Pemandangan di Bawah Permukaan Air Laut. (Sebuah Refleksi Diri)

Pemandangan di Bawah Permukaan Air Laut. (Sebuah Refleksi Diri)
oleh Bunda LiaPemandangan di Bawah Permukaan Air Laut.

(Sebuah Refleksi Diri)

Manusia terkadang tersandung kebenaran. Tetapi kebanyakan dari mereka segera berdiri dan bergegas pergi, seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Ketika kubenamkan kepalaku dalam-dalam, ke bawah permukaan air laut.Kulihat banyak ikan menari-nari, berenang kian kemari

Dengan berbagai bentuk nan elok berwarna-warni.

Sungguh sangat mempesona hati…

Karena kekaguman dalam hatiku,

Hingga tak kusadari situasi saat itu.

Aku tak bisa menarik napas…,

Bahkan mengeluarkan suara di sana…

Di bawah permukaan air laut.

Ketika kubuka bibirku…,

Sangat terasa asinnya air laut,

Yang menjalar ke seluruh lidahku….

 

Aku sadar… ini bukan alamku…

Meskipun aku pandai berenang,

Tak mungkin aku mengajari ikan-ikan itu berenang….

Karena mereka lebih pandai dariku…

Tak kan ada gunanya aku menaburkan gula di laut,

Karena asin adalah dunia mereka…

Dan ikan-ikan itupun menikmati dan membutuhkan…

Asinnya air laut.

—————

Bila ada orang yang mau menunjukkan bahwa aku keliru dalam pemikiran dan tindakan, maka aku akan berubah dengan senang hati.

Aku mencari kebenaran yang belum pernah menyakiti siapapun.

Hanya fantasi diri dan kebodohan lah yang selalu menyakiti kita.

—————- 

 

Tulisan ini aku buat saat hatiku sedang sedih. Setidaknya tulisan ini bisa meluapkan seluruh keresahan dan kebimbangan dalam hatiku. Dan kesedihan itu berangsur hilang.

Aku ingat perjalanan, tugasku …sepanjang waktu…

kita harus jujur pada diri sendiri, juga pada siapa saja...

 

 

 

Batal Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Promosikan · Bagikan
  • Putrie Ragiel Trisno Mat malam minggu buat semuanya..malam Bunda..Muaaaach…nuwun..
  • Siwi Marthin Selamat malam bunda Lia. Kadang orang lain melihat kita terlalu kuat,seakan tak ada keresahan dan masalah. Padahal sama saja dng yg lain tetap punya masalah yg berat kita pikul sendiri. Kita memang harus jujur dng diri sendiri sbg manusia biasa yg masih terdiri dari darah,daging dan nafsu. Kalo seluruh masalah ke org lain..apakah ada yg percaya?
  • Bunda Lia Introspeksi diri kang Dullah he he he … lagi tangi aku kang…
  • Siwi Marthin Selamat malam kang Dullah,Putri. Selamat malam minggu.
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ selamat malam BundaLia, salam kasih selalu, rahayu.
  • Putrie Ragiel Trisno Tante Siwi sugeng dalu salam buat keluarga mat berkumpul sama mereka…lop u Tante….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ selamat malam Kangdullah dan semua keluarga besar Songgo Buwono. semoga berkah selalu dan damai sejahtera. rahayu.
  • Siwi Marthin aku wis sehat kang,cuma sikil bola bali kram. lg leyeh2 aku lha hp rada error dichas ra mlebu wae ket mau esuk.
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ menyelami lautan, merasakan asinya, berbaur dan bercengkrama dgn jutaan ikan, suatu permasalahan yg penting di kaji,,,
  • Siwi Marthin hi..hi ngenteni ana rejeki ganti. hi..hi
  • Ariyo Hadiwijoyo bener skali bunda…kjujuran utk saat ini harganya sangat mahal ,,,anehnya malah bnyk penggemarnya dinegara kt…salam bunda…
  • Bunda Lia Jeng Putrieku….. malam sayangku….
  • Bunda Lia Mas Mukhtarku…
  • Bunda Lia Mas Ariyo malam mas…
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ sembah matur BundaLiaku, ada apa Diajeng?
  • Bunda Lia Kok agak malas ya mas Mukhlas….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ aku sdng ada obrolan kecil di rumah teman Bunda, mhn maklumnya, heheheheeee
  • Siwi Marthin ha….ha.ra papa lah kan dadi ngetop. ha..ha…
  • Sang Iblis Hmmm… Mantap dech…. Selamat Malam… Salam Kasihku.
  • Bunda Lia Mbak Siwi aku lagi malas pol…
  • Awan Baraya Full terkadang kebenaran tidak selalu membawa pd kebaikan,tp terkadang kebaikan selalu mendapatkan pembenaran,itulah perjalanan hidup yg kurasakan hingga saat ini…
  • Bunda Lia Mas Arie malam mas… lagi malas banget nih mas….
  • MasTebe Budiharto Sugeng ndalu Bunda Lia ..sampun saras kados wingi uni maleh to?…wah baground air laut warna abu2 membuat hati sy jadi sedih Bunda…sunyi..sepi…kosong..pucat…sy jadi ingat kedua ortu sy yg tlah tiada ..sodara kandung pun semua sdh mendahului sy..tak ada lagi keceriaan dan canda tawa di kehidupan sy …
  • Bunda Lia Mas Awan selamat malam salam kasih mas.
  • Bunda Lia Mas Tukribo jangan sedih ya kan ada aku mas… aku kan saudaramu…. akupun sedih kok mas saat ini….
  • Alam Malaqut Sugeng dalu Mama sayang…tautan Mama malam ini sungguh indah ..yara turut muhasabah diri Mama..ngaturaken sungkem dalem …I love u Mama
  • Alam Malaqut Salam santun dan sejahtera kepada Ibu siwi,mas Muchrat ,Abah Abdullah Ali,mbk putrie ,mas ariyo…rahayu wilujeng
  • Bunda Lia Kyara say… malam say…
  • Alam Malaqut Mama sayang…
  • Alam Malaqut mas Arie sugeng dalu
  • Bunda Lia Baiklah … aku menulis dan membuat catatan diatas…. walau badan terasa lelah sakit ragaku dan tenagapun masih lemas kita mulai dari kemana arah kita dengan status kita…. Ok… Bismillahirahmanirrahhim….
  • Alam Malaqut dalem aturi Mama..muhasabah yg penuh hikmah..insyaAllah
  • Alam Malaqut Injih To Abah…hehhee…dalem persani rumiyen ..penampakan menopo Abah?
  • Bunda Lia Mulat sariro hangroso wani adalah berani melihat diri kita sendiri dengan segala kekurangannya dan selalu siap mendapat kritik dari siapapun dan kapanpun.Dalam ajaran islampun diajarkan bahwa sebagai umat yang lemah ini hendaknya kita selalu bermuhasabah.Sampai dimanakah perjalanan hidup kita? Sudah benarkah perilaku kita, akhlak kita, tuturkata kita dll.Karena manusia adalah makhluk yang paling sempurna, hingga sering ada yang bilang bahwa kita ini wakil Allah di bumi ini atau juga Tuhan yang bertajali…
  • Alam Malaqut Namun kadang manusia tidak bisa menempatkan sifat kesempurnaanya yg seharusnya mempunyai sifat kasih sayang terhadap semua makhluq(yafaqoh) …tapi mereka mencela dan menghujat hanya berdasarkan syar’i tanpa pemahaman dari hakekatnya…nyuwun petunjuipun Mama..em
  • Alam Malaqut Abahhh …hehhee gendruwo meniko njih kedah diajak salaman …kan kita sama2 hamba Allah…saling silaturrohmi gitu lo Bah..hehe
  • Bunda Lia Wis to kang ojok guyon ndisik ngewangi aku to…. medar kae… nek enek pitokon wangsulono aku tak ngurusi wedaran….. yo tak terusake yo kang… Sang Insan Kamil, yaitu manusia yang telah berhasil mengalahkan hawa-hawa nafsunya, yaitu manusia yang benar-benar tau visi misinya hidup di dunia ini.Syarat awalnya adalah membiasakan instrospeksi diri(mulat sariro hangroso wani) baik untuk sesuatu yang mau dikerjakan atau yang telah dikerjakan.Dengan selalu bermuhasabah maka, kedisiplinan, kesabaran, kejujuran dll akan datang dengan sendirinya, Amiin.
  • Alam Malaqut Injih Mama..dalem midangetaken…
  • Sang Iblis Selamat malam Kang Dullah, Kyara… Selamat bermalming ea… Salam Kasih Dan Hormatku.
  • Koko Puspo Handokoningrat Ana sajroning biruning tirta samudra..ana biruning angkasa ..sugih banda bebayani sugih budi migunani,biruning sukma ana jroning birune kalbu…lumeber ing sih katresnan, jero lan jembar kayadene langit lan segara…”Wilujeng Ndalu Kekasih saha para kadang kinasih sadaya…rahayu3X
  • Koko Puspo Handokoningrat Ana sajroning biruning tirta samudra..ana biruning angkasa ..sugih banda bebayani sugih budi migunani,biruning sukma ana jroning birune kalbu…lumeber ing sih katresnan, jero lan jembar kayadene langit lan segara…”Wilujeng Ndalu Kekasih saha para kadang kinasih sadaya…rahayu3X
  • Alam Malaqut Sugeng Dalu Bpk Koko…Rahayu3x
  • Alam Malaqut Injih Abah..masyaAllah…klo ego sudah menguasainya ,tak terasa kesombongan menguasahi ..maka menang sendiri lah isinya..maka wedaran mama malam ini InsyaAllah akan menambah kita menjadi org yg tawakal dan menuju ziadah dan hasanah kehidupan yg mulya dunia Akhirat..amien
  • Alam Malaqut Sugeng dalu MasJeans..rahayu wilujeng
  • Bunda Lia Sekian banyak kata dan kalimat terbaca olehku, masih saja tetap belum kutemui pencapaian maksud yang sejati. Karena keterbatasan ukuran yang telah ditetapkan kepadaku menuntutku untuk terus belajar membaca apa yang terlihat oleh seluruh inderaku. Alangkah sombong aku apabila menelan bulat-bulat pendapat yang ada dikepalaku sementara aku dianugerahi alam kehidupan bersama individu-individu yang berwarna warni. Aku hanya ingin mulutku tetap tersenyum bersama hatiku dengan apapun kalimat yang kukejar dan yang menghampiriku. Ibarat sebuah Puzzle, kalimat tersusun dari sekian banyak perbendaharaan kata yang tergambar beraneka macam maksud dan tujuan sang perangkainya, objective pemahamannya akan selalu muncul mengiringi pola pikir masing-masing individu. Proses kehidupan berbeda-beda, cara menerima dan menyimpulkannyapun belum tentu sama, sadar dan tidak aku terjebak dalam penjara buatanku sendiri. Sesuatu yang ada dihati tidak semuanya bisa diungkapkan dengan sebuah susunan kalimat, saat sebuah keinginan kumaksudkan menjelaskan siapa aku, yang tertulispun belum tentu dapat mewakili yang terlintas hanya “diamlah tunduklah, janganlah membohongi apa yang engkau tidak tahu semakin banyak engkau menerka-nerka semakin terlihat ketidakjujuranmu”
  • Misterr Jeans Sang Kinasih Sugeng ndalu Ibunda, Abah Ali, Mas Arie, Mas Koko, Kyara lan kgem sdoyo kemawon.. Mugi karahayon tansah amberkahi kito sdoyo.
  • Alam Malaqut hehehehehhehe..Abah ..takuttttttttttttttt…
  • Alam Malaqut Kiranya menjadi gendruwo Allah menjaminkan ampunan-NYA..akan saya labuhi Abah…tapi Bah……
  • Misterr Jeans Sang Kinasih Mlam jg Yara.. Mat malming ya.. Adikq Gadis kmana nih Yara kok lum nongol… Hehehe..
  • Bunda Lia Cobalah mengingat 20 sifat, aku rasa setiap orng tau 20 sifat itu.
  • Alam Malaqut Wujud .qidam ,baqo’mukholafatul lilhawadsisi…dan seterusya sampai 20??..leres npo mboten Ma?
  • Alam Malaqut Mas Jeans ..gadis masih njemput anak2 di airport mungkin
  • Alam Malaqut Mas Agung ..ngaturaken sugeng rawuh lan sugeng dalu..rahayu wilujeng
  • Alam Malaqut Mboten Nopo2 bah…itupun juga pameling buat Yara..tuk lebih dalam lagi muhasabahnya..
  • Misterr Jeans Sang Kinasih Bah Ali.. Malming ten Malioboro nopo ten Pendoponipun Ibunda mawon jeh enak,e niki… Nanda derek mawon.. Hehehehe..
  • Bunda Lia Kyara he he he…. ada orang yg mengaku agama Islan tapi tidak tau
    Sifat 20 Bagi ALLAH… makanya kita kalu medar harus gamblang dan lengkap biar semua tau dan paham.

    Sifat-sifat Allah yang wajib diketahui oleh orang-orang Islam yang terkandung di dalam al-Quran berjumlah 20 sifat. Termasuk juga sifat-sifat Mustahil yang wajib diketahui.

    1
    SIFAT WAJIB : WUJUD
    MAKNA : Ada
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu ada. Mustahil Allah itu tiada.

    2
    SIFAT WAJIB :QIDAM
    MAKNA : Sedia
    SIFAT MUSTAHIL : Allah itu sedia ada. Mustahil didahului oleh Adam (tiada)

    3
    SIFAT WAJIB : BAQA
    MAKNA : Kekal
    SIFAT MUSTAHIL : Allah itu bersifat kekal. Mustahil ia dikatakan fana (binasa)

    4
    SIFAT WAJIB : MUKHALAFATUHU LILHAWADIS
    MAKNA : Tidak sama dengan yang baharu
    SIFAT MUSTAHIL : Allah itu tidak mempunyai sifat-sifat yang baharu yakni dijadikan dan dihancurkan. Mustahil bersamaan dengan yang baharu.

    5
    SIFAT WAJIB : QIYAMUHUU BINAFSIH
    MAKNA : Berdiri dengan dirinya sendiri
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu bersendiri. Mustahil tidak berdiri dengan dirinya sendiri atau berdiri pada lainnya.

    6
    SIFAT WAJIB : WAHADAANIYAT
    MAKNA : Esa
    SIFAT MUSTAHIL : Allah itu Maha Esa Dzat-Nya, Esa sifat-Nya dan esa juga perangai-Nya. Mustahil ia mempunyai Dzat, sifat dan perangai yang berbilang-bilang.

    7
    SIFAT WAJIB : QUDRAT
    MAKNA : Kuasa
    SIFAT MUSTAHIL : Alah Taala itu Maha Berkuasa. Mustahil Allah itu lemah atau tidak berkuasa.

    8
    SIFAT WAJIB : IRADAT
    MAKNA : Menentukan
    SIFAT MUSTAHIL : Allah itu Menentukan segala-galanya. Mustahil Allah Taala itu terpaksa dan dipaksa.

    9
    SIFAT WAJIB : ILMU
    MAKNA : Mengetahui
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu amat mengetahui segala-galanya. Mustahil Allah tidak mengetahui.

    10
    SIFAT WAJIB : HAYAT
    MAKNA : Hidup
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu sentiasa hidup yakni sentiasa ada. Mustahil Allah Taala itu tiada atau mati.

    11
    SIFAT WAJIB : SAMA
    MAKNA : Mendengar
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu tidak tuli (pekak). Mustahil Allah tuli atau tidak mendengar.

    12
    SIFAT WAJIB : BASAR
    MAKNA : Melihat
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu sentiasa melihat. Mustahil Allah Taala itu buta.

    13
    SIFAT WAJIB : KALAM
    MAKNA : Berkata-kata
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu berkata-kata. Mustahil Allah Taala itu tidak bercakap atau bisu.

    14
    SIFAT WAJIB : QOODIRUN
    MAKNA : Maha Kuasa
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu amat berkuasa sifatnya. Mustahil bagi Allah memiliki sifat lemah atau tidak berkuasa.

    15
    SIFAT WAJIB : MURIIDUN
    MAKNA : Menentukan
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu berkuasa menentukan apa yang dikehendakinya. Mustahil sifatnya terpaksa atau dipaksa.

    16
    SIFAT WAJIB : AALIMUN
    MAKNA : Maha Mengetahui
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu maha mengetahui. Mustahil Allah Taala itu jahil atau tidak mengetahui.

    17
    SIFAT WAJIB : HAYUUN
    MAKNA : Hidup
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu Maha Hidup dan menghidupkan alam ini. Mustahil pula Allah itu mati.

    18
    SIFAT WAJIB : SAMI’UN
    MAKNA : Mendengar
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu maha mendengar. Mustahil jika Allah Taala tidak mendengar atau tuli.

    19
    SIFAT WAJIB : BASIIRUN
    MAKNA : Melihat
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu melihat semua kejadian di muka bumi. Mustahil jika sifat Allah itu tidak melihat atau buta.

    20
    SIFAT WAJIB : MUTAKALLIMUN
    MAKNA : Maha Berkata-kata
    SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu berkata-kata. Mustahil jika Allah Taala bisu atau tidak boleh berkata-kata.
  • Prima Selindo hampura -sun..sugeng sumunaring condro ing wayah ratri ingkang tansah sumunar ing saklebeting dodho..salam ugi katur dumateng sedoyo kadhang kinasih wasis kakung miwah putri -poro sepuh lan pinisepuh ingkang sami lenggah ,sluku ,utawi timpuh..rahayu sagung dumadi……diajeng ayu..pun kakang nderek lelengahan nyemak kanti prayogi yo dhi……….
  • Bunda Lia Mas Agungku… gantian mas aku lagi rada ndak enak badan ki…. giliran mas Agung ya mas… Mulat sariri hangroso wani….
  • Alam Malaqut Subhanallah…Mama sayang…itulah yg dimaksudkan oleh Abah Ali….tampak ada dimana2 ..ada sedang maksiyat,ada sedang memuji ..muara centralnya hanyalah Allah dari-NYA…didiri yg takwa..Ya Allah Ya Allah Ya Allah Ya Kariimmm….
  • Alam Malaqut Mama istirahat rumiyen Njih…MONGGO MAS AGUNG DIPUN TERUSAKEN…
  • Misterr Jeans Sang Kinasih Jeh pun Bah.. Nanda tak derek jenengan mawon ngapeli Ibunda.. Hahahaha..
  • Misterr Jeans Sang Kinasih Sugeng ndalu Kang Mas Agung.. Mugi kwilujengan tansah amberkahi.
  • Alam Malaqut Abah…mama sampun didelik’aken njih..hmmm
  • Prima Selindo duh diajeng meniko nembe rawuh kok… njih mongggo sami sami..diajeng mugi dalu meniko saget kawedar
  • Alam Malaqut Mas Agung ..Sumonggo dalem rantos wedaranipun…Supaya Mama bisa istirahat dulu…
  • Prima Selindo intropeksi diri..atau kaji diri…mempunyai makna yg selaras dengan man arofa nfsahu…mengenal diri….
  • Alam Malaqut Abah…Alhamdulillah
  • Prima Selindo salam rahayu kakang mas abdullah kang kinasih….
  • Prima Selindo salam sejahtera kyara dewi..semoga selalu bahagia ya..
  • Prima Selindo kakang mas zaedin..salam takzimku kang mas…
  • Prima Selindo sugeng ndalu kakang mas jeans kang kinasih….salam rahayu..
  • Prima Selindo salam rahayu kang mas arie irfan…semoga bahagia selalu…
  • Prima Selindo salam sejahtera kakang mas koko kang kinasih…salam takzimku..mugi tansah pinarngan rahayu…
  • Prima Selindo salam rahayu saudaraku kiut…salam sejahtera….
  • Prima Selindo bila melihat laut..teringat akan sebuah ayat yang menggambarkan betapa luasnya ilmu ALLAH yg tergelar….tersebut didalam surah al kahfi 2 ayat terahir..
  • Bunda Lia Adalah usaha manusia untuk mencari jati dirinya, atau mengetahui sangkan paraning dumadi, sehingga lahir metode-metode yang baru-baru ini digolongkan menjadi teknik konvensional dan teknik yang modern.Dulu di daerah timur tengah banyak terlahir tarekat-tarekat sedangkan di bumi nusantara melahirkan aliran-aliran kebatinan, yang intinya adalah bermuara pada pencirian jati diri manusia. Referensi dalam rangka pencarian jatidiri ini bisa diambil dari kitab-kitab suci maupun dari pengalaman-pengalaman saat menjalani suluk.Ketika pertama-tama berlatih tafakur dan tahanust dulu, saya sering melihat sosok-sosok yang mengerikan. Pernah ketika baru posisi ruku’ tiba-tiba didepan saya lewat bayangan seekor ular yang besar sekali, juga sewaktu tafakur tiba-tiba ada orang setinggi rumah lewat didepan saya. Saya sendiri tidak pernah memusingkan dari mana dia datang dan siapa dia sebenarnya, mereka selalu saya fahami bahwa semua itu adalah potret-potret diri saya sendiri atau bagian kita sendiri. Karena dengan begitu, kita akan selalu ingat bahwa kita ini makhluk yang lemah yang sering berbuat kesalahan-kesalahan atau kesombongan’
  • Prima Selindo قُل لَّوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَاداً لِّكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ أَن تَنفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ مَدَداً

    18.109. Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)”…
  • Prima Selindo setiap kehidupan yang mawana tentu mempunyai alamnya masing masing…baik itu kehidupan mahkluk didaratan diudara maupun dilautan…masing masing dengan dunianya..(alamnya)….tiadalah kita mengetahui ..bagaimana hakekat dari suatu keadaan kehidupan mahkluk mahkluk tersebut tanpa kita menyelami dan memasuki alam dari kehidupannya itu..
  • Bunda Lia Kang Dullah… mulane kang neng Songgo Buwono ki ra onok Ilmu … anane ilmu tanpo tinulis yo kuwi ilmu titen…. ilmu titen, namun tentu saja ilmu titen yang memang didasari oleh riset yang valid dan akurat. Teknik ini bukan berarti untuk mencari borok-borok atau mencampuri urusan orang lain, namun dimaksudkan dengan mengetahui sedini mungkin karakter orang lain atau kelompok masyarakat dimanapun kita tinggal, kita akan gampang menyesuaikan diri atau adaptasi sehingga tidak menimbulkan masalah atau kontra…. umpamane aku mbok apusi… aku ra muni tur ora negiu … ning tak titeni mbesok2 e yo tak titeni dewe nek awakke ora keno tak percoyo ngono…. iki mung contoh loh kang….
  • Bunda Lia La iyo to kang Dullah la arep piye… nek tak pikir pakai logika memang ngono luwih enak to kang Dullah…
  • Prima Selindo didalam olah kepribadian..diterangkan….jika hakekat seluruh alam adalah diri kita..maka tiada yang diluar itu…memahami yang dluar itu hakekatnya adalah memahami yang di dalam diri ini…..
  • Bunda Lia Biarlah orang menyakiti aku… biarlah orang bersandiwara didepanku yang penting awakke dewe duwe ilmu yokuwi ILMU TANPO TINULIS yokuwi ILMU TITEN….
  • Prima Selindo owah gingsirnya bathin kita sangat berpengaruh pada kehidupan ARASY-mikro dan makro-kosmos ..jagad agung ..jagad alit..dialam raya ini..
  • Bunda Lia Orang yang pandai membawa diri itu orang yang bisa menyatu, melebur, dan meleleh, memahami situasi dan kondisi, selaras dengan suasana disekelilingnya tanpa meninggalkan sopan santun. Peribahasanya orang yang pandai mempercantik diri, jangan hanya terfokus dengan keindahan pakaian saja. Namun dapatlah selalu berusaha bermuka ramah dan tutur kata manis tanpa meninggalkan perilaku yang lembut dan pantas… lak yo ngono to kang Dullah… ra jawab2 ki lemot maneh po…????
  • Bunda Lia Kiut say… tidak ada apa2 tenang saja say…
  • Prima Selindo Sinambi nyruput wedhang kopi….kalem kalem mawon njih….
  • Bunda Lia Kang Dullah… Kiut… mas Agungku…. mas Jeans dan Kyara…..
    Melakukan kebaikan tidak harus mengeluarkan beaya, namun dapat dilakukan dengan perbuatan-perbuatan lain yang sebenarnya banyak sekali caranya. Asal bisa membuat senang dan tenteram orang lain, umpama saja dengan bermuka ramah serta bergaul dengan hangat, bisa beradaptasi di tengah pergaulan, dan dapat menjadi percontohan perilaku yang utama. Semua itu termasuk berbuat kebaikan yang nilainya melebihi sedekah harta yang diberikan ataupun yang dipinjamkan, apalagi disertai dengan pamrih……. la yo ngono to ???
  • Bunda Lia Kiut ini ada kang Dullah dan mas Tutur disini… kesinilah say…. Ok Kiut Bunda teruskan lagi ya say….
    Bila kita akan berembug, pikirkan terlebih dulu kata-kata dan kalimat yang akan kita ucapkan. Apakah sudah memperhatikan 3 kaidah penting; benar, manis, bermanfaat. Walau begitu, yang benar itu masih perlu ditimbang lagi, jika mengakibatkan masalah untuk orang lain lebih baik urungkan. Lain halnya dengan tutur kata manis, tidak punya pamrih, pamrihnya hanya dapat membuat bahagia orang lain, akhirnya bermanfaat untuk kehidupan bersama…. lak yo ngono to kang Dullah….
  • Bunda Lia Wis tolah kang … ra nyemlongin … mengo tak paesi ben ora mrengut…. Kang tak teruske yo kang….Banyak bicara untuk menghidupkan suasana pertemuan memang baik, namun bicara hanya untuk mencari perhatian dan simpati pada diri sendiri, akan sering lepas kontrol dan membuka aib diri sendiri. Sudah seberapapun orang terpeleset hidupnya hanya gara-gara gemar membual. Maka sebaik-baiknya orang itu bukan seperti orang yang diam, namun diamnya orang yang memiliki bobot yang dapat menjadi tempat yang tepat bagi orang yang membutuhkan nasehat dan petunjuk….
  • Prima Selindo menyelam sedalam dalamya kedalam samudra minang kalbu..yang didalamnya terdapat beraneka ragam kehidupan mikro makro kosmos mahkluk segenap sagung dumadi…mencebur kedalamnya dan luruh bagai menyatu mampu lebur didalam setiap kehidupan..betapa kita semakin mampu mengenal diri kita yang hakekatnya adalah hidup didalam semua kahanan…
  • Bunda Lia Dalam dunia pergaulan seyogyanya menghindari sifat sombong dan watak yang selalu membesar-besarkan diri sendiri. Sifat dan watak tersebut biasanya menimbulkan perasaan tidak rela jika menemukan orang lain yang lebih dari dirinya. Maka alangkah baiknya bilamana siapapun yang merasa paling pinter, paling kaya, dan paling berkuasa hendaklah mengendapkan hati, mengheningkan cipta, bahwa sebenarnya masih ada lagi yang Maha Pandai, Yang Maha Kaya, Yang Maha Tinggi. Dengan begitu sikap mentang-mentang dan takabur yang menjadi batu sandungan dalam pergaulan akan menyingkir…
  • Prima Selindo setiap sesuatu yang nampak dihadapan kita ..hakekatnya gambaran pancaran wujud dari sebagian pribadi kita yang nampak …bagai bercermin didalam diri …CERMIN DIRI akan kembali memantulkan biasnya sesuai dengan owah gingsirnya bathin kita….
  • Bunda Lia Bila hatimu sudah bertekat bulat akan berbuat kebaikan untuk kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat, jangan hiraukan kekhawatiran akan tuduhan buruk yang tidak benar. Landasilah dirimu dengan dada yang lapang, hati yang sabar, supaya dapat menumbuhkan besarnya wibawa dan sirnanya semua keburukan…
  • Prima Selindo proses kenal diri dalam setiap individu (pribadi) sangatlah berlainan …dan mempunyai jalannya sendiri sendiri….satu misal..kandjeng ROSUL..sering meninggalkan rumah berkhalwat pergi untuk waktu beberapa lama…tafakur dan tadabur di GOA HIRO…….karna faktor alamnyanya yg gersang dan kehidupan masyarakatnya yg super jahiliyah….bathinya resah akan suatu keadaan yg demikian…maka mulailah ia pamit istrinya yang tersayang…wanita kaya dan terhormat dikalangan suku quraisy…….KHODIJAH…yang sangat sayang sayang pada suaminya yg mempunyai BUDI PAKERTI YG LUHUR…..ia merelakan kepergian suaminya tercinta untuk menemukan sebuah jawaban UNIVERSAL dari kondisi lingkungan dan alam dimana ia hidup.
  • Bunda Lia Tutur kata yang keluar secara tertata runtut yang berupa nasehat tentang ajaran yang baik, nilainya memang melebihi emas perhiasan, dapat menggugah budipekerti dan menghidupkan fikiran. Tapi perhatikanlah, bahwa semangat berfikir dan hidupnya jiwa itu tidak dapat hanya sekedar dibangun melalui tutur kata saja. Yang lebih penting yakni tutur kata yang dibarengi perbuatan sebagai suri tauladan.
  • Bunda Lia Lebih baik bersikap merendah daripada unjuk kepandaian yang kenyataannya masih mengecewakan sekali. Unjuk kepandaian itu sesungguhnya hanya untuk menutupi kebodohannya, semua itu karena perasaan khawatir dan was-was pabila ada orang lain yang mengunggulinya. Tabiat seperti itu menjadi salah satu godaan yang hanya akan menghambat kemajuannya sendiri dalam pergaulan…..
  • Prima Selindo di dalam GOA HIRO ..itulah seorang hamba mencapai puncak sholatul ilmi..kesadaran semesta tentang kehampaan diri…ia mulai membaca diri…siapa AKU ..
  • Bunda Lia Siapa yang tidak suka jika mendapat pujian. Tetapi tumbuhnya pujian itu tidak mudah. Harus ditempuh melalui perbuatan yang baik dan bermanfaat buat orang banyak. Jika hanya ditempuh dengan harta, pujian hanya sampai di bibir saja tidak menyentuh di hati. Jika ditempuh dengan perbuatan demi pamrih, di belakangnya hari akan tersingkir dan disingkirkan dalam pergaulan…..
  • Bunda Lia Kenyataannya banyak orang yang suka mencela orang lain dan memuji diri sendiri ? Sebabnya tidak lain karena orang-orang seperti itu tidak peduli bila perbuatan itu termasuk watak yang tidak terpuji, makanya perlu diperingatkan. Sebab bila tidak segera menghindari watak yang tidak baik itu, berakibat dia sendiri akan dijauhi dalam pergaula….
  • Prima Selindo PANGERAN SIDHARTA GAUTAMA….meninggalkan kemegahan istananya….hidup sederhana..mencari jati diri tentang hakekat hidup yg sebenar benarnya…..telah sampailah ia ..menemukan POHON BODHI.(BUDI PAKERTI YANG LUHUR)-ahklakul karimah….mencapai puncak shoaltul ilmi…kehampaan diri…didalam semedhi nya….ia telah mencapai alam ketuhanan..dengan sempurna…..
  • Bunda Lia Menggapai keluhuran artinya berupaya meraih tataran hidup yang lebih tinggi. Luhur lahir dan batinnya, bermanfaat untuk diri sendiri juga berguna untuk keharmonisan dalam pergaulan. Namun bila mandeg salah satunya, artinya pincang. Bila hanya mengutamakan keluhuran lahir sama halnya mengejar derajat dan pangkat, mudah goyah (plin-plan) mudah terpengaruh oleh kemewahan dari luar. Bila menyepelekan keluhuran batin saja, jelas tidak mematuhi hakekatnya sebagai manusia, karena tidak mengindahkan kaidah pergaulan. Berarti tiada guna hidup di dunia…
  • Bunda Lia Barangsiapa merasa memiliki kesalahan, jangan malu merubah kesalahan yang sudah kadung terjadi. Sedangkan mengakui kesalahan sudah jelas bukan perbuatan hina, namun malah menunjukkan watak yang utama yang tidak mudah dilakukan sementara orang. Orang yang sudah memiliki watak bersedia mengakui kesalahannya adalah pantas disebut orang yang jujur serta mendapat anugrah menjadi orang yang luhur budi pekertinya.
  • Bunda Lia Manusia itu hidup sebisanya menguasai kemerdekaan lahir dan batin. Kemerdekaan lahir artinya dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari hasil dari keringat sendiri, dan hasil dari jerih payah sendiri tidak tergantung pada orang lain, serta tidak menjadi beban bagi pihak lain. Sedangkan kemerdekaan batin adalah dengan cara menyingkirkan hawa nafsu, jauh dari kehinaan dan kenistaan budi pekerti, tiada berpamrih dan iri dengki, serta setia dan patuh kepada kaidah kerukunan hidup…
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ sdh sampai di laut mana nih Ang Dullah? *TANAYA KANG BARIDIN RADA BINGUNG, glek gkgkgkgkgkkkk
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ aku pinginnya malam minggu penuh kopi dan goreng pisang Maskiut, glek gkgkgkgkgkgkkkk
  • Bunda Lia Apabila ingin dihormati sesama, jangan suka berkoar-koar, apalagi sampai pamer kebisaan dan kelebihanmu. Penilaian orang lain (padamu) sesungguhnya tidak perlu kita kejar, karena akan datang dengan sendirinya. Menunjukkan kepandaian memang harus bisa melihat situasi dan kondisi. Maka seyogyanya rahasiakan jangan sampai orang lain dapat menjajagi. Namun pada saatnya menghadapi pekerjaan berhasil menuntaskan..
  • Ayu Dewi Lestari Assalamualaikum Mama,,,,,HAPPY MOTHER DAY,,,,ILOVE U MAMA,,,,
  • Prima Selindo KANDJENG SUNAN KALI….mencapai puncak sholatul ilmi….tatkala menunggu tongkat SUNAN BONANG..beliau tertidur bagai ashabul kahfi untuk kurun beberapa lama…itupun didalam perjalanan awal hidupnya..ia resah melihat kenyataan rakyatnya yg tertindas dan hidup didalam garis kemiskinan..bahkan beliau sempat dihukum oleh kedua orang tuannya…dan diusir dari rumah…..jangan kau kembali wahai anakku ..sebelum engkau mampu mengguncang istana ini dengan ayat ayat suci….didalam pengembaraan jiwanya itulah beliau menemukan jawaban …..bahkan sebelum kanjeng sunan memeberikan wedaran ilmu kewalian di atas perahu yg bocor..sesunguhnya..sunan kali telah mencapai puncak sholatul ilmi…
  • Ayu Dewi Lestari Selamat malam Om abdullahku,mas kiutku say,,,om mukhtar,,,selamt malam Minggu ya,,,Ayo,,mlaku2,,,,,
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ pedih itu nikmat Angdullah, karena dgn merasa pedih itu hati kita ‘hidup’ glek gkgkgkgkgkgkgkgkkk
  • Bunda Lia Jangan suka menyalahkan, bahkan mengungkit-ungkit orang lain, pada saat tidak kesampaian apa yang menjadi kehendak kita. lebih baik kita teliti dan carilah apa yang salah dengan diri kita, supaya kita bisa lepas dari pengaruh prasangka buruk. Ketahuilah, bahwa kelemahan dan kekurangan yang menyebabkan kegagalan harapan kita itu tidak lain berada pada diri kita sendiri..
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ waaaah,,, apa itu ‘sholatul ilmi’ Gus?
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ Diajeng tdk sdng ngomongin aku to? glek gkgkgkgkgkgkgkkkk
  • Prima Selindo PANEMBAHAN SENOPATI….mencapai puncak sholtul ilmi-nya…..ketika beliau tafakur dan tadabur….terkenal dengan istilah SEDAKEP SALUKU TUNGGAL….mencapai kehampaan diri dan menemukan hakekat hidup yg sebener benernya tentang DIRI dan PRIBADI……….yang mampu mengguncang istana DASAR SAMUDRA BIRU…………
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ baik Maskiut. mulai sekarang jngn panggil Mas Dullah, tapi Ang Dullah glek gkgkgkgkgkgkgkgkgkkkk
  • Bunda Lia Jarang ada orang yang merasa puas pada apa yang sudah dapat berhasil dicapai. Bila merasa kurang masih akan menambah, jika telah mendapatkan lantas mencari lebihnya, bila sudah berlebih lantas berupaya agar jangan ada orang lain yang bisa menyamai. Orang yang bertabiat demikian sesungguhnya sangat kasihan. Hidup selalu memaksakan diri, hatinya tidak pernah tenteram. Untuk menuruti watak yang buruk itu kadangkala bertindak tidak semestinya dan meleset dari watak yang benar….
  • Prima Selindo nyruput wedhang kopi riyen njih….monggo dilajengaken…
  • Sang Iblis Sadarlah, maka kita akan bebas dari kegelisahan, kebimbangan,kita akan mencapai keseimbangan diri. Sadarlah bahwa pengetahuan tentang jalan kesadaran dan ketidaksadaran, serta pilihan untuk itu hanya diberikan kepada manusia. Makhluk-makhluk lain di darat , dan burung-burung yg di langit, dan cacing yg ada di tanah tidak memiliki pilihan itu. Kebebasan mutlak dari kekahiran dan kematian adalah hak serta kewajiban manusia. kita harus berusaha senantiasa untuk mengingat dan berupaya selama 24 jam sehari untuk menunaikan kewajiban kita dan meraih apa yg menjadi hak kita….. Selamat malam…. Salam Kasih.
  • Aswin Der Ass,,,mkum..semua, sya suka dngklimt ini”carilah apa yang salah dengan diri kita”
  • Bunda Lia Watak menerima tentu menjadi kekasih Tuhan, namun apabila sampai keliru memahaminya bisa menimbulkan kesalahan dalam bertindak. Menerima, artinya tidak melebihi batas kemampuan tetapi tidak kurang akal dan selalu memberdayakan diri supaya tercapailah cita-cita. Menerima bukan dimaksudkan sebagai tidak mau kerja dan enggan berusaha. Karena yang seperti ini bukanlah arti menerima, melainkan malas. Wataknya pemalas itu hanya mau enaknya saja, tidak mau jerih payahnya, bersedia makan tidak mau modal, sepantasnya lah menjadi orang yang tidak tahu malu, disingkirakn dalam pergaulan….
  • Bunda Lia Kang Dullah aku senang mendengarnya… lebih baik kita mulai dari diri sendiri dari pada orang lain.
  • Sang Iblis Betulllll……..
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ Baridin sedang mlongo Ang Dullah, minum kopi sambil makan singkong bakar yg gosong, glek gkgkgkgkgkgkgkgkgkkk
  • Ayu Dewi Lestari Met malam minggu ya om abdullah,,,,
  • Ayu Dewi Lestari Selamat malam minggu mas agung,,,moga happy,,aja ya
  • Ayu Dewi Lestari Ws,wr,,mas aswin,,,,salam,,,
  • Bunda Lia Gadisku bikin kopi ya say… mama dah mulai pusing banget nih….

    Hidup dalam kerukunan masyarakat itu memang sulit, harus bisa meredam ke-aku-an, jangan semaunya sendiri dan menuruti hawa nafsu. Terlebih lagi di kelak kemudian hari, dunia pergaulan internasional penuh persoalan, perselisihan silih berganti, berebut benarnya sendiri. Yang paling penting dalam menjalani hidup harus bisa membuka penghalang yang menutup kesadaran fikir. Maksudnya, walaupun dalam perselisihan, harus bisa menahan gejolak ke-aku-an, berikhtiyar agar perbedaan pendapat bisa disatukan
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ klo aku mulai dari Kang Baridin saja aaaaah glek gkgkgkgkgkgkgkkkk
  • Ayu Dewi Lestari Met malming mas Ariee
  • Ayu Dewi Lestari Iya mama,,,aku tak bikin kopi buat para tamu,,,,mama istirahat dulu,,,,
  • Bunda Lia Orang yang mempunyai watak selalu ingin mencari menangnya sendiri itu, tumbuh kebiasaannya buruk senang mencela dan menyalahkan pendapat serta tindak tanduk orang lain. Sangatlah bagus bilamana orang seperti itu kadangkala bersedia mencermati dalam batinnya; jangan-jangan aku yang keliru, maka coba aku teliti secara adil siapa yang sesungguhnya jelas-jelas benar…
  • Ayu Dewi Lestari Mas kiutku say,,kabar aku baik
  • Prima Selindo kang mas zaedin kang kinasih…puncak sholatul ilmi seorang hamba adalah ketika mencapai hampa dalam dirinya…..maka bukan lagi LILLAH…namun dia sudah BILLAH…..mekaten kang mas..kirang langkungipun nyuwun samudro pangaksami..
  • Bunda Lia Keindahan rumah itu bukan terletak pada barang-barang mewah yang mahal harganya, namun tergantung pada penataan perabot yang tidak norak, serta pemasangan hiasan yang jauh terkesan pamer. Begitu pula keindahan diri pribadi itu bukan karena berasal dari tata rias yang indah dan cantik, tapi tergantung pada pakaian yang tidak berlebihan, perilaku yang sopan berwibawa, dan raut wajah yang bersinar….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ kebenaran dlm pendapat seseorang tdk bisa menafikan kebenaran yg ada di pihak lain, selagi blm terbukti kesalahannya
  • Bunda Lia Adalah hidup tiada guna bagi orang yang tidak mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya. Tidak bisa memberikan imbal balik dan manfaat ala kadarnya untuk keharmonisan pergaulan. Mati perasaannya, disebabkan tidak terbiasa merasakan apa yang terjadi dalam sehari-harinya, sehingga membuat dangkal budi pekertinya, karena lalai akan rasa kepedulian yang berguna dalam hidupnya….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ BundaLia pernah menceritakan ttg GAJAH YG DI PEGANG 5 ORANG BUTA. itu gambaran yg pas,,,
  • Ayu Dewi Lestari Om abdullah,,,,,kopi pahit atau manis om,,,,,,a
  • Bunda Lia Bagaimana kita menyikapi orang yang bersalah…..
    Jangan sering memojokan orang lain yang salah, lebih baik tunjukkan kesalahannya sehingga justru bisa mengakrabkan rasa persaudaraan. Walau begitu jangan sampai kamu terburu-buru membenarkan perbuatan orang lain, bilamana kamu sendiri merasa belum mampu mersikap sabar dan peduli sesama. Siapa yang sudah memahami dan menyadari semua dosanya, itulah orang yang sudah mengerti akan hakekat manusia, manusia yang utama….
  • Sang Iblis Bila kita sadar, kita akan bebas dari keinginan yg berlebihan, kebencian, dan lain sebagainya. Kita akan tetap peduli terhadap apa yg terjadi di sekitar kita tetapi tidak terikat dengan sesuatu. dan sesungguhnya bila kita sadar pandangan kita menjadi jernih dengan sendiri. Kita dapat melihat dengan jelas keinginan mana yg menjadi kebutuhan dan keinginan mana yg sekedar kemauan danharus segera dihindari. bila kita sudah dapat membedakan antara kemaun dan kebutuhan, selanjutnya kita harus memelihara kesadaran itu dan membulatkan tekad kita untuk tidak mendengar tuntutan kemauan. Salam Kasih.
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ Gusagung, oooooo gitu ya, masih ada yg lebih dalam dari FANA yg di setarakan dgn BILLAH Gus,,, sdh tahu Gus?
  • Ayu Dewi Lestari Iya mas kiutku say,,,,
  • Bunda Lia HARGA DIRI…. Harga diri manusia itu terbentuk oleh karena wataknya sendiri, bukan dibawa dari keturunan, kepandaian, dan kekayaannya. Namun tergantung dari cara menggunakan kepandaian dan kekayaannya, serta penerapan perwatakannya untuk pergaulan (tali persaudaraan. Semua itu bila hanya digunakan untuk keperluan pribadi saja, tiada bermanfaat. Tetapi bila watak tadi terdorong oleh keinginan mencari ketenaran, mencari pangkat dan kemewahan duniawi, justru dapat menjadi malapetaka dalam tali persaudaraan, karena mencari-cari kesempatan dengan cara menyamar mencatut nama orang banyak.
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ Gadis,,,om minta kopi dong,,,dua gelas aja ya? heheheheheee
  • Sang Iblis Selamat malam Gadis Exsprit…. Selamat bermalming ea…..Kopiku mana Gadis….Hehehehe…
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ timbanglah diri ini,,, *KATA KANG BARIDIN DI POSYANDU
  • Bunda Lia KEMULIAAN PALING TINGGI Tiada budipekerti yang lebih mulia selain mencintai nusa dan bangsanya sendiri. Karena tumbuhnya kesadaran akan kewajiban menata ketentraman negara dengan modal kepandaian yang didasari kebijaksanaan budipekerti. Pertanda kesungguhan cintanya yakni selalu siap siaga sewaktu-waktu bilamana ada tugas yang sangat penting untuk sesama warga, hingga selalu siap siaga menjaga keselamatan persaudaraan dan kesejahteraan negara….
  • Bunda Lia Orang yang sering mendapat nasehat dari orang lain biasanya dapat menjadi orang yang suka berhati-hati, namun apabila terbentur suatu tanggungjawab justru tidak bisa bertindak dan menuntaskannya sendiri. Terpaksa masih harus menoleh-noleh orang lain yang dianggap dapat memberi petunjuk. Maka dari itu seyogyanya mengabdilah pada nurani dan kekuatanmu sendiri, sebab orang lain itu sesungguhnya bila terjadi apa-apa hanya bisa melihat saja….
  • Bunda Lia KEPADA SIAPA BERPAMER KELEBIHAN …..Orang yang merasa dirinya lebih dari yang lain, pada suatu waktu hatinya akan terdorong memamerkan kelebihannya, supaya diketahui orang banyak bahwa dirinya mempunyai kelebihan dan supaya dihormati. Ketahuilah, semua kelebihan tadi bila tidak digunakan dengan pengorbanan yang bermanfaat untuk rasa persaudaraan, maka kelebihannya tiada berguna, bisa jadi justru membuat tidak dihormati dan mengakibatkan kesengsaraan. Maka idealnya jadikan buah ketulusan, walau betapapun hebat kelebihan itu hanya diperlihatkan kepada batinnya sendiri, itu sudah cukup….
  • Ayu Dewi Lestari Om mukhtar dan mas arie,,bentar ya,,masih di bikinin,,,
  • Bunda Lia Gadis mama teh lemon saja sama mas Arie… kang Dullah kopi tubruk…. kayak jaman eyang Marto kopi tubruk sambil gigiti gula merah…. gelem po kang….
  • Misterr Jeans Sang Kinasih Yg bs menilai kbenaran ksalahan dan kbenaran diri kita bkn diri kita sendiri tp org lain, mnurut kita bnar blm tentu mnurut org lain bnar, menurut perbuatan kita paling baik blm tentu mnurut org lain benar, tdk ada org yg bs mlihat tengkuknya sndiri, yg penting kita hrs slalu Introfeksi diri kita sendiri ntuk bs lbh baik.
  • Bunda Lia Kang Dullah say… xixixixixxixixii….Muka ramah, tingkah laku tenang dibarengi ungkapan yang sopan dapat meruntuhkan hati serta menjauhkan godaan setan (hawa nafsu). Sebaliknya watak bicara keras, selain dapat membangkitkan amarah, juga mudah menimbulkan salah pengertian. Setiap perkara yang sesungguhnya bisa selesai dengan sarana kearifan dan ketenangan, terpaksa menjadi “beradu kuatnya kulit dan kerasnya tulang”, tinggal si “setan” katawa terbahak…..
  • Ayu Dewi Lestari Ok mama,,tak bikin teh lemon spesial buat mama,,,pokonya beresss
  • Bunda Lia orang yang terbiasa hidup tak kenal aturan itu, sewaktu mengalami sedikit saja kesulitan hidup cenderung tumbuh gagasan dan kerjaan yang melawan peraturan, lebih beruntung orang yang hidupnya biasa-biasa saja namun bersih hatinya. Sedangkan seberuntung-beruntungnya orang seperti itu tidak seperti orang yang selalu hidup dalam keadaan yang penuh kebatilan dan angkara, sama halnya bertapa di tengah-tengah cobaan, namun selalu tawakal dan tebal keimanannya kepada keadilan Tuhan Yang Maha Kuasa…
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ Kangdullah ojo ngomongi aku po? glek gkgkgkgkgkgkkkk
  • Bunda Lia Sifatnya orang hidup itu pasti mendapat anugrah kekuatan. Yang sudah paham bisa mempergunakannya, sebaliknya yang belum bisa mengerti kurang diajari, maka tidak akan berguna. Namun begitu menggunakan kekuatan tidaklah mudah. Buktinya tidak sedikit kekuatan yang digunakan tidak tepat. Ketahuilah, bila rusaknya kerukunan di antaranya karena watak para-para yang memahami daya kekuatannya, namun tidak dimanfaatkan untuk menggapai cita-cita yang mulia, hanya untuk menuruti dorongan hati angkara….
  • Misterr Jeans Sang Kinasih Bersihkan Hati dan Jiwa kita dgn sgala kbaikan dan Rasa keikhlasan.
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ kita harus saling menghibur ya Maskiut, asal jangan rusuh glek gkgkgkgkgkgkkk (ibur:rusuh)
  • Bunda Lia Kang Dullah….Cinta kasih tidak disertai sikap merawat dan menjaga bukanlah sesungguhnya cinta kasih. Dapat disebut cinta kasih yang hanya menuruti hawa nafsu. Terdapat kalimat “cinta itu buta” yakni cinta yang tercemar hawa nafsu. Idealnya harus memegang pepatah “cinta itu memelihara” dapat sejalan dengan tindakan nyata. Rasa cinta yang paling dekat bagi manusia itu terletak dalam dirinya sendiri. Maka, barang siapa yang cinta kepada sesama itu sama halnya cinta pada diri sendiri, artinya siapa yang selalu menjaga dan memelihara keselamatan sesama, sesungguhnya menjaga keselamatan diri sendiri
  • Bunda Lia Bergaul dalam bermasyarakat selain harus pandai memilih tempat dan suasana, juga pandai menempatkan waktu dan mawas diri. Jangan menggampangkan mencampuri urusan orang lain sementara kamu sendiri belum mengerti permasalahannya. Lebih baik, bicara sedikit namun mengenai sasaran, itu menunjukkan kualitas pribadi. Pendapat yang panjang lebar tetapi tidak berbobot justru membuat bingung yang mendengar bahkan dapat menjemukan…
  • Bunda Lia Bila ajal telah tiba, atau sudah “dipanggil” Tuhan kembali ke zaman keabadian, sesungguhnya baru dapat diberikan nilai kemanusiaan dan perbuatannya sewaktu hidup di dunia. Sedangkan orang-orang yang masih hidup sebaiknya disimak dulu saja, karena belum dapat dinilai, sebab keadaannya masih dapat berubah-ubah. Walaupun kodrat manusia merupakan makhluk yang paling mulia, maka sudah seharusnya kita menjaga jangan sampai seperti binatang, kematiannya hanya meninggalkan bekas kulit dan tulang saja. Namun kita harus berupaya memanfaatkan hidup untuk kelangsungan hidup bermasyarakat….
  • Sang Iblis Hmmm… Mantab….
  • Bunda Lia Mustika orang tua kepada anak berupa perilaku sayang kepada anak, kalimat yang menentramkan, tutur kata yang manis. Kasih sayang yang terletak pada perilaku yang utama, menjadi suritauladan. Kalimat dan tutur kata terletak pada ucapan yang menentramkan hati, merasuk mencerahkan ke dalam jiwa, serta dengan keluhuran budi pekerti. Oleh sebab itu, bila terjadi apa-apa yang tidak diharapkan, jangan keburu menyatakan “ora ono kacang ninggal lanjaran” atau tidak ada anak yang tidak meniru orang tuanya…
  • Bunda Lia Menaggapi kehidupan di tengah pergaulan masyarakat itu gampang-gampang susah. Susahnya karena dapat mebuat fikiran keblinger apabila dalam membangun sikap mawas diri sudah terbalut hawa nafsu. Mudahnya, apabila kita mampu berfikir dengan jernih dan menahan diri (mengendapkan emosi). Menahan diri merupakan akal budi sejati. Yang dapat menjabarkan buah dari wawasan yang bersih tanpa cacat, maksudnya tidak tercemar oleh noda ke-aku-an. Apalagi bila kita teguh menguasai kebeningan fikir, walaupun kehidupan bermasyarakat terjadi kekacauan, maka tidaklah sulit kita mensikapinya.
  • Bunda Lia Kang Dullah … ojok turu rek…. Marah kepada seseorang jangan sampai keterlaluan dan kelewatan, hanya karena seseorang itu tidak bakal berani atau sudah tidak mampu melawan, padahal hanya karena mentang-mentang mendapat derajat pangkat yang tinggi saja. Tabiat seperti itu selain watak aniaya, begitupun orang yang dimarahi belum tentu menjadi baik, justru memungkinkan tumbuhnya rasa benci. Seyogyanya jika marah yang sewajarnya saja yang berisi nasehat supaya menjadi baik
  • Sang Iblis Saat hidup ingatlah mati. Di dunia ini ingatlah. Jangan gampang curiga dan kikir. Setengah menyombongkan diri. Memelihara dengki. Senang berdusta dan memfitnah. Jahil serta iri, menipu dgn cara kasar dan halus, lebih_lebih senang menganiaya. Salam Kasih.
  • Bunda Lia Orang yang pandai tetapi tidak disertai keutamaan perilaku dan budi pekerti, tidaklah berbeda dengan orang buta yang membawa obor di malam hari. Menjadi penerang orang lain, tetapi perilaku dirinya sendiri malah tersesat-sesat. Kepandaian semacam ini bila diterapkan di tengah kehidupan bermasyarakat akan menimbulkan kerugian, yang didapat hanyalah kesengsaraan dan kerusakan..
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ ,,, atau seperti lilin yg menghanguskan dirinya sendiri,,,
  • Bunda Lia Barang siapa gemar keluhuran budi harus berani berkorban dan tidak enggan melewati kesulitan. Karena bila ragu-ragu, tidaklah mungkin apa yang diharapkan dapat terwujud, dan mustahil apa yang dicari bisa ketemu. Berani bekerja keras dengan dengan berserah diri jiwa dan raga kepada Tuhan Yang Mahakuasa. Bila ingin menang memang mahal harganya, yakni harus dapat mematuhi peribahasa; “sura dira jayaningrat lebur dening pangastuti..
  • Sang Iblis Gadis mana ea….. Lemon tea sama kopi tubruknya ditunggu loh… Hehehe…
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ ,,, atau dgn kata lain, jadilah matahari,,,
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ sing luwih angel iku, Baridin jadi Kangdullah, glek gkgkgkgkgkgkgkkk
  • Bunda Lia Tiada perbuatan lebih mulia selain sedekah yang berarti membantu memenuhi kebutuhan orang lain. Sedekah kepada sesama berarti juga menolong diri sendiri, melatih diri merasa ikhlas dan lapang dada, yang berarti mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Mengetahui. Mengabdi sama halnya dengan pasrah, kita tidak mengharap imbal-balik atas apa yang kita berikan. Semua itu yang punya hanyalah Tuhan Yang Mahakuasa. Kita tidak berhak berharap buah dari pengabdian untuk diri kita sendiri. Melakukan kebaikan dengan cara berderma (sedekah) adalah wajib, tetapi mengharap menuai buah dari kebaikan, kita tidaklah berwenang..
  • Sang Iblis Glek… Glodak… Hiahahahahaha….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ Gusarie, opo iku ting glodak? glek gkgkgkgkgkgkgkkkk
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ huuuus, ojo brisik, ono Bunda lg mejang, heheheheee
  • Bunda Lia Hubungan persaudaraan hingga berjodoh itu bila satu sama lainnya dapat saling membimbing, ikhtiyar dapat membangun kebaikan. Bila sekali dua kali terjadi pertengkaran itu masih lumrah, dapat menambah eratnya hubungan. Namun sebaliknya bila tak mampu membangun sikap saling membimbing maka jarang akan berlangsung selamanya. Malah, perbedaan sedikit saja akan menjadi sumber malapetaka….
  • Sang Iblis Tanpa kasih dalam diri, jiwa kita bagaikan bangkai… Kendati bernapas dan berbadan, sungguh tak berguna sama sekali…. Salam Kasih.
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ hmmm berjodoh ya? heheheheheee
  • Bunda Lia Orang yang tak pernah prihatin tidak akan terpilih menerima anugrah ketajaman perasaan yang menumbuhkan perasaan haru dan belas kasih lahir batin. Orang yang pernah menjalani prihatin lebih mampu merasakan penderitaan orang lain (empati). Biasanya mereka lebih peduli untuk memberikan pertolongan kepada orang-orang yang kesusahan…..
  • Sang Iblis Hehehe… Tadi pas mau kebelakang nabrak kursi, glodak dech jadinya….. Hahahahaha….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ Kiut,,larut?! emang gula dlm gelas? gkgkgkgkgkgkgkkk
  • Bunda Lia Kang Dullah say…. ha ha ha wis mapan neng mushola to…. kang Dullah…Berbagai macam rahasia baik maupun buruk, bila masih kamu simpan rapat di dalam hati, selamanya masih akan tetap menjadi budak. Bila sudah kamu perlihatkan sedikit saja akan menjadi tuanmu. Menyimpan rahasia sendiri saja sudah berat. Apalagi bila sampai dipercaya menggenggam rahasia orang lain. Maka dari itu janganlah suka ingin mengetahui rahasia orang lain. Sudah jelas, hanya akan menambah beban yang sesungguhnya bukan kewajibanmu ikut-ikutan…
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ Gusarie,,,oooooo gitu ya? gkgkgkgkgkgkkkk
  • Bunda Lia Siapapun akan merasa hormat, kepada orang yang selalu tampak riang gembira, meskipun orang itu baru mengalami kesusahan dan kesulitan dalam hidupnya. Sebaliknya orang yang selalu tampak kusut suka ngedumel dan sering ngomel karena keinginannya tak terwujud, itu jelas kekuatan batinnya dan tenaganya bakal sirna. Mustahil dapat pertolongan, terkadang malah jadi orang yang dibenci sekalipun oleh kerabatnya…
  • Bunda Lia Kita diberi satu mulut, dua telinga, oleh Tuhan Mahakuasa. Maknanya, kita harus lebih banyak mendengarkan ketimbang bicara. Sesungguhnya orang yang gemar mengumbar mulutnya ketimbang telinganya, seperti itulah watak orang yang bicaranya tak berisi. Sebaliknya, yang banyak mendengarkan, biasanya bicara sedikit namun tepat dan berbobot. Pantas menjadi tempat tujuan orang-orang yang membutuhkan nasehat (petunjuk) yang baik….
  • Bunda Lia Orang yang selalu gemar menyadap ingin tahu, begitupula mencampuri perkara orang lain, hingga sampai ikut-ikutan berujar, hal itu seumpama mencari-cari muatan yang sesungguhnya tidak perlu, biasanya justru membuat kalut dirinya sendiri….
  • Bunda Lia Sepatah kata yang terucap tanpa dipikir lebih dulu, sering menimbulkan perpecahan dan celaka. Maka, keluarnya kalimat dalam sepatah dua patah kata dari mulut seyogyanya diupayakan jangan sampai menyinggung perkara orang lain, terlebih lagi membuat sakit hati orang lain. Sikap mampu mengendapkan kalimat dan tutur kata yang tidak baik, termasuk budi-pekerti yang mulia. Namun begitu, mengapa tidak setiap orang mau melakukannya……
  • Bunda Lia Orang itu bila sudah berhasil menerima kebaikan dan merasa berhutang budi, wataknya di kemudian hari bisa berubah, menjadi tidak teguh dan bersih. Sehingga tak mampu menjaga tegaknya keadilan, sebab mulutnya tersumbat, matanya rabun, telinganya tuli. Hatinya menjadi mati, sulit melihat kebenaran. Maka dari itu jangan mudah menerima kebaikan orang, bila tujuannya mengarah pada perbuatan yang keluar dari kaidah kebenaran….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin Kiut@heheheheeee tinggal sedikit kopinya hehehee
  • Sang Iblis Sadarkan diri kita akan lingkaran kelahiran dan kematian yg telah menjerat kita selama ini karena keinginan_keinginan yg berlebihan. Gunakan setiap kesempatan yg kita peroleh dalam hidup ini untuk menyadarkan diri. Demikian kita akan berhasii menjinakkan pikiran. Pikiran yg selama ini memperbudak diri kita akan menjadi sahabat kita. Ia takkan lagi menciptakan belenggu, tetapi justru membebaskan diri kita dari belenggu_belenggu yg mengikat kita… Salam Kasih.
  • Bunda Lia Huaaahhhhhheeemmmmmm ngantuk…. gara2 Vick Vormula 44 wis jiannnnnnn kayak wong teler aku…..jangan keburu meremehkan orang lain, (hanya) karena orang itu kamu anggap bodoh. Sebab ada kalanya kamu membutuhkan jasa dan nasehat orang itu, yang kenyataannya dapat menyelesaikan dan mengatasi masalahmu. Memang dalam suatu hal seseorang dapat dianggap bodoh, tetapi di lain hal tak mungkin anda dapat menandinginya….
  • Bunda Lia Kiut say…. ingat ya say, pesan bunda ini….. Jika bicara jangan mudah mencela dan menyanjung orang, apalagi sampai nasehat menggurui. Karena ucapanmu belum tentu benar adanya. Yang pasti, pencelaan berakibat sakit hati, dan sanjungan dapat menimbulkan bisa (racun), bila nasehat tidak dihiraukan, semua suara menjadi buruk. Maka idealnya lebih baik diam, karena diam itu sesungguhnya mustika kehidupan…. ini umpama/ misal loh Kiutku…..
  • Bunda Lia Mas Arieku say….. Berupayalah selalu, agar jangan ada orang yang kamu benci, supaya tidak ada orang yang membencimu, sebaliknya sedapat mungkin sayangilah sesama. Karena kejadian buruk di dunia ini adanya dari saling balas membalas. Bila terpaksa kamu membenci seseorang, dan kamu tidak bisa menghilangkan rasa bencimu, rahasiakan agar tidak ada orang lain yang tahu. Bila kamu menceritakan kebencianmu pada orang lain, justru kamu membeberkan kejahatan hatimu sendiri… maaf ini ber-andai2 loh say…..
  • Bunda Lia Kang Dullah… Mas Arie… Kiut … Mas MUkhtar….Harga diri letaknya ada di mulut. Berharganya raga tergantung oleh busananya. Maka, berhati-hatilah dalam bertutur kata, begitu pula dalam hal cara berpakaian, dapatlah menghargai diri sendiri)
    Orang …Lihat Selengkapnya
  • Sang Iblis Hmmm… Betul sekali itu… terima kasih, sungguh aku berterimakasih….
  • Bunda Lia Alhamdulillah mas Arie akupun terimakasih …. semoga tulusanku selalu berguna untuk mas Arie… dan ambillah yg baik2 saja … yang buruk anggap saja pas aku mengigau… Ok salam kasihku selalu.
  • Bunda Lia Kiut say… terimakasih ya say…. Insya Allah banyak yg setuju dengan pendapatku… salam kasihku.
  • Bunda Lia Kang Dullah Insya Allah kang aku mung duwe Dongo kang mugo2 iso lan kudhu iso yo kang…..
  • Bunda Lia Aminnn kang Dullah aku selalu berdoa untukmu kang…
  • Bunda Lia Aminnn Kiutku say….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin BundaLia@berbicara harga diri, sama sulitnya dgn membicarakan pendapatan diri, glek gkgkgkgkgkgkgkgkkk
  • Bunda Lia Mas Mukhtar semua tergantung masing2 kemauanya bersikap mas… monggo…
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ untuk kita, eh aku, berdoa ga Diajeng? hahahahahaaa
  • Bunda Lia Yo kang Dullah… aku yo wis ngantuk polll….
  • Bunda Lia Mas Mukhtar nyuwun injih mas Doaku selalu khusus untukmu jangan kwatir say…
  • Bunda Lia Mas Arie ngilang ra pamit … malming po…/// Atau lagi mojok ria karena malming yo ….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ oalaaaaaaah jiaaan khusus to aku?! gkgkgkgkgkgkkkk
  • Sang Iblis Hehehe… Aku masih disini….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ kira2 perbulan ento pirang kilo boled-capu, ngono Kangdullah glek gkgkgkgkgkkkk
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ glek gkgkgkgkgkgkkkkkk iki berkat e Kangdullah, wis rono mulih, glek gkgkgkgkgkgkkkkkk
  • Sang Iblis Hadehh… Di khususon barang jee…. Hiahahaha…. Glek….
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ Kangdullah bohong iku, padahalu dudu pngn mudun, tapi pengen naik glek gkgkgkgkgkgkkkk
  • Muhamad Mukhtar Zaedin @ DEN TUTUP LAWANG SIGOTAKA !!! JREEEEENG NING ! NONG ! NING ! GUUUUUUUUUUUUNGNGNGNGNG !! GLEK GKGKGKGKGKKKKK
  • Bunda Lia Kang Dullah…. Mas Mukhlas… Mas Arie….. Kiutku say…. da jam 01.18 aku mohon diri ya ngantuk… sampai ketemu besok pagi dalam kembang Doa…. salam kasihku selalu selamat istirahat….. Wass.
  • Prima Selindo sampun titi wancinipun MAHENING SUCI…..
  • Ariyo Hadiwijoyo sugeng sare sdoyo kinasih.
  • Alam Malaqut Kutelusuri pundi sangkan paraning dumadi …dimana berlakunya hayu dalam penghayatan yang manunggal..nyotone ing samudro pangaksumo-nujuning kasunyatan sejati sehingga aku mati dalam hidup-hidup dalam mati.
    Sugeng Enjang …Alhamdulillah…wejangan malam ini semakin membuat cemerlangnya hati…Sungkem dalem Mama..sih ugi salam kasih kagem sedoyo kinasih…mugi tansah pinayungan Rahyu wilujeng..amien
  • Tulis komentar…
Iklan

Posted on Juni 11, 2013, in Tulisan Bunda Lia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: