Memahami Makna Hakikat Kebenaran.

Sebuah Pendekatan Alegori Untuk Memahami Makna Hakikat.

Sebuah Pendekatan Alegori Untuk Memahami Makna Hakikat.

Dalam diskusi kemarin, telah kita bahas tentang logika. Yaitu menggunakan logika untuk mendekati pemahaman atas sebuah “KEBENARAN”.  Ternyata penggunaan logika, dan hanya menggunakan salah satu sensor dari panca indera kita adalah jauh dari makna kebenaran yang sesungguhnya. Kecerdasan sangat dibutuhkan dalam sebuah pemahaman, namun kalau hanya berbekal kecerdasan saja tidaklah cukup.

Sebuah pemahaman jika tidak dipahami secara utuh, akan menyebabkan pergeseran dari apa yang seharusnya dipahami. Hakikat adalah sebuah pengertian yang sulit untuk dijelaskan menggunakan Narasi ataupun Diskripsi. Muatan yang terkandung, bisa jadi hanya menyentuh pada kulit luar pokok-pokok tentang makna yang terkandung.

Begini……,

Kebenaran harus bersifat “MUTLAK”, tidak boleh menceng sedikitpun. Namun harus kita ingat, bahwa daya nalar dari setiap orang akan berbeda-beda tingkatannya.  Minimal harus sampai pada inti (focus) dari makna yang terkandung, jangan sampai pemahaman itu terdispersi ataupun terbias dari makna yang sesungguhnya.

Kita ambil contoh, saya kutipkan dari peribahasa. “Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung. Yang ada benak kita tentunya adalah menunjukkan dua buah arah yang berlawanan, yaitu : “atas dan bawah”. Kebanyakan orang akan berhenti memahami pengertian atas dan bawah, hanya pada ujung-ujung kaki dan kepala kita. Tidak lebih dari itu. Padahal, yang bersifat mutlak, kebenarannya tidak bisa ditawar-tawar lagi. Lalu dimana letak nisbinya pada peribahasa di atas? Marilah kita merenung sebelum merenung kita Stop dulo laporan…. alias Magrib… hemmmm.

 

Batal Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Promosikan · Bagikan
  • Abdul Lathif .
    Monggo podo ngesthoake dhawuhe Gusti…… Sholat Maghrib…..
  • Abdul Lathif .Assalaamu’alaikum……

    Judul Wedharan kali ini mirip sebuah SKRIPSI atau TESIS Mahasiswa Fakultas Usuluddin, Mbakyu.

    Kulo sanget bungah, anggen kulo nekani piwulang panjenengan hari-demi hari…….
  • Awan Baraya Full di baca untuk di mengerti..di mengerti untuk di amalkan itulah salah satu bagian dari makna kehidupan..
  • Bunda Lia Wa’alaikum salam mas Lathif… he he he…. Bismilahirrahmanirrahhim…… Insya Allah sampai tuntas… ini yg bikin gara2 kang mas Agung dan PakPuh Tegoeh… he he he
  • Bunda Lia Mas Awan selamat malam … Insya Allah demikian semua mas Awan…. salam kasih….
  • Prima Selindo salam rahayu diajeng ayu ..ugi sedoyo kadhang kinasih..wah..masak sih gara gara saya sama pak puh heehe..wah kudu siap siap bikin kopi panas se teko nih….bisa sampai pagi…hehheee
  • Abdul Lathif .
    nah………..
    @Mas Agung
    @Pak Puh
    Panjenengan sami kedah tanggung jawab hehehehe……
    Kulo ingkang bangian midangetaken kemawon….\
  • Don Banunaek pendekatan holistik dan integral
  • Bunda Lia Ha ha ha kang mas kita mesti bertanggung jawab … he he he pintar mas Lathif… ya sudah mas Lathif bikin Kopi dan teh ya…
  • Bunda Lia Mas Don he he he selamat malam mas Don salam kasih mas…
  • Abdul Lathif .
    Nuwun injih, Mbakyu ……. ngesthoake pangandhikan……. (Berangkat ke dapuuuuuur).
  • Denny Gibran Chevalier Callum Sugeng ndalu…Kebenaran dari sudut pandang LOGIKA memang benar adanya dan…itupun terbatas maknanya bagi orang awam!!!
  • Bunda Lia Mas Denny… bener mas… he he he selamat malam … salam kasih…
  • Bunda Lia Kali ini bertujuan untuk membuka cakrawala berfikir dengan metode yang benar, janganlah kita alergi dengan sebuah metode metode-metode akademis, karena metode-metode berfikir disini hanya untuk mendekati pada pada pokok permasalahan yang di bahas, sebagai contoh : bagaimana kita bisa menjelaskan rasa garam itu asin? tidak ada jalan lain agar orang yang akan kita beri penjelasan
    untuk mencicipi garam itu. sebuah pengalaman adalah kunci awal dari pembuktian kebenaran.
  • Bunda Lia Makasih mas Lathif…disini pendapat Mas Don tepat dan benar sekali…
  • Misterr Jeans Sang Kinasih Sugeng ndalu Ibundaq.. Abah Ali, Mas Lathif, Mas Don, Mas Denny, lan sdoyo kdang kinasih.. Mugi GUSTI tansah paring kwelasan., kwilujengan dumateng kito sdoyo.
  • Nandang M Permana Ass bunda Lia. Bagi sy hakekat mmg benar sebuah inti. Inti adalah yg utama dan yg terdalam. Juga bg manusia inti tsb adalah hati. Maka berbahagialah org2 yg hatinya senantiasa terjaga u/ sll mengingat Allah…
  • Bunda Lia Selamat malam mas Jeans… salam kasih.
  • Bunda Lia Wa’alaikum salam mas Nandang he he he bener mas… salam kasih…
  • Misterr Jeans Sang Kinasih Salam kasihq jg slalu ntuk Ibunda..
  • Prima Selindo setuju diajeng ayu..untuk dapat merasakan nikmatnya secangkir kopi ….njih monggo sami disruput ….heheh secangkir berdua ..rasanya gmana ya hehehee
  • Bunda Lia Dalam memahami dan mempelajari tentang “ilmu hakekat” tidak boleh ditelan mentah-mentah dogma kebenarannya, misalnya seperti Ucapan Syekh Siti Jenar berikut ini : “Syekh Lemah Abang namaku, Rasulullah ya aku, Muhammad ya aku, Asma Allah itu sesungguhnya diriku; ya Akulah yang menjadi Allah ta’ala.” Dapat kita bayangkan jika pernyataan itu ditelan mentah-mentah, dan mengabaikan makna hakikat dari ucapan Syekh siti Jenar. Tentunya kita juga akan menganggap pernyataan itu sebagai sebuah pernyataan yang menggada-ada.
  • Hari Yuswadi sugeng ndalu bunda.mugi rahayu wilujeng.
  • Bunda Lia Rahayu mas Hari….. sugeng dalu njih… mugi Gusti paring berkah….

    AKU A=ALLAH KU=KUASA

  • KU:KUASA
    SI:SIFAT ROHMAN
    R: ROHIM
  • Bunda Lia “Sesungguhnyalah, Lafal Allah yaitu “kesaksian akan Allah”, yang tanpa rupa dan tiada tampak, akan membingungkan orang awam, sehingga meragukan kebenaran terhadap keberadaan Allah. Mereka akan bertanya-tanya, apakah sesungguhnya Allah itu “ADA”? Mereka tidak mengetahui akan diri pribadinya yang sejati, sehingga ia menjadi bingung. Sesungguhnya nama Allah itu untuk menyebut wakil-Nya, diucapkan untuk menyatakan yang dipuja dan menyatakan suatu janji. Nama itu ditumbuhkan menjadi kalimat yang diucapkan: “Muhammad Rasulullah”. Padahal sifat kafir berwatak jisim, yang akan membusuk, hancur lebur bercampur tanah.” “Lain jika kita sejiwa dengan Zat Yang Maha Luhur. Ia gagah berani, maha sakti dalam syara’, menjelajahi alam semesta. Dia itu Pangeran saya, yang menguasai dan memerintah saya, yang bersifat wahdaniyah, artinya menyatukan diri dengan ciptaan-Nya. Ia dapat abadi mengembara melebihi peluru atau anak sumpitan, bukan budi bukan nyawa, bukan hidup tanpa asal dari manapun, bukan pula kehendak tanpa tujuan.” “Dia itu yang bersatu padu menjadi wujud saya. Tiada susah payah, kodrat dan kehendak-Nya, pergi ke mana saja tiada haus, tiada lelah tanpa penderitaan dan tiada lapar. Kekuasan-Nya dan kemampuan-Nya tiada kenal rintangan, sehingga pikiran keras dari keinginan luluh tiada berdaya. Maka timbullah dari jiwa raga saya kearif-bijaksanaan tanpa saya ketahui keluar dan masuk-Nya, tahu-tahu saya menjumpai Ia sudah ada disana”.
    Pernyataan di atas adalah tafsir sederhana dari ketauhidan yang menjadi intisari ajaran Syekh Siti Jenar, dan landasan mistik teologi kemanunggalan. Kalimah syahadat yang hanya diucapkan dengan lisan dan hanya dihiasi dengan perangkat kerja fisik (pelaksanaan fiqih Islam dengan tanpa aplikasi spiritual), hakikatnya adalah kebohongan. Pelaksanaan aspek fisik keagamaan yang tidak disertai dengan implikasi kemanunggalan roh, sebenarnya jiwa orang itu mencuri, yakni mencuri dari perhatiannya kepada aspek Allah dalam diri. Itulah sebenar-benarnya munafik dalam tinjauan batin, dan fasik dalam kacamata lahir. Sebab manusia sebagai khalifah-Nya adalah cermin Ilahiyah yang harus menampak kepada seluruh alam. Sebagai alatnya adalah kemanunggalan wujudiyah sebagaimana terdapat dalam Tauhid. Terdapat kesatupaduan antara Allah, Rasul dan manusia. Masing-masing bukanlah sesuatu yang saling asing mengasingkan. Tafsir dari rangkaian huruf-huruf Alif Lam Mim.
  • GUSTI iku soko tembung bagus ati utowo (bagusing ati) ati kang bagus iku ati kang resik suci/dumunung ono hyang widhi (gusti kang akaryo jagat ) mulo manungso yen biso nyucek ake atine lurus tumindak e luhur budine ,temen suci,/resik. ateges biso njumbuhake lahir lan bathine yo iku sing di arani manunggale kawulo lan gusti.
  • ROH atau sukma manusia adalah benih hidup.benih hidup adalah daya hidup perincian.kehidupan adalah daya hidup yang ana,Daya itu energi ,dan bukan materi .ada,tetapi tidak berbentuk.tiap benih hidup,jadi tiap daya hidup perincian itu harus…nya punya wadah (ruang) untuk bisa dinamakan benih hidup perincian .ruang adalah norma dari suatu kehidupan.sukma adalah benih rohani,karena itu sebagai wadah,maka sukma mempunyyai badan rohani:
    -aku manusia sebagai benih kehidupan.
    -badan rohani sebagai wadahnya.

    tiap roh tentu memnpunyai:
    *—AKU
    —-HIDUP,dan,
    —–sadar (terang)
  • Bunda Lia Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung. Arti peribahasa ini adalah : “Dimana pun kita berada, kita harus patuh dan taat pada peraturan di tempat itu”. Namun, kita lupakan arti dari kiasan peribahasa di atas. Sekarang kita pinjam ungkapan dari peribahasa itu untuk memahami tentang kebenaran. Bumi berbentuk bulat seperti bola. Apakah anda setuju dengan diskripsi ini?
  • Bunda Lia Jika benar bumi itu bulat menyerupai bola, maka arah dari kaki menuju kepala, tentunya arah atas, dan arah bawah tenyunya adalah arah sebaliknya. Ini adalah pemahaman menggunakan logika. Sehingga setiap orang yang berdiri dimuka bumi ini, akan menentukan arah atas dengan arah yang berbeda-beda. Hanya arah bawah saja yang menuju ke satu titik. Saya meminjam “Buah Rambutan” sebagai alegori dalam menjelaskan logika ini. Bulu-bulu yang tumbuh pada buah rambutan satupun tidak ada yang sejajar antara satu dengan yang lainnya. Satu-satunya yang benar arahnya adalah mengarah pada pusat buah rambutan itu sendiri. Ini adalah sebuah gambaran tentang kenisbian dari suatu ungkapan kebenaran. Kadang-kadang kita sudah yakin seratus persen pada kebenaran sebuah prinsip, namun kadang kita lupa pada hakekat dari makna yang dikandungnya. Sekali lagi ini adalah sebuah alegori untuk pendekatan pada pemahaman sebuah prinsip “Kebenaran”. Sedangkan arah yang mutlak dari arah atas dan arah bawah adalah arah zenith dan nadhir. Sebelum kita mampu memahami dengan pendekatan logika yang benar, sangat sulit bagi kita untuk bisa memahami makna dan hakikat dari kebenaran itu sendiri. Karena hanya Allah Yang Maha Benar dan Yang Maha Tahu.

    AKU,hidup dan sadar adalah kaidah,dan bukan sifat dari roh

  • Roh atu sukma manusia merupakan perpaduan antara tiga ketentuan yang sama sifatnya,rohaniyah,namun berbeda fungsinya:aku,hidup,dan sadar,dalam rangka kegaiban.tiap roh mempunyai aku,dan tiap roh tentu hidup dan sadar.

  •  Tandanya roh itu hidup ialah berkehendak,tetapi kehendak itu bukanlah aku.Kehendak berasal dari aku,aku yang hidup:tetapi aku bukan kehendak itu dan kehendak bukanlah aku. meskipu berasal dari aku,namun adanya kehendak itu bersama-sama aku.Tidak ada aku tanpa kehendak,dan tidak ada kehendak tanpa aku.

  • Bunda Lia Cuplikan dari Serat “Sastra Gending”
    (Sekar Asmarandana)
    Pupuh 8.
    Dudu ngakal trusing gending
    Ngakal lungiting susatra
    Ngakal ing gending jatine
    Babaring jatining sastra
    Kawitane aksara
    Sawiji, Alif kang tuduh
    Mengku gaibul uwiyah.
    Pupuh 9.
    Dzat mutlak dipun wastani
    Myang la-takyun ingaranan
    Durung kahan salire
    Maksih wang wung kewala
    Iku jatining santra
    Ananing gending satuhu
    Dupi alif wus kanyatan.
    Artinya :
    Bukan pemahaman tentang gending
    Pemahaman rahasia sastra
    Sejatinya pemahaman gending
    Penjelasan tentang hakikat sastra
    Tentang asal mula huruf-huruf
    Satu, alif yang menjadi petunjuk
    Memuat substansi kegaiban.
    Dzat Maha Mutlak yang disebut
    Dengan la-ta’yun yaitu
    Ketika belum ada apapun
    Masih kosong semata
    Itulah hakikat ilmu satra
    Dan keberadaan gending sebenarnya
    Merupakan perwujudan dari sang alif.
  • Tandanya kalAu aku itu hidup adalah berkehendak,dan tandanya kalau kehendak itu ada ialah: bisa dihayati dalam rasa.memang rasa adalah alam dari tiap kehidupan.

    Prima Selindo Tiap roh itu tentu sadar,karena sadar merupakan ketentuan pula dalam roh.
  •  Tanpa kesadaran,tidak akan ada aku dan tidak akan ada kehendak,tetapi kesadaran bukan aku dan bukan kehendak
  • 18 April 2011 pukul 20:48 · Batal Suka · 3Kesadaran itu ada bersama-sama aku dan hidup.Kesadaran adalah ketentuan dalam roh,dan bukannya berasal dari aku atau dari hidup.begitu pulalah halnya dengan dengan lain ketentuan dalam roh: aku dan hidup.kaidah dari roh itu ada,dan tidak saling mengasalkan .aku hidup dan sadar adalah tiga ketentuan yang berpadu menjadi roh.
  • –bebas dalam kesadarannya,dan
    –sadar dalam kebebasannya..

    Dan setiap aku adalah bebas pula dalam kehendaknya.kehendak manusia adalah bebas:
    *—bebas dari paksaan langsung,tetapi
    —tidak bebas dari pengaruh lingkungan, dan
    —tidak bebas dari kekuasaan hukum dimana sukma itu mengada.

  • Bunda Lia APA MAKNA MIIM DAN AIN DALAM MANUNGGALING KAWULA GUSTI sehingga dapat menemukan Tuhan dan bertemu dengan Nya dan Mengapa ketika mencari Tuhan dibalik huruf alif dan nun maka tidak bisa bertemu dengan Nya? Tafsir Miim (numerology Arabiyah): Huruf miim m…erupakan muhammad rosulillah atau Ahmad, yang merupakan pintu menuju Ahad yang merupakan wahdaniyah Allah. Perbedaan antara Ahad dan Ahmad adalah huruf arab Miim (muhammad rosulillah penutup jalur risalah dan kenabian). Miim juga berarti malakuti / keagungan / penguasaan atas seluruh langit bumi, ayat Kursi merupakan ayat yang mengandung banyak huruf miim didalamya. Huruf miim bernilai 40, 40 hari khalwat dengan ikhlas dengan mengamalkan surat al ikhlas dan ayat Kursi (ayat yang banyak mengandung huruf miim /sujud jadi sujud adalah cara menggapai keagungan). Juga surat al ikhlas di awali dengan qulhuwa allohu ahad. Jadi perwujudan ahad di dunia adalah ahmad, ketika manusia menjadi ahmad maka merupakan tajalli/ penampakan sang Mahakuasa dalam diri manusia. ….
  • Bunda Lia La ngopo mumet ki ngopo kang Dullah… ha ha ha ha
    Sekali lagi bedakan Ahmad dan Ahad terletak huruf miim. Huruf miim membentuk, posisi sujud dalam solat, sujud merupakan posisi kedekatan dengan Allah, bahkan sujud merupakan simbol dari wahdaniyah Allah. Metode untuk mendekat (muqorrobin/ kewalian) kepada Tuhan yang paling cepat adalah dengan sujud yang lama dalam Sholat. Hadits qudsi Allah berfirman : Barangsiapa memusuhi waliku sungguh ku umumkan perang kepadanya, tiadalah hamba Ku mendekat kepada Ku dengan hal hal yg fardhu- 17 rokaat, dan Hamba Ku terus mendekat kepada Ku dengan hal hal yg sunnah- 34 rokaat qobliyah dan bakdiyah- baginya hingga Aku mencintainya, bila Aku mencintainya maka aku menjadi telinganya yg ia gunakan untuk mendengar, dan matanya yg ia gunakan untuk melihat, dan menjadi tangannya yg ia gunakan untuk memerangi, dan kakinya yg ia gunakan untuk melangkah, bila ia meminta pada Ku niscaya kuberi permintaannya.
  • Bunda Lia Tafsir Ain,Yaa,Sin,Nuun,Aliif (numerology Arabiyah):
    Huruf ain bermakna sayidina Ali bin Abu tholib merupakan pintu gerbang keilmuan. Sesuai hadits Nabi yang menyatakan bahwa Muhammad rosulluloh adalah gudang ilmu dan Sayidina Ali adalah pintunya. Huruf ayn membentuk posisi rukuk dalam sujud, dalam riwayat asbabun nuzul quran ada ayat yang berkenaan dengan Ali bin abu thalib, yaitu orang yang rukuk kemudian dalam posisi rukuk dalam solat melakukan sedekah berupa cincin. Inilah ayat quran itu: Walimu hanyalah Allah, Rasul-Nya dan mereka yang beriman yang menegakkan salat, membayar zakat seraya rukuk. (QS. al-M`idah: 55)……..
  • Bunda Lia Kunci sholat yang merupakan adab tatakrama/ kepasrahaan total ila allohu ada di rukuk/ huruf ain, sujud/ huruf miim adalah kedekatan (muqorobin- fana asma dan tajalli asma), barangsiapa tidak tahu adab ( rukuknya) maka tidak layak untuk dekat (muqorobin). Huruf Ain bernilai 70.sedang huruf Ya bernilai 10 dan huruf Sin bernilai 60. jadi secara matematis yaitu 70(ain)= yaa(10)+sin(60) jadi Ya + Seen = Ain merupakan Quran dalam surat 36 adalah surat Ya Sin. ayat ke 58 dari surat Yasin adalah Salaamun Qawlam Mir Rabbir Rahiim. Jadi 5+8=13, posisi huruf ke 13 dalam abjad Arab adalah huruf Miim/ Sujud. Jadi untuk mengerti Ain/ rukuk kita harus mengerti tafsir huruf Yaa dan Tafsir huruf Sin. Dengan mengerti Yaa dan Sin kita akan sampai kepada Sayidina Ali bin Abu Tholib. Huruf Ya adalah akhir dari abjad Arab and Alif awal dari abjad Arab. Huruf Ya/ hamba memimpin / cenderung ke arah Alif / Allah. Huwal Awwalu wa Hu wal Akhiru.
    Rincian huruf Awwalu : * Alif(1)+waw(6)+lam(30)=37-3+7=10,(Ya=10), * 10 -1+0=1-pertama. * Rincian huruf Akhiru :: Alif(1)+Kho(600)+Ro(200)= 801-8+0 +1= 9 – terakhir adalah 9, angka 9 dalam numerology arab adalah huruf Ta yang bermakna penyucian atau Tahara / penyucian dan bulan ke 9 dalam Arab / Qomariah adalah bulan ramadhon yaitu bulan puasa. Penyucian kalbu dari kecintan diri dan dunia merupakan tingkat awal penyucian untuk bersuluk kepada Allah. Sesungguhnya kotoran maknawi terbesar yang tidak bisa disucikan meskipun dengan tujuh lautan dan para nabi pun tidak mampu menghilangkannya adalah kotoran kejahilan ganda (pura-pura tahu padahal tidak tahu). Kekeruhan ini mungkin akan memadamkan cahaya petunjuk dan meredupkan api kerinduan yang merupakan buraq untuk bermikraj mencapai berbagai maqom spiritual. Dan Alif(1)+ Ta(9)=10- (Ya=10=hamba) , nilai huruf (Ya=10), jadi seorang Hamba yaitu simbol Ya harus melakukan Puasa / penyucian jiwa/ tazkiyah nafs simbol (Ta=9) untuk Alloh semata simbol (Alif=1) atau Hamba harus sabar dengan KetentuanNya atau nrimo ing pandum, karena hasil puasa Lillah Billah menjadikan orang sabar atau innalloha maashobirin (Sesungguhnya Alloh bersama (MA terdiri huruf miim dan ain lihat al Baqarah:153 ) orang yang sabar.
    Sukma adalah perpaduan antara tiga ketentuan rohaniyah yang tidak kekal,jadi tidak bisa mati,tetapi bisa musnah.mati berarti tidak hidup dengan meninggalkan unsur-unsur yang akan kembali menjadi materi asalnya di alam ana,sedang musnah berarti tidak-hhidup,tetapi lenyap kembali ke dalam alam ketiadaan.
  • Bunda Lia Lihat bersama adalah Ma yaitu maasshobirin. Disini terungkap rahasia mim dan ayn yaitu MA seperti yang diucapkan oleh Husain bin Mansur al Hallaj. jadi Sabar adalah kunci menemukan Tuhan. Para mufassir menafsirkan sabar dengan melakukan puasa. Pahala puasa hanya Allah yang tahu. Artinya Hak menilai puasa langsung di tangan Allah bukan di tangan para malaikat. Sabda Rosullulloh saw Puasa yang dilakukan khusus untuk-Ku/ puasa Lillah Billah dan cukuplah Aku sebagai pahalanya. Mempelajari Ilmu Ketuhanan akan menjadikan orang bersabar, seperti dialog Nabi Musa as dan Nabi Khidir as yaitu Bagaimana kamu dapat sabar terhadap persoalan yang kamu sama sekali belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang-Nya
    (QS 18:68). Barang siapa menghadapi kesengsaraan dengan hati terbuka, menunjukkan kesabaran dengan penuh ketenangan dan martabat, termasuk dalam golongan orang terpilih dan bagian untuknya adalah Berikanlah kabar gembira (keberhasilan dan kejayaan) kepada orang yang sabar (QS 2:155),
  • SUKMA sebagai benih hhidup perincian senantiasa ada dalam alam rasa perincian,alam rasa manusiawi yang tidak kekal.Dalam rasa itu maka semua kaidah,sifat dan pembawaaan dari sukma bisa kita hayati dengan terbukannya hati terhadap pengertian,dan dan tidak dengan kecerdasan otak.
  • Ayu Dewi Lestari Selamat malam mama,,,,salam sayankkk selalu
  • Ayu Dewi Lestari Selamat mlm jg mas agung,,,dan om abdullah,,,,,,dan semua yg hadir di sini,,,,,,,
  • Bunda Lia Kang mas Agung benar sekali dan tepat dan pas… kita sama2 ya kang mas… mas Latif ini yang aku mau saling berkesinambungan…..
    Dalam Islam, kemampuan mengendalikan emosi dan menahan diri disebut sabar. Orang yang paling sabar adalah orang yang paling tinggi dalam kecerdasan emosionalnya. Ia biasanya tabah dalam menghadapi kesulitan. Ketika belajar orang ini tekun. Ia berhasil mengatasi berbagai gangguan dan tidak memperturutkan emosi-nya. Gabungan rincian Awwalu dan Akhiru adalah Seorang Hamba (Ya=10=hamba) karena Akhiru(9)+ Awwalu (1)=10- (Ya=10=hamba), jadi seorang Hamba menampung Asma Allah yang lengkap dan memiliki potensi untuk menampakkan sifat ketuhanan. Huruf Sin bernilai 60 dalam numerology Arab, merupakan simbol dari sirr Muhammad, sirr adalah rahasia ketuhanan yang disimpan dalam diri manusia sebagai hamba. Huruf sin dalam INSAN. huruf alif nya adalah Allah, huruf sin adalah rahasia / sirr ketuhanan, 2 huruf nun adalah simbol hukum dunia dan akhirat yang merupakan representasi /perwakilan kitab suci al Quran. Huruf Yaa/ simbol Hamba digunakan untuk memanggil seseorang atau menarik perhatian sesorang. Ya adalah simbol seorang Hamba menyembah dan menyebut Tuhannya Ya Allah Ya Robbi dll.

 

  • Yaa juga digunakan oleh Allah memanggil Hambanya.Ya juga berarti simbol antara yang disembah dan menyembah, tetapi posisi Ya=10 / hamba selalu cenderung kepada Alif=1 atau Allah karena Allah sebagai Awwalu, dalam ilmu huruf, Alif(1)+waw(6)+lam(30)=37-3+7=10 adalah Yaa menyatu dengan Alif (10-1+0=1) atau dibalik Yaa ada Alif atau di dalam Manusia ada Tuhan atau istilah Wahdatul Wujud nya Ibnu Arobi yaitu antara penyembah dan yang disembah itu sama tapi tidak serupa atau menurut istilah ajaran Syekh Siti Jenar, yaitu Manunggaling Kawula Gusti. PERSAMAAN antara manusia dan Allah. Hal inilah yang dimaksudkan dalam sabda Nabi saw.: Sesungguhnya Allah menciptakan manusia dalam kemiripan dengan diriNya sendiri.
  • Ayu Dewi Lestari Terima kasih mas,,rahayu jg
  • Bunda Lia Mbak yu Igo sugeng dalu mbak nyuwun pangestu… pangapunten kadung asyik ngantos kesupe… setunggal arah mbakyu dados sedanten sami tumbu pikantuk tutup .. he he he Rahayu mbak yu.
  • Lebih jauh lagi Allah telah berfirman: Hambaku mendekat kepadaKu sehingga Aku menjadikannya sahabatKu. Aku pun menjadi telinganya, matanya dan lidahnya. Juga Allah berfirman kepada Musa as.: Aku pernah sakit tapi engkau tidak menjengukku! Musa menjawab: Ya Allah, Engkau adalah Rabb langit dan bumi; bagaimana Engkau bisa sakit? Allah berfirman: Salah seorang hambaKu sakit; dan dengan menjenguknya berarti engkau telah mengunjungiKu. Memang ini adalah suatu masalah yang agak berbahaya untuk diperbincangkan, karena hal ini berada di balik pemahaman orang-orang awam. Seseorang yang cerdas sekalipun bisa tersandung dalam membicarakan soal ini dan percaya pada inkarnasi dan kersekutuan dengan Allah. Tafsir huruf Nun dan Alif- Pencari Tuhan dibalik huruf alif dan nun maka tidak bisa bertemu dengan Nya: Bernilai 50 dalam numerology Arab. Tafsir huruf INSAN, memiliki 2 huruf nun merupakan simbol alam dunia/ jasad dan alam akhirat/ ruh/ jiwa. Ruh yang disucikan akan memperoleh Nur/ surga sedangkan Ruh yang dikotori akan memperoleh Nar/ neraka.
  • Prima Selindo salam sungkem kakang mbok igo wekas kang kinasih..rahayu ingkang sami pinanggih..
  • Bunda Lia Gadis sayang selamat malam say….Mas Lathif … tolong punya Kang mas Agung diurutkan njih awit inilah bersamaan dan kesinambungan yang pas … nyuwun pangapunten njih kang mas Agung kawulo terasaken …. Tafsir Alif dan Nun yang ditulis kang mas Agung: Penggambaran Simbolis Huruf dan Alif Nun merupakan lambang sebuah perahu (syariat) dan sebuah Jiwa / individu /personal mengarungi lautan / medan ujian, kayuh / sampan (membentuk huruf Alif) kiri kanan adalah wilayah pilihan manusia (sunnatulloh adalah qadha qadar baik buruk) yang telah ditetapkan oleh Allah arti simbol Alif. Individu yang sedang menaiki perahu (simbol Nun), sampan/kayuh adalah alat/ pilihan yang akan mengerakkan jiwanya menuju 3 pilihan yaitu, pertama, arah perahu ke kiri berarti ashabul syimal/ Nun menjadi Naar/ neraka, kedua arah perahu ke kanan berarti ashabul yamin/ Nun menjadi Nur/cahaya, ketiga arah perahu tidak ke kiri dan tidak ke kanan tetapi tengah berarti sabiqunal awwalun/ terdahulu mencapai tujuan ini adalah golongan para pencinta yaitu menyembah karena kerinduan ingin bertemu dengan sang Khaliq ini adalah jawaban isyarah tersembunyi dari Husain bin Manshur al Hallaj- yaitu para nabi : Dengan simbol miim (arti bathinnya adalah sujud) yaitu Muhammad saw dan ain (arti bathinnya adalah rukuk) yaitu sayidina Ali bin Abuthalib. Huruf Nun Mengingatkan Kita juga kepada Zunnun/ Nabi Yunus as yang naik perahu di tengah lautan dan ditelan Ikan karena meninggalkan Kaum nya sebelum ada perintah dari ALLAH. Zikir Zunnun / N.Yunus doa keselamatan menghadapi medan ujian : wa dzan nuni idz dzahaba mughadziban fa dhanna an lan naqdiro alayhi fa nada fid dhulumati an laila antan subhanaka inni kuntu minadolimin fastajabna lahu wa najjaynahu minal ghammi wa kadzalika nunjil mukminina (Anbiya :87-88).
  • Abdul Lathif .
    @Salamat Malam juga : Keponakanku GADIS, mana Mas Misterr-mu…….
    @Mas Agung : Sampai bingun aku mengikuti kuliah di kelas yanh mana hehehehehehehehehe……………
  • Abdul Lathif .
    Kasinggihan Dhawuh, Mbakyu………..
  • Ayu Dewi Lestari Om lathif mas jeans pergi ke warung beli rokok ktnya
  • Abdul Lathif .
    @adis : hahahahaha………
  • Bunda Lia KESIMPULANNYA ADALAH: Tafsir Yaa Sin akan membuka rahasia huruf `MA yaitu miim dan ain seperti yang dikatakan oleh Husain bin Mansur al Hallaj: Quran dalam surat 36 adalah surat Ya Seen. ayat ke 58 dari surat Yasin adalah Salaamun Qawlam Mir Rabbir Raheem. Rahasia Ketuhanan ada dalam diri manusia, agar manusia mampu menampakkan atau men-tajallikan Ketuhanan dalam dirinya maka perintah solat (Rukuk, Sujud) adalah sarana Manunggaling Kawula Gusti dan sodaqoh ( menebarkan hasil usaha kebenaran/ pengabdian masyarakat/ agen perubahan/ social agent) kepada sesama makhluk Tuhan (kesalehan sosial) yang merupakan perwujudan dari Salaamun Qawlam Mir Rabbir Raheem Tafsir Yaa Sin adalah simbol manusia sempurna yaitu hamba yang mampu menampung rahasia Allah dan didalam sirr itu seorang penyembah dan disembah bertemu dan berdialog, ibarat sebuah pohon lengkap dengan pokoknya, cabangnya dan puncaknya. Imam al Baqir berkata: Maukah kamu akau beritahu pokok-pokok Islam, cabang dan puncaknya dan pintu kebaikan? Sulaiman bin Khalid berkata: Tentu, lalu jawab Imam al Baqir: Pokoknya adalah sholat, cabangnya adalah zakat, dan puncaknya adalah membela kaum tertindas dan menegakkan keadilan Tafsir Rukuk/Huruf Ain Etika rukuk adalah meninggikan maqam rububiyah Nya yang agung, mulia dan merendahkan maqam ubudiyah seorang hamba yang lemah, faqir dan hina. Rukuk adalah awal ketundukkan dan sujud adalah puncaknya.Yang melakukan rukuk dengan sempurna dan benar akan menemukan keselarasan pada sujud. Imam Shadiq berkata rukuk yang benar kepada Allah adalah menghiasi dengan cahaya keindahan asma Nya. Rukuk adalah yang pertama dan sujud adalah yang kedua. Dalam rukuk ada adab penghambaan dan dalam sujud ada kedekatan/Qurb dengan Zat yang disembah….
  • Bunda Lia Mas Lathif kang Dullah ini pernah kita bahas beberapa waktu yang lalu…. Copy paste…Ok….Simbol rukuk adalah hamba dengan hati tunduk kepada Allah, merasa hina dan takut di bawah kekuasaan-Nya. Merendahkan anggota badan karena gelisah dan takut tidak memperoleh manfaat rukuk. Tafsir Sujud/Huruf Mim Sujud merupakan puncak ketundukan dan puncak kekhusyukan seorang hamba, sebaik-baik wasilah taqarrub ila Allah, sebaik-baik posisi untuk mencapai cahaya-cahaya tajalli Asma Allah dan maqam Qurb dengan Nya. N. Saw bersabda : lamakanlah sujudmu, sebab tiada amal yang lebih berat dan paling tak disukai oleh syetan saat melihat anak Adam sedang sujud, karena dia telah diperintahakan sujud dan dia tidak patuh. Sujud merupakan sebab mendekatnya hamba dengan sang Kholik. Wahai orang yang beriman, mintalah pertolongan dengan sabar dan solat, sesungguhnya Allah bersama orang yang sabar (al Baqarah:153). Tafsir Salam / Huruf Yaa Sin Salam adalah salah satu nama Allah. Arti Salam dari sisi Allah adalah keselamatan zat, sifat, perbuatan-Nya. Adapun Zatnya terpelihara dari kelenyapan, perubahan dan dari segala kekurangan. Salam dari sisi Hamba adalah doa,yaitu memohon keselamatan kepada Allah untuk orang yang kita ucapkan salam / selamat dari segala cobaaan dan bencana dunia akhirat. Salam juga berarti ungkapan Kepasrahan / ketundukan kepada Sunnatulloh( Quran Hadits).
  • Bunda Lia Kang Dullah ini pernah tak wedar juga…. ingat kan dengan tulisan yang ini… harusnya masih ingat…..Menurut Imam Shadiq salam adalah orang yang melaksanakan perintah Alloh dan melakukan sunnah Rosulillah dengan ikhlas (intinya Ahad dan Ahmad), juga selamat dari bencana dunia dan akhirat. Salam juga bermakna penghormatan kepada hamba yang sholih (assalamu alaina wa ala ibadilahis sholihin) dan malaikat pencatat amal. Al Futuhat al Makkiyah, Karangan Ibnu Aroby, merujuk empat perjalanan akal dalam bab 69 tentang rahasia rahasia shalat sebagai perjalanan spiritual manusia. Perintah sholat 51 rokaat kepada Nabi Muhammad saw saat isro miroj: Tuhan memerintahkan hambaNya itu supaya setiap Muslim setiap hari sembahyang limapuluh kali. Kemudian untuk umatnya menjadi 17 rokaat wajib di lima waktu dan sisanya 34 rokaat menjadi sunah muakkad- qobliyah dan bakdiya. > Mulla Shadra dalam bukunya al Asfar al Arbaah mengatakan: Ketahuilah bahwa para pesuluk diantara orang Arif/ Irfan dan para Wali menempuh empat perjalanan akal : Perjalanan makhluk kepada kebenaran diskusi metafisika umum (min al khalq ila al Haq). Pesuluk mempelajari dasar-dasar metafisika umum dan dalilnya.pesuluk cenderung pada kajian semantik dan metafisika dasar terhadap firman Ttuhan dalam Quran. Perjalanan bersama kebenaran didalam kebenaran- pengalaman metafisika khusus dengan pengalaman pribadi (bi al Haq fi al Haq).
  • Sukma manusia jadi mempunyai:
    *–kaidah yang menentukan kepribadiannya,
    —-sifat yang menentukan kediriannya,
    —-pembawaan yang menentukan kepribadiannya,
    —-rasa yang menentukan kediriannya…sebagai benih hidup yang berfungsi dalam kehidupan, tiap…Lihat Selengkapnya
  • Bunda Lia Saya harap kalau ndak kuat jangan diteruskan ini tida bisa kalau langsung… mungkin besok saya dan mas Agung akan hadir kembali untuk melanjutkan wedaran ini… bagaimana mas Lathip 1x lagi tinggal aku ambilkan 1 kali copy paste….
  • Abdul Lathif .
    Kulo sampun mantu ngurutke kagungan Mas Agun, Mbakyu…..
    Nebggu kelanjutanipun…..
  • Bunda Lia Pesuluk akan melihat sifat dan nama-Nya yang tertinggi baik nama yang mewujudkan rahmat-
    Nya dan murkaNya. Hukum nama nama Allah ini di dalam kejamakannya akan mewujud di dalam diri pesuluk.Hal ini dikenal dengan makam wahidiyah atau tujuh substansi halus (lataif). Pesuluk akan mengalami rasa takut dan harapan (al khauf wa al raja). Perjalanan dari Kebenaran menuju makhluk (min al Haq ila al al khalq). Setelah mengalami fase peniadaan diri,pesuluk menerima karunia Tuhan dan kembali kepada kesadaran diri. Pesuluk menyaksikan penciptaan dan alam kejamakan dalam diri makhluk tetapi dengan mata yang lain, dengan pendengaran yang berbeda. Puncak perjalan ketiga membawa pesuluk menuju kesucian/Wilayah (kewalian). Perjalanan bersama Kebenaran di dalam makhluk (bi al Haq fi al khalq). Maqam penetapan hukum dan pembedaan dari baik dan buruk. Ini adalah derajat kenabian, penetapan hukum dan kepemimpinan atas umat manusia yang berhubungan dengan urusan urusan mereka yang beragam dan berbeda-beda serta bagaimana mereka saling berinteraksi satu sama lain. seorang arif tak akan bisa mencapai maqam spiritual tertinggi jika tidak memanifestasikan keimanan-puncak, yang telah diraihnya lewat dua perjalanan pertama, dalam bentuk concern sosial politik untuk mereformasi masyarakat dan membebaskan kaum tertindas dari rantai penindasannya. Tidak lain maqam penetapan hukum (legislatif) atau melibatkan diri dalam kemasyarakatan dan hubungan social, merupakan perwujudan penebaran salam kepada makhluk yaitu Salaamun Qawlam Mir Rabbir Raheem yang merupakan inti tafsir Yaa Sin. Pesanku kita orang timur, berbudayalah dengan kebudayaan leluhurmu, bukan jadi orang timur yang ke arab2an atau Ontaisme yang sok membela Agama Allah, Allah tidak butuh itu…….
  • Tiap sukma jadi punya aku-nya sendiri,aku-perincian dan tiap aku itu tentu hidup.aku manusia adalah suatu pribadi yang :
    *–berwatak,
    —berbakat,dan
    —berkehendak.
  • Aku manusia menyatakan diri dalam kehendak dan perbuatan.kehendak adalah tandanya kalau aku itu hidup.kehendak adalah saluran daya cipta manusia untuk melakukan aktivitasnya.
  • Kehendak adalah saluran yang berpangkal darii kesadaran dan akal budi.karena itu dari kehendaknya maka aku-manusia dapat dimengerti.Kehendak adalah saluran aku-manusia untuk memperistiwakan dirinya dalam perbuatan.
  • Kehendak aalah peristiwa rohani dan perbuatan ialah perisiwa jasmani dari aku-manusia.kehendak adalah buatan dan milik manusia.itulah satu-satunya buatan dan milik manusia dalam dirinya,sedang lainnya manusia tidak mampu untuk membuatnya:
    *–…SUKMA MANUSIA TIDAK DAPAT MENCIPTA,
    —-NYAWA MANUSIA TIDAK DAPAT MEMBUAT,
    —-WADAG MANUSIA KITA TIDAK DAPAT MEMBIKIN
  • AKU manusia adalah benih hidup,dan kreasinya dinyatakan dalam kehendak dan perbuatan.aku-manusia adalah aku perincian tidak kekal.kehendak manusia adalah serba -berubah .tiap kehendak meiliki sifat pembawaan dari akunya: bebas

    kehendak adalah:
    * bebas dari paksaan,tetapi
    –tidak bebas dari pengaruh.
  • Kehendak adalah buatan manusia,tetapi bebas ialah ciri pembawaan dari aku.Manusia tidak ada yang mempunyai kehendak yang tidak bebas dari paksaan.BEBAS adalah sutu penyempurnaan kepribadian:sukma manusia.Kehendak bebas manusia adalah fakta rohani .
  • Suatu fakta dalam diri tiap orang yang dapat dihayati sendiri,dan tidak dapat dibuktikan kepada orang lain.kehendak bebas manusia adalah fakta rohani dan pembuktian pribadi.
  • Mulai dari kelahiran tiap anak sudah menunjukkan kebebasan dalam kehendak-nya.kesadaran atas kehendaknya yang bebas ini merupakan pertumbuhan dalam jiwa manusia yang dipengaruhi oleh banyak unsur dalam kehidupan.
  •  dan di dalam kesadaran akan pengendalian atas kehendaknya yang bebas letak jalan hidup manusia menuju cita yang dituju.kehendak bebas adalah perisai rohani.dengan kehendaknya yang bebas tiap manusia mampu untuk menerima atau menolak setiap unsur yang akan mempengaruhi dirin-nya untuk disesuaikan dengan cita hidupnya.

  • Manusia adalah suatau kepribadian yang berdikari dan berkehendak bebas dalam hubungannya dengan kehidupan dalam alam semesta.kesadaran adalah pangkal kendali manusia atas kehendak-nya,dan berkehendak bebas dalam hubungan-nya denagan kehidupan dalam alam ssemesta.
    Kesadaran adalah pangkal kendali manusia atas kehendaknya,dan kehendak adalah saluran pernyataan manusia mengenai ketentuan hati-nya.kebebasan dalam kehendak manusia memang hanya dapat diatasi oleh kesadaran-nya,tetapi segala sesuatu yang telah disadari itu tetap ada dalam rangka kebebasan.
  •  Aku manusia adalah sadar atas kebebasan-nya dan bebas dalam kesadaran-nya,orang lain hanya dapat mempengaruhi,dan tidak dapat memaksa sesaman-nya dalam kehendak yang bebas,ini semua adalah suatu kenyataan dalam diri tiap umat.kenyataan ini se…harusnya dapat kita terima dengan segenap kerendahan hati.kehendak berasal dari aku.aku dan kehendak adalah satu,dan tidak bisa dipisahkan:
    *—aku dalam pernyataanya.
    —–aku dalam kreasinnya
    —–aku dalam pengharapannya,dan
    —–aku dalam tujuannya
  • Siapa mengerti kehendak-nya,tentu mengerti aku-nya.siapa mengerti kehendak-nya tentu berkenan kepada aku-nya.siapa yang bersatu dalam kehendak-nya juga bersatu dalam aku-nya.sebagai aku ,maka kita akan tetap terpisah tetapi didalam kehendak kita dapat bersatu.dalam rasa pribadi kehendak dapat dihayati,tetapi dalam perbuatanlah kehendak itu baru dapat dihidupi.

  • Hanya didalam perbuatan,maka kita dapat mengerti dan melakukan apa yang di kehendaki orang lain. hanya dalam perbuatan kita dapat melakukan persatuan kehendak dengan orang lain.
    Persatuan kehendak cuma bisa dilakukan dalam perbuatan yang kita hayati dan kita hidupi.untuk dapat melakukan ini,maka kita harus memenuhi tiga syarat:
    *—perbuatan harus dikehendaki,
    —–perbuatan harus dilakukan dalam realitas sekarang,
    —–peerbuatan harus bersama-sama dilakukan
  • Diriku yang sekarang adalah suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri bahwa aku adalah diriku yang saat ini sedang berbagi dengan para kekasih..di sepertiga malam ini…inilah kenyataan tentang hidup kita saat ini…maka hanya puji syukur kehadirat illahi robbi bahwa kita masih dapat bertemu dalam hablum minnnas kita..detik ini…..semoga bahagialah
  • Sang Iblis Hmmm… Wedaran yg luar biasa… Terima kasih ea Bunda… Selamat malam Bunda…. Salam Kasihku.
  • Bunda Lia Sama2 mas Arie salam kasih dariku ya mas….
  • Sang Iblis Selamat malam Mas Agung, Kang Dullah, serta semua yg hadir disini… Salam Kasih dan Hormatku Selalu.
  • Prima Selindo yuk kita beri salam pada ya musyarof ruh rembulan..ing njobo padhang mbulan kpyo rino…
  • Bunda Lia Songgo Buwono Mas Arie ijin 15 menit untuk doa sesaat ya…. tunggu aku.
  • Sang Iblis Iya Bunda aku akan dengan sabar menunggu….
  • Prima Selindo sugeng suminaring condro ing madyaning ratri kang mas arie…rahayuingkang sami pinanggih..
  • Pakpuh Tegoeh hehehe … rahat … jangan lama2 bunda … ditempatku baru jam isya’ …. hehehehe
  • Sang Iblis Pada tahap Hakikat manusia telah menyatukan dirinya dengan Tuhannya, dia mengenal Allah senyata_nyatany. Bukan saja mengenal_Nya di hari akhirat nanti, melainkan ketika masih di dunia ini juga. Bagi manusia yg mencapai hakikat maka dia akan memperoleh wujud sifat keindahan Allah. Hidupnya akan terasa bahagia, meskipun harta benda hanya pas_pasan. Harta benda diperlukan hanya untuk memberikan kemudahan dalam hidupnya di dunia. Namun, kebahagiaannya sendiri bukan karena harta bendanya itu. Kita akan kecewa bila menggantungkan kebahagiaan pada pemilikan harta benda. Karena eh karena semua yg ada di dunia ini maya. Seandainya harta benda itu tampak tetap tak berubah maka kitalah yg berubah. Ketuaan kita akan mengikis kebahagiaan yg dipancarkan oleh harta benda. Seandainya kita merasa tetap-tak merasa tua-maka perasaan kita terhadap harta benda itu sendiri yg berubah. Inilah hukum kepuasan! Jika semula puas dengan satu mobil, lain waktu mungkin puas dengan dua mobil, dan seterusnya, dan seterusnya… Salam Kasih.
  • Eko Sutrisno Semakin menuju cahaya semakin aku silau dan semakin aku bodoh….
  • Sang Iblis Salam hormatku Mas Agung… Semoga Allah melimpahkan segala Rahmat dan berkahnya untuk kita semua…. Amin.
  • Prima Selindo amien..kang mas arie..
  • Sang Iblis Selamat malam Pakpuh Tegoeh… Salam Hormat & Jabat Erat.
  • Prima Selindo @ kang mas eko..salam rahayu…
  • Pakpuh Tegoeh salam hormatku mas arie …
  • Mavi Marmara sugeng dalu sdoyo mawon, nderek sinau… Nyuwun ngapunten telat…
  • Sri Kandi PADANGE SURYO WUS MANJENG DIAJENG,
  • Sri Kandi ELING ASMORO DONO KANG ISINE ING NGISOR IKI PATUT KANGGO NIRO.Akeh ngelmune hyang widhi, mangkono ngibaratiro, banyu jaladri lir mangsen, kayu donyo dadi kalam, godhong kareto siro, ngelmune hyang luwih agung, kurang papan mangsi kalam-
    Jur sijine -Lawan akeh kawruhneki, donyo kang kanggo tetulak,ing projo , ing deso reke Kabul sepining katrimo, nanging prapteng samankya, muride tan ana tiru, mung berkahe isih ngambar.
    RAHAYU-RAHAYU RAHAYU.
  • Bunda Lia Mas Eko Sutrisno matur sanget nuwun njih mas Nyuwun tambah pangestu…. Nuwun.
  • Bunda Lia Mas Marmara… makasih mas… salam kasih.
  • Bunda Lia Mbak Yu Srikandi… sungkem kulo punjuk ngersaning mbak yu ugi poro sepuh rombongan tiang sepah kang kesdih – winasis… sakestu sembah bektos kawulo… Rahayu3x.
  • Bunda Lia Kang Dullah wis umbah2 kang.
  • Alam Malaqut ..Sungguh wedaran yg menambah ziadah takwa dan hazanah kehidupan yg sejati ing sejatining Urip..Sungkem dalem Budhe Srikandi kalian Mama kulo haturaken wonten ngarso panjenengan,ugi salam Hormat dumateng mas Agung Pambudi lan Abah Ali,mas Jeans,mas arif,mas abdul ,pak puh lan sedoyo mawon rahayu3x

Posted on Juni 11, 2013, in Tulisan Bunda Lia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: