” ini, namun pasti ada saatnya hati-nurani akan menggedor dengan kencang pintu hati kita, dan kita tak akan mampu menutup telinga untuk hal itu.

    • Putra SamudraMet malam bunda lia dan sederek sedoyo,salam kasih slalu…,,,

    • Deanty Faridcinta adalah kasih sayanggg..

    • Deanty Faridcinta adalah keindahan…

    • Deanty Faridcinta adalah kasing sayang

    • Erwin EsantosSalaaam…mbak Deanty Farid itu kebalik….Cinta itu uu terlahir oleh jasa yang bertitle KASIH SAYANG….from Heart to IQ…. suwunnnn

    • Danilx AndikaHehehehe … Hati dipancari dn ht pelap … Antara htam putih .. Antara ad dn tk adx kalam di hti .dn bisikan syetan dn ego

    • Galuh Candra Kiranaassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh….mohon izin turut menyimak wedarannya Bunda…salam kasih buat semuanya..semoga bahagia dan sejahtera selalu…amin.

    • Arief WibisonoKekuatan cinta…..Bagaimana aku bisa melawan kekuatan itu…bahkan aku tak mampu mengangkat mukaku…saat melihat air sungai yang kecil meluap membasahi pipinya yang mungil dari wajah yang sangat cantik ….aku harus belajar lagi menyusun kekuatan diriku…memulai lagi dari arah yang entah tak kutemui ujungnya….hanya rela dan pasrah bersikap…..memahami perasaannya…mungkin naif diri ini….tapi itulah kenyataannya….aku tak kuat dan kuasa melawan kekuatan cinta yang datang….hanya pasrah dan memahami arti satu kata…ikhlas dan memohon ma’af atas waktu yang hilang…paling berat adalah kekuatan memberi ma’af….semoga kau mampu melakukannya…

    • Hari YuswadiBunda? Kalau benar hidup ini adalah lingkaran kelahiran dan kematian.dosa bawaan adalah sebagai akibat dari kehidupan sebelumnya. Mungkin mekaten bunda.

    • Asmin Pribadi Mattalitti Mattennatikkamaaf bundah dgn keterlambatanku ini atas statusnya, namun mlm ini aku merasa sangat tidak bisa komen apa2 lagi, namun aku hanya bisa berdoa pada mlm ini senantiasa semoga Allah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, untuk kita semuanya, yg ada di akun Bundah selamat mlm semuanya, amiin…

    • Topeng Emas sbg Adanya hyang.dan bergerak sesuai rel yg ada.kesempurnaan dlm hukum nirwana.yg bermula dan ber akhir tidaklah berbeda.yg bisa mengenal lingkaran,berada dlm kesucian.titik pusat. cakrabuana.natanagara.

    • Topeng Emaskesengsaraan berasal dr tak mengenal siklus nirwana.nir sat esti hening tunggal.disana dan disini tiada beda.salam.

    • Bunda Lia Nirwana tumpuan cinta
      Dewa dewi saling terpesona
      Mereka bebas menggeliatkan sukma
      Memutik wangi mekar bersama

      Dewa-dewi terlumat cinta
      Asmara… yang penuh makna
      Sampai memukau suasana surga
      Betapa bahagia dewa-dewi disana
      Anugerah Sang Dewata

      Kubergumam dalam kesendirian
      Benarkah aku, ternoda asmara
      Mung..kinkah… akan berakhir derita
      Dimana makna cinta dan asmara

    • Abdul Lathif ‎.
      Hmmmmmmm……. Indah..

    • Sulistiyo Yudisugeng enjing Bunda. dereng sare?

    • Galuh Candra Kiranasebuah lagu yang indah Bundaku sayang…..selamat malam..salam santun ananda…..rahayu..

    • Abdul Lathif ‎.
      Yund….. besok saya request lagunya yang berjudul “mama”, untuk saya persembahkan kanjeng ibu saya…….

    • Bunda LiaGaluh Candra Kirana… aku harap ganti foto PPmu…. ada yg menjebak siapa itu….

    • Galuh Candra Kiranaya Bundaku..sendiko dawuh..

    • Bunda Lia Mas Sulistiyo Yudisugeng enjang mas…

    • Bunda LiaGaluh Candra Kirana… hemmmm…. A N A K N D A … sabdo panditoning ratu…. A N A K K U dusaat aku memasuki laku yg ke 71 hari… mengingat peristiwa di Panggung Songgo Buwono…

    • Bunda Lia Mas Abdul Lathifsilahkan saudaraku itu suara anakku….

    • Galuh Candra Kiranabundaku sayang ananda mohon izin mahening sejenak…salam santun anada..rahayu..

    • Abdul Lathif ‎.
      Injih ….. saya sudah mendengar dari You Tobe Songgo Buwono, Yund……..

    • Bunda Lia NURANI DIRI.
      Dalam meniti hidup ini
      Anugrah terus mengelilingi
      Keberaniaan kian tegar bernyali
      Apa sudah kabur rasa peduli

      Nurani bersemayam banyak insani
      Dijelmakan dari kalbu nan suci
      Betunas selaras ber-irama sehati
      Layak disebut manusia hakiki

      Tunjukkan hati nuranimu
      Mari kita benahi bijak arifkah
      Untuk terharu merenungi
      Kemurahan Illahi Rabbi
      Berlangsung alami…

    • Bunda LiaUrip ojok neko-neko…. terimalah apa adanya… jangan sok2kan … apa yg mbok pamerkan kalau hanya sekilas pandang… terimalah kenyataan hidup ini…. kesederhanaan… apa adanya adalah sesuatu yg terbaik karena cermin diri sendiri… pamer ini itu tapi kalau diri ini hanya benalu yg merusak untuk apa…. bermimpi boleh nggak ada larangan orang bermimpi… tapi jangan kelewatan karena ukuran manusia itulah Allah yg menakar… Manusia punya bisa … Allah punya kuasa…. makin sombong dan makin menonjolkan diri… Allah makin membenci… ukurlah diri sendiri dengan apa yg ada … jangan diada ada…. orang menganggap kita serba ada … serba punya tapi apa nyatanya….. apa yg kau tonjolkan itu milik orang lain jangan begitu karena Tuhan punya kuasa … dan karena ulah polah dan tingkahmu kau akan terjebak sendiri dan Allah bukan sayang padamu tetapi makin jauh darimu…. ujian akan terus memberatkan langkah2 kesombonganmu….

    • Bunda Lia Desah simponi terdengar jauh berirama
      Iramanya tak pupus tutur katanya
      Merealisasi segunung asmara
      Mengusap imbang bersama

      Saat rasa kangen lembut kumiliki
      Apa aku berdosa akan masuk neraka
      Jika aku sering melakukan dosa
      Bagaimana aku dapat meraih surga NYA

      Saat gelora kalbu merona hati
      Seakan memadu segumpal janji
      Ya Illahi Rabbi kutak ingin ingkari
      Ku ingin selalu dalam jalanMU

      Irama merdu mengandung makna
      Membuat merinding bulu roma
      Terdengar sayup bagai di Surga
      Alunan ayat-ayat Suci terdengar disana

      Sungguh merdunya
      Sangat indah iramanya terdengar
      Hati terasa sejuk damai rasanya
      Ya Allah kuingin melantunkannya

      Yok turun kita lakukan kewajiban kita Sholat malam janganlah lupa… doa pagi sangat berguna untuk menyambut Ikhlasnya rejeki dari Illahi Rabbi….

    • Bunda Lia Berusaha rela lega
      Berdoa agar jauh dara rasa lupa
      Pada Sang Maha Kuwasa
      Cela selalu mengelilingi manusia

      Mengakui kelemahan bersemi
      Dalam hidup setiap insani
      Ego tidak selamanya menang sendiri
      Sadarlah pada diri pribadi

      Dengarlah alunan Hadist dan Firman
      Sabda Nabi akhir jaman
      Dunia harta ini pinjaman Maha Kuasa
      Ingatlah pohon agama adalah Sembahyang

      Beribadahlah siang malam
      Agar Nabi sayang Allah akan menolong
      Namun jangan mengharap harta dan uang
      Dunia fana sahaja kan hilang dialam kubur

      Ingat didalam kubur kita seorang diri
      Lobang sempit tanpa ada yang menemani
      Ya Allah dalam kelemahanku
      Aku mohon ampunanMu

      Dialam manusia aku hanya mampu memujaMu
      Sholatku Ibadahmu semuanya hanyalah
      Ku persembahkan PadaMU
      Terimalah aku disisiMU.

    • Bunda Lia Dalam keheningan yang mencekam
      Kududuk sendiri dalam sesal yang mendalam
      Siapakah aku lunglai tak berdaya
      Aku membisu seribu bahasa

      Kemarin aku masih berdiri tegak dan sombong dibumi ini
      Berkuasa hingga lupa diri PadaMU Illahi
      Ya Allah ampunilah kami

      Surga neraka adalah buah perbuatan
      Semasa hidup didunia
      Segeralah ingat dan berbenah diri
      Mumpung masih diberi waktu

      Allah ampunilah kami
      Terimalah khusukku
      Terimalh ibadahku
      Dan terimalah amal perbuatan kami….

    • Bunda LiaMaaf ijin melaksanakan kewajiban … lalu membuat doa pagi… untuk semua disini… ijin dulu ya sampai nanti…

Iklan

About Bunda Lia

Tidak ada hal yang mustahil apapun dapat terjadi karena manusia memiliki kemampuan yang luar biasa. Untuk menjelmakan suatu keinginan menjadi kenyataan. Hidup damai dan rukun sesama masyarakat. Birunya harapan msh menjadi teka teki, bagai musafir disahara berhrp mendptkan air, saat kemarau mengiringi perja lanannya, smua kering, sepi, bisu hny semilir angin panas ikut menyertai.Kau menyambangiku ketika seluruh pintu telah kukunci. Kita bertukar kata di balik tembok tinggi. Tak ada lagi cekrama canda dan cinta bagi bilik hatiku. Tinggal dinding pemahaman yang lebih agung dari rasa. Kita bukan lagi sepasang jiwa yang mendaki didalam dinding bilik hatiku atau putaran takdir. Kau dan aku menjadi kumpulan keterbatasan yang luruh pada ketentuan Maha Cinta. Tak ada lagi sekeping harap yang kita titipkan pada puing senyap. Sebab asa telah membumbung pada manzila yang lebih tinggi dari arasy. Hati tak lagi mengeja bagai tulisan sang pujangga… kemungkinan beriringan mamasuki dinding tembok yang kokoh. Telah kubangun bilik jiwa yang melampaui wingitnya puri pemujaan. Kutisik waktu dengan benang pengharapan yang lebih detail dari semua keinginan….

Posted on April 25, 2012, in Tulisan Bunda Lia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: