SRIKANDI DAUP.

Srikandi Daup CERITA Wayang hari ke 7
oleh Bunda Lia (Catatan) pada 8 Juni 2011 pukul 18:52

Srikandi Daup      CERITA Wayang hari ke 7 

Negara pancala dipenuhi oleh kadang pandawa. Karena pancala atau cempala mengadakan sayembara. Bahwa Srikandi akan menikah dengan siapa saja yang sanggup membuat atau memperbaiki taman Mowokoco. Saat itu semua dar I Pandawa tahu bahwa Arjuna menginginkan bersanding dengan Srikandi.

Tetapi rupanya hal ini membuat cemburu Larasati istri ke 2 Arjuna. Sebenernya Larasati disuruh oleh Sembadra istri pertama Arjuna untuk menguji Srikandi dalam olah Kaprigelan. Ternyata kemampuan Srikandi dan Larasati sama dan sebanding. Karena tidak menginginkan geger berlanjut maka dibuatlah sayembara tersebut.

Rupanya sayembara ini membuat kerajaan Ceti mengirimkan dutanya. Duta tersebut berwujud raksasa datang ke paseban Agung dan menyatakan ingin melamar Srikandi. Belum memutuskan Raja Drupada Raja Agung Cempala, sudah ditengahi oleh Drestajumna saudara Srikandi. Drestajumna menantang kepada duta tersebut agar balik ke cethi dan mengurungkan niatnya. Lalu terjadilah saling aduemosi yang berahir tantang menantang.

Raksasa keluar diiringi Drestajumna. Rupanya Prabu Drupada merasa sangat kuatir dan meminta Gatotkaca, Setyaki dan Antaredja yg hadir untuk mendampingi Drestajumna. Perang terjadi dan Drestajumna berhasil sementara waktu menang. Lalu dilanjutkan perang dengan Setyaki, Gatotkaca dan Antaredja. Duta itu walo berkali kali kalah tetep memaksa maju. Sampai ahirnya dengan nasehat dari  Togog sang Duta memilih pulang. Karena serangan gabungan dari Gatotkaca di udara dan Antaredja di bumi membuat bingung sang duta. Kembalilah Duta Raksasa tersebut kenegeri Cethi.

Alkisah dinegeri Cethi baginda Raja Supala sedang muram. Karena adiknya Supali menginginkan menikah dengan Srikandi. Sedangkan baginda Supala sangat membenci Kresna. Dia tau Cempala sangat dekat dengan Pandawa, dan Pandawa itu dekat dengan Sri Kresna. Kembali Baginda Supala memberikan nasehat agar Supali mengurungkan niat menikah dengan Srikandi. Datanglah sang duta menyatakan lamaran ditolak bahkan dia dikerubut oleh 3 satria Pandawa. Karena merasa emosi kembali Prabu Supala berkata agar Supali mengurungkan niatnya. Supali tiba tiba menjadi nekad.

Dan berkata akan merebut Srikandi dengan cara mencurinya dari kerajaan Cempala. Lalu Supali segera melesat meninggalkan paseban. Supala geleng-geleng kepala. Dia mengutus patihnya dan pasukanya untuk menyusul ke Cempala. Dan melihat serta mendengar kabar disana.

Kalau sampe ada berita kemalingan dan malingnya nggak ketemu, berarti Supali selamat. Tetapi kalo ada berita kemalingan dan malingnya ditangkap.

Makintruksi Supala jelas. Patih harus berperang menyelamatkan Supali.

Di tengah alas arjuna sedang bertirakat dibarengi oleh Punakawan.

Arjuna menjelaskan ke ki Semar kalau dirinya merasa bingung bagaimana cara membangun taman Murwo Koco tersebut. Karenanya Arjuna menggelar laku prihatin dengan masuk alas dan bertirakat minta petunjuk Dewata.

Punakawan menghibur dengan gending dan juga guyonan guyonan. Lalu tiba tiba saja datanglah raksasa. Raksasa ini sebagian pasukan dari patih negera Cethi. terjadi pertarungan seru dan sebagian pasukan raksasa tumpas.

Yang lain lari kocar kacir.

Sementara itu turunlah Betara Kamajaya.

Beliau memberi hormat kepada Semar ayahnya dan memeberikan air kehidupan dalam Cupu kepada Arjuna. Kasiatnya bisa menghidupkan kembali apapun yg musnah. disuruhnya untuk menyiramkan di taman Mowo Koco pada hari Anggara Kasih pas Bulan Purnama. dan setelah itu Betara Kamajaya balik. Sementara Arjuna dan Punakawan bergegas ke Cempala. Karena waktu yg ditentukan sudah dekat. Sementara itu para para Pandawa menuju ke Hastina. Karena mereka akan minta bantuan Danyang Drona. Karena dlm perkiraan mereka hanya Danyang Drona yang akan bisa membantu.

Kasak kusuk terjadi ketika Prabu Duryodana menerima Sri Kresna dan Pandawa. Mereka merencanakan sebuah siasat licik. Dan menerima permintaan Pandawa tadi. Lalu bersama Prabu Baladewa Kurawa bergegas menuju Cempala. Sementara Danyang Drona kebingungan karena nggak ngerti sebenernya bagaimana menghidupkan kembali taman Murwo Koco itu. Arjuna sampe di cempala langsung ke kaputren dan ketemu dengan srikandi bermadu kasih. Lalu arjuna ketaman dan menaburkan air kehidupan. Sehingga taman bener bener indah luar biasa.

Sementara itu kurawasampe di cempala.

 Lalu beristirahat. tanpa dinyana ketika tidur karena kecapekan supali berhasilmengambil senjata Neggala prabu baladewa. Tak berapa lama gegerlah cempala dan Drestajumnamengambil keputusan siapa saja yang memiliki senjata nenggala akan dijatuhi hukuman mati. Sementaraitu Supali berhasil menyusup masuk ke taman hendak nyolong srikandi. Ketemulah dia dengan arjuna. Arjuna melihat senjata neggala berhati hati. Dan mengatakan kepada supali bahwa dia cuma seorang jurutaman. Lalu Arjuna meminta senjata di tangan supali. diserahkan karena supali tak mengerti kehebatannenggala. Lalu oleh arjuna ditusukan ke dada supali. Dan tewaslah Supali. Oleh Arjuna mayat supali diterbangkan dengan sepi angin ke negara asalnya.

Batal Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Promosikan · Bagikan
  • Awan Baraya Full selamat malam mbak,senang dan bahagia bisa ketemu lagi dengan semua yg ada di sini dalam berkah dan rahmat yg maha kuasa..
  • Prima Selindo Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.hampurasun Diajeng Ayu sugeng sumunaring condro ing wayah ratri Rahayu Sagung Dumadi ,nderek lelenggahan Diajeng Ayu nyemak njih wedaran ing dalu meniko ngantos paripurno
  • Cahyo Hatta Mangayubagyo dauping temanten Srikandi-Arjuno.. mugi tansah pinaringan berkah..
  • Bunda Lia Kang Pangeran matur nuwun Rahayu3x…
  • Bunda Lia Mas Awan selamat malam ….. Aminnnn….makasih mas…. salam kasih.
  • Bunda Lia Wa’alaikum salam…. selamat malam… matur sanget nuwun njih mas.
  • Bunda Lia Mas Cahyo …. sugeng dalu mas…
  • Wisang Geni sugeng ndalu bunda lia…. mugi srikandi ugi arjono sageto sarimbit ugi pikantuk berkah ugi barokahipun gusti kang moho wikan. matur nuwun bunda…. itu merupakan cerita kesukaan dan favorit…. nderek nyimak… salam rahayu ugi salam bekti soho hormat kulo kepareng bunda…. rahayu… rahayu…rahayu…
  • Samma Ditthi Selamat malaam bunda
  • Petruk Tralala Slmt mlm bunda…nderek nymak njih…
  • Hady Yuss Sugeng nDalu….Mbayu lan sedoyo sanak kadang sedulurku sing tak tresnani….kulo ugi nderek nyimak, mathur mbahnuwun…
  • Sang Iblis Mantab banget neh___ Selamat malam___ Salam Kasihku.
  • Wulandari Muis Sugeng ndalu mb salam kangen selalu
  • Sang Iblis Selamat malam Mas Agung, Mas Wisang, Mas Petruk, Mba Wulan serta untuk semua yg hadir disini___ Rahayu, salam sejahtera semoga Tuhan memberkahi___ Salam Kasih & Hormatku.
  • Bunda Lia Aminnn mas Wisang matur sanget nuwun rawuhipun … sugeng dalu sugeng pepanggihan malih njih…. salam penuh kasih.
  • Bunda Lia Resi kecilku say… Budha memberkatimu.
  • Astina Murdia Sakti Sahdan ow ow ow bunda lia piye kabare makin apik dan ayu
  • Bunda Lia Matur sanget nuwun kang Petruk sugeng dalu…
  • Bunda Lia Mbak Wulan malam mbak… kang Dullah neng ngendi ???
  • Bunda Lia Mas Arie Irfan malam mas salam kasih kembali njih mas…
  • Bunda Lia Bunda Astina Murdia S.S semakin ceria saja … salam kangen penuh kasih dariku…..
  • Lentera Hati Assalamualaikum wr wb…salam kasih slalu kagem Bunda Lia lan sederek sedanten ing dalem Rahmatipun Gusti Alloh swt…kulonuwun nderek nyimak….
  • Bunda Lia Mbak Wulan kang Dullah suruh nunggu warung sebentar ini rombongan mas Guruh dah pada datang aku ijin sesaat dulu mbak…
  • Astina Murdia Sakti Sahdan Makasih juga,saya mau ikuti bunda Lia,bahasannya tak bisa abis wong Medan ndak iso bhs jowo,maaf ya tapi say sayang bunda lia
  • Bunda Lia Wa’alaikum salam Mas Jr Arief …Aminnnn makasih njih mas… wah kebeneran mas titip warung sesaat mas….
  • Bunda Lia Akubun sayang buangetttttt sama dirimu….bunda Astina Murdia Sakti Sahdan yang ayu… salam kasih penuhhhhhh kangennnnnnn….
  • Bunda Lia Mas Hady Yuss malam mas senang jumpa lagi njih mas… salam kasih.
  • Bunda Lia Mas Wisang nggak apa2 kok …. saya minta maaf tadi ndak bilang karena juga baru sampai ….tamune he he he….
  • Hady Yuss sami sami, mathurnuwun sanget Mbayu….saged nderek lan nyimak,,,mathurnuwun sedoyo ingkang rawuh sakpuniko…
  • Wulandari Muis Sendiko dawuh mb…!!!
  • Lentera Hati @Gus agung: Assalamualaikum wr wb…
  • Prima Selindo @salam sejahtera damai dihati ..kagem sedoyo poro kadhang kinasih kekasihing hyang widi …kekasih illahirobbi ..sugeng sumunaring condro ing wayah rattri..mugi seddoyo sami pinaringan rahayu wilujeng tinebihno ing nir sambikolo..tansah joyo ing boyo..rahayu saklaminyo…amien..
  • Ariyo Hadiwijoyo sugeng ndalu bunda…selamat malam…matur suwun njih.,nderek nyimak…mugi ndadosaken manfaat…salaaaaam.
  • Hari Yuswadi sugeng ndalu bunda pangapunten.randat anggen kulo marak sowan.sugeng ndalu poro kadang ingkang sampun lenggah wonten pisowanan.
  • Hari Yuswadi mas Agung Pambudi.sugeng ndalu mas?
  • Misterr Jeans Sang Kinasih Sugeng ndalu Ibundaq, Abah Ali, Mas Agung, Mbak Wulan, Mas Jr, Mas Hady, Mas Hari lan kgem sdoyo kdang knasih engkang smpun sami rwoh, mugi kwelasaning GUSTI tansah kparing dmateng kito sdoyo..
  • Bunda Lia Kang PETRUK he he he langsung saja…. ya kang…. nyuwun sewu namanya sama kang bukan berarti aku menyinggung namamu he he he

    Datanglah tergopoh gopoh petruk. Dia berkata bahwa ada woro – woro siapa memegang nenggala akan dijatuhi hukuman mati. arjuna tertuduh karena memegangsenjata neggala. Maka bingunglah arjuna. Kebetulan di sekitar situ datanglah werkudoro dan punta dewa. Lalu petruk mengajak arjuna ketemu 2 kakaknya tersebut. Arjuna menceritakan apa yang terjadi pada 2kakanya. puntadewa tak bisa ambil keputusan. ahirnya werkudoro mengambil nenggala dan menusukan ke dada Arjuna.

    Tewaslah Arjuna. Petruk protes kenapa Arjuna dibunuh. Werkudoro cuma bilang agar petruk nantinya menurut saja kalo disuruh jadi saksi. Lalu kentongan tanda bahaya di tabuh.Datanglah raja cempala prabu drupada, drestajumna, sri baginda kresna, sri baginda baladewa, merekadatang ke tempat kentongan ditabuh. lalu mereka bertanya ada apa, dan kenapa arjuna bisa terbunuh.werkudoro bilang tadi ada suara gedebuk, lalu pas dilihat ternyata arjuna sudah mati. maka disepakatimelihat senjatanya.
  • Aiman Yiman Sugeg dalu,salam rahayu dumateng sedoyo kemawon ingkang sampun rumiyin lenggahan wonten pendapanipun bunda meniko.
    Disambi ngopi njiih.
    Hehe..
  • Wisang Geni njih bunda…. nyuwun pangapunten bilih wonten tindak tanduk ugi solah bowo ingkang ndamel mboten sekeco wonten penggalih ugi manah….. kintu salam kagem kang mas… ngaturaken salam taklim ugi salam hormat….. matur nuwun… monggo kalajengaken…… rahayu…..
  • Bunda Lia Dari senjatanya nanti bisa diketahui siapa pembunuhnya. ketika dilihat senjatanyanenggala, maka werkudoro berpura pura menuduh baladewa membunuh arjuna. baladewa ketakutan danbilang dia baru aja kecurian. Akhirnya drpada ribut maka sri kresna diminta menghidupkan arjuna untuk ditanyain ada apa sebenernya. sebelum dihidupkan werkudoro minta peraturan kalo kedpatan nenggalaakan dihukum mati supaya dicabut. prabu drupada sedia mencabut putusan drestajumna dan sekaligusmenegur drestajumna agar tidak sembarang mengeluarkan keputusan. dengan kembang wijaya kesumakresna menghidupkan arjuna. arjuna menceritakan kejadianya. arjuna ga jd dihukum mati. tetapi dimintamembuktikan keberadaan mayat supali. arjuna segera berangkat ke negeri cethi. Nah disana mayat supaliditerbangkan ajian mendarat di negeri cethi. supala sangat marah dan berniat menyerbu cempala. laludipapak oleh arjuna terjadi perkelahian dan supala bisa dibekuk.
  • Wisang Geni ulasan dan pembahasan yg sangat menarik…. bunda….
    banyak nilai2 budi pekerti…. yg dimana KEBENARAN selalu bisa membuktikan….. semoga ulasan yg bunda sampaikan dapat saya jadikan tambahan wawasan dan wacana khususnya saya pribadi… nderek nyimak njih bunda….
  • Bunda Lia Lalu dibawa ke cempala…. disana Cempala mengakui suplai adiknya yg mau menyolong Dewi Srikandi. Didepan Prabu Drupada dan Arjuna Supala memaki maki Kresna. Kresna tak menjawab dan meminta kepada Prabu Drupada Supala dibebaskan. Ketika ditanya kenapa Prabu Kresna tak menjawab ketika dimaki maki maka Prabu Kresna menjawab selama Supala tak menghinaku di depan 100 orang tak akan kubunuh. karena supala masih saudaradenganku. Supala dilepas dan wadya balanya kembali ke Negeri Cethi (supala dichakra kepalanya oleh srikresna di lakon rajasuya karena menghina kresna didepan 100 orang). Srikandi pun ahirnya didaupkandengan arjuna. Pernikahan dilakukan di cempala. Sementra romobongan hastina kembali tanpa pamitkarena malu. Karena danyang drona rupanya karena malu diam diam tanpa pamit kembali ke Soka Lima. Dia merasa ga mampu membangun taman morwa kaca. dan karena Arjuna yang berhasil membangun,maka arjuna dinikahkan dengan Srikandi.
  • Subagyo Ucok Sluman slumun Selamet BU DHE LIA ,AQ Paksi Dimas.putrane p.Bagyo madiun.
  • Bunda Lia Bathara Narada Patih ing Suralaya
    Sang Hyang Narada utawa Bathara Narada iku putrane Sang Hyang Caturkanwaka lan Dewi Laksmi.Karana iku Narada uga sinebut Hyang Kanwakaputra utawa Sang Hyang Kanekaputra. Miturut andharaning buku Ensiklopedi Wayang Purwa weton Balai Pustaka, ing jagad pedhalangan Bathara Narada asalesaka Kayangan Siddi Udhaludhal. Dheweke duwe sedulur telu yaiku Sang Hyang Pritanjala, DewiTiksnawati lan Sang Hyang Caturwarna. Bathara Narada duwe sisihan aran Dewi Wiyodi. Ing Palakramane kalawan Dewi Wiyodi iku, Narada peputra Dewi Kanekawati kang sabanjure kapasrahake marang Resi Seta putrane Prabu Matswapati, raja ing nagara Wirata. Saliyane Dewi Kanekawati, Naradauga peputra Bathara Malangdewa. Bathara Narada iku disuyudi dening sapa wae kang srawung kalawan dheweke. Iku amarga Narada ikuwatake grapyak semanak. Narada uga kondhang alim, pinter ing maneka warna ilmu, jujur, atine resik,pikirane lantip, seneng gegojegan, prigel olah kaprajuritan ananging uga temen-temen mandhita saenggaantuk jejuluk Resi.
  • Wisang Geni nderek nyimak njih bunda….. memang perjuangan yg luar biasa.. dan pantaslah untuk sarimbit… arujana dan srikandi…
    serta banyak nilai2 yg kita dapat…. estu bunda…. sae sanget menopo ingkang dados ulasan wonten nginggil…. rahayu….
  • Bunda Lia Saliyane iku praupane Narada uga bagus. Ing sawijining wektu nalika Narada mbanguntapa ing sandhuwure banyu samodra, tangane nggegem sawijining cupu aran Linggamanik. Nalika ikuNarada mertapa kanthi pangajab antuk kasekten lan kawibawan kang luwih. Patrape Narada ikukaweruhan dening Sang Hyang Manikmaya kang sabanjure tumeka ing papan mertapane Narada. Sawisesapatemon, kalorone banjur andon wasis maneka ilmu, ananging Sanghyang Manikmaya ora bisangasorake. Kalorone banjur prang tandhing adu kekuwatan lan kasekten.Wusanane Sanghyang Kanekaputra bisa diasorake dening Manikmaya kanthi sarana aji Kemayamsaengga Kanekaputra malih rupa dadi cendhek awake lan ala praupane Wiwit kedadeyan iku Sang Hyang
    Kanekaputra antuk sesebutan Narada. Sabanjure sinengkakake minangka tuwangga utawa patih ing Suralaya.
  • Bunda Lia Kabeh Dewa lan Dewaputra suyud lan manut marang Narada karana kalantipan lan kapinterane.Malah Sang Hyang Manikmaya dhewe tansah antuk pituduh lan pamrayoga saka Narada. Tanpa Naradaing Suralaya, Ngarcapada bakal tansah kisruh. Kacihna akeh prekara kanggo ngatur Tribuwana lan racakeuga angel ngudhari maneka prekara iku, Bathara Narada tansah seneng atine ngadhepi maneka prekaraiku lan tansah kasil antuk dalan kanggo ngrampungi. Narada tansah bisa ngrampungi maneka prekarakanthi pratitis. Dening Batara Guru, Narada asring sinebut ´kakang´. Mula bukane nalika andon wasismaneka rupa ngelmu, Bathara Guru tansah kalah saengga nuwuhake rasa nesu marang Narada lan banjur nyepatani Narada.Ananging karana Narada duwe ngelmu kang luwih dhuwur, dheweke banjur sinengkakake minangkatuwangga utawa patih ing Suralaya lan dianggep luwih tuwa. Wiwit iku Sang Hyang Manikmaya utawaBathara Guru tansah nyeluk Narada kanthi sesebutan ´Kakang Narada´. Ing crita liyane, nalika BatharaNarada sapatemon kalawan Bathara Guru, Narada diece dening Bathara Guru kanthi ukara yen BatharaNarada iku tangane papat. Nalika mertapa ing sandhuwure banyu samodra iku, Narada nganggo klambiananging tangane sing loro ora dilebokake ing lengene klambi, saengga katon kaya-laya tangane papat.Saka pangecene Bathara Guru marang Narada iku malah Bathara Guru dhewe kang kena sepata, saenggatangane dadi papat.
  • Ayu Dewi Lestari Selamat Malam Mama,,,salam kangenku selalu, ,I LOVE U,,,
  • Ayu Dewi Lestari Sugeng Ndalu om abdullah,,,mas wisang,,,,,mas agung,,,mas petruk,,lan sedoyo kadang kinasih,,,,salam sejahtera selalu,,,
  • Ariyo Hadiwijoyo lanjut bunda.,sinambi leyeh2 nambah kopine
  • Abdul Lathif .
    Asslaamu’alaikum……
    @MBakyu Lia : Kulo bocah ilang…. saknipi sampun bali ……..
    @Halo Poro Konco : Semoga selamat sejahtera kabeh kabul sedoyo maksud sejane………
  • Ayu Dewi Lestari Om lathif,@ selamat malam om,,,gmn kbarnya,,smoga selalu Rahayu ya om,,,
  • Abdul Lathif .
    @Gadis : Alhamdulillah….. Aku diserbu pekerjaan (tugas), tapi berka doamu dan para sedulur semua (terkhusus) Bunda Lia…… Semua bisa dikerjakan dengan baik, walaupun masih banyak yang perlu diselesaikan…….
  • Ayu Dewi Lestari Alkamdulilah klu begitu om,,,,
  • Bunda Lia Wahyu Cakraningrat
    Siapa yang tidak tergiur mendapatkan wahyu atau berkat khusus untuk bisa menjadi raja bagi seluruhumat manusia di bumi? Banyak orang mungkin akan berlomba-lomba mencari dan merebut berkat itu.Tetapi, sayangnya berkat atau wahyu tidak bisa diperoleh sembarangan. Hanya orang tertentu yangmampu mendapatkan wahyu itu. Biasanya, Tuhan memberi wahyu pada orang yang memiliki hati bersihdan berbudi luhur. Cobaan, godaan, dan tantangan hidup harus bisa dilalui oleh setiap orang yang inginmendapatkan wahyu. Jadi, tidak mudah untuk mendapatkannya. Perebutan mendapatkan wahyu disajikandalam pementasan wayang orang berjudul Wahyu Cakraningrat di Gedung Kesenian Jakarta, pada Kamis (24/2) malam. Cerita ini mengisahkan upaya tiga pemuda yang berambisi menjadi raja atau pemimpin negara. Tetapi untuk bisa menjadi raja, tiga pemuda tersebut harus mendapatkan wahyu keraton atau wahyu kerajaan. Dalam cerita perwayangan ini, wahyu keraton atau wahyu kerajaan ada di negeri khayangan. Wahyu berwujud seorang pria bernama Batara Cakraningrat. Sang wahyu akan turun ke bumi mencari sosok pemuda atau ³Kurungan Kencana´ yang pantas dijadikan raja untuk negeri di masa datang.Berbekal tekad bulat, Batara Cakraningrat ditemani Dewi Maninten turun ke bumi. Kedatangan merekasudah ditunggu-tunggu oleh tiga pemuda yang berambisi menyandang gelar Raja.
  • Ariyo Hadiwijoyo hwa ha ha…mas Lathif …sampeyan tk kangeni kok ngilang kipripun to …sibuk skolah mnopo…rahayu@ mas Lathif
  • Abdul Lathif .
    @Gadits : Yang penting Happy…. semua tugas akan terselesaikan tanpa beban…..
    @Mbak Wulan : Pripun pawartane……. Kangen selalu…..
    @Kangmas Ali : Tampakkan dirimu….. hahahahahahahahahaha…………….
  • Prima Selindo salam rahayu kang mas Abdul lathif..wah beberapa lama nggak jumpa ya..hehe salam sejahtera mas…
  • Abdul Lathif .
    @Mas Aryo : Hatiku pun terpaut pada kalian, …… tapi diri terbelenggu oleh kewajiban…… Yang penting… hatimu dan hatiku , satu dalam rasa, karsa , dan Cipta…..
    @Kangmas Agung Pambudi : Sembah nuwun penyambutannya…….
  • Ariyo Hadiwijoyo sip bunda …siiip deh
  • Wisang Geni monggo bunda….. kapureh dipun lajengaken…….
  • Prima Selindo nuwun injih kang mas…lathif…sinambi nyemak wedaran ing dalu meniko..monggo nyruput wedhang kopi..hehe.
  • Prima Selindo dipun lajeng aken diajeng….
  • Abdul Lathif .
    @Kangmas Agung : Wah saya lupa …….. saya kok gak pesen kopi ini …….
  • Prima Selindo @ salam rahayu kakang mas Wisang Geni kang kinasih..sugeng ing madyaning ratri….
  • Prima Selindo @ kang mas Ariyo..monggo njenengan camilanipun..hehe..
  • Bunda Lia Tiga pemuda itu, yakni Raden Lesmana Mandra Kumara putra Prabu Duryudana dan Ratu Banowati, Raden Samba putra dari Raja Dwarawati dan Sri Kresna, serta Raden Abimanyu putera Arjuna. Karakter ketiga pemuda tersebut di sajikan berbeda oleh sutradara D Su…Lihat Selengkapnya
  • Abdul Lathif .
    @Kangmas Wisang : Monggo dipun sruput wedangipun….
  • Ariyo Hadiwijoyo kakang mas Agung P@ sugeng ndalu njih .,rahayu
    mas Wisang@ sugeng ndalu rahayu .,sdoyo kinasih selamat mlm.,rahayu
  • Abdul Lathif .
    @Kangmas Aryo : Kulo, njih Sugeng Ndalu….. hehehehehehehe…………………..
  • Wisang Geni sugeng ndalu mas Agung pambudi….. matur nuwun…. mugi panjenengan sak keluarga tansah rahayu wilujeng…. amin….
  • Ariyo Hadiwijoyo kakang mas Agung @ mnawi dalem camilanipun pahit lho kang mas…he he he
  • Bunda Lia Wahyu Makuta Rama
    Prabu Suyudana mengutus Adipati Karna, Patih Sengkuni dan para Kurawa pergi ke Gunung Kutarungguatau Pertapaan Swelagiri, karena dewa memberikan penjelasan bahwa barang siapa memiliki makuta SriBatararama akan menjadi sakti, serta aka…Lihat Selengkapnya
  • Wisang Geni sugeng ndalu…. matur nuwun kang mas Abdul Lathif….
    kados pundi pawartosanipun…. mugi tansah rahayu wilujeng….
  • Abdul Lathif .
    @Walah ….. Lha ini Mas Ali Kok gak kelihatan sendiri ini ke mana ini ……
    @Mas Wisang : Sami-sami seger waras Mas……. Kulo dungo, mugi penjenengan mekaten ugi……….
  • Prima Selindo mboten menopo kang mas Ariyo..hehe
  • Ariyo Hadiwijoyo mas Lathif @ waalaikum salam wr…selamet malam njih
  • Prima Selindo @nembah nuwun kang mas..Wisang Geni semanten ugi panjengan sami njih..kang bams..rahayu..
  • Wisang Geni ” Wahyu mahkota rama ”
    sungguh sangat menarik bunda….. semakin malam semakin menyenangkan ulasan yg bunda sampaikan…… Sukses kagem bunda…… rahayu…..
  • Bunda Lia Sedangkan Anoman diperintah untuk meneruskan bertapa di Kendalisada dan kelak pada pemerintahanPrabu Jaya Purusa dari kediri ia akan naik surga. Arjuna kembali dengan membawa panah Wijayadanuuntuk diserahkan Adipati Karna. Dewi Subadra yang sangat khaw…Lihat Selengkapnya
  • Prima Selindo calon raja akan menjadi raja pada waktunya jika sudah ada tanda-tanda wahyu telah turun kepada calon raja tersebut. Di kalangan masyarakat Jawa kebanyakan, turunnya wahyu ditandai dengan meluncurnya “ndaru” (meteor) di langit pada waktu yang diharapkan…Lihat Selengkapnya
  • Prima Selindo Asta Brata merupakan 8 sifat inti seorang pemimpin dalam tradisi Jawa. Sikap yang harus dimiliki oleh penguasa jika ingin rakyat yang dipimpinnya menjadi tentram dan sejahtera. Asta Brata yang dalam terjemahan bebas; delapan ajaran utama tentang kepemi…Lihat Selengkapnya
  • Bunda Lia Ing wektu iku Bathara Narada nampa katrangan babagan paugeran-paugeran ing agama Syiwa, Sambo,Brahma, Indra, Bayu, Wisnu, Kala lan Durga. Bathara Sambo nate jumeneng nata ing nagaraMendhangprawa lan jejuluk Sri Maharaja Maldewa. Patihe aran Resi Acrake…Lihat Selengkapnya
  • Prima Selindo 1.i..ndra Brata
    Seorang pemimpin hendaknya seperti hujan yaitu senantiasa mengusahakan kemakmuran bagi rakyatnya dan dalam setiap tindakannya dapat membawa kesejukan dan penuh kewibawaan.
  • Abdul Lathif .
    @Kangmas Agung : Betul itu….. Jangan hanya menghujani rumahnya sendiri………
  • Prima Selindo 1. Laku Hambeging indra

    Seorang yang dipercaya menjadi pemimpin, hendaknya mengusahakan kemakmuran bagi rakyatnya dan dalam segala tindakannya dapat membawa kesejukan dan kewibawaan yang seperti bintang. Maknanya, seorang pemimpin haruslah kuat, tidak…Lihat Selengkapnya
  • Prima Selindo hehe.kang mas latief..aku diseni erus to yo..hikhikhik..
  • Prima Selindo 2.Yama Brata
    Pemimpin hendaknya meneladani sifat-sifat Dewa Yama, yaitu berani menegakkan keadilan menurut hukum atau peraturan yang berlaku demi mengayomi masyarakat..
  • Prima Selindo Laku Hambeging Yama

    Pemimpin hendaknya meneladani sikap dan sifat Dewa Yama, dimana Dewa Yama selalu menegakkan keadilan menurut hukum atau peraturan yang berlaku demi mengayomi rakyatnya. Harus menindak tegas abdinya, jika mengetahui abdinya itu mema…Lihat Selengkapnya
  • Abdul Lathif .
    @KangMas Agung : kikikikikikikikikikik//////////
  • Prima Selindo ampuni daku kang mas lathif…hikhiks..
  • Bunda Lia Bathara Guru uga ngombe banyu iku,nanging isih kuwawa mutahake. Kahanan iku ndadekake gulune Bathara Guru dadi werna biru karanaracun kang dikandhut banyu calakuta iku. Ing wektu iku Bathara Guru banjur jejuluk Nilakanta. NalikaDewi Laksmi metu saka sa…Lihat Selengkapnya
  • Abdul Lathif Betul itu : Jangan hanya menuntut supaya orang lain berbuat adil saja, sementara LUPA kalau dirinya tidak bisa berbuat adil hihihihihihih………………
  • Prima Selindo @ kang mas ..Abdullah Ali ..alhamdulilah ..salam takzimku kang mas…monggo ngopi hangat..niki pun diseduhaken..heheh
  • Prima Selindo 3.Surya Brata
    Pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat seperti Matahari (surya) yang mampu memberikan semangat dan kekuatan pada kehidupan yang penuh dinamika dan sebagai sumber energi…
  • Prima Selindo Laku Hambeging Surya

    Seorang pemimpin yang baik haruslah memiliki sifat dan sikap seperti matahari (surya) yang mampu memberi semangat dan kekuatan yang penuh dinamika serta menjadi sumber energi bagi bumi pertiwi. Sifat matahari berarti sabar dalam b…Lihat Selengkapnya
  • Prima Selindo kang mas Ali ..hm bahasa sunyi ..kang mas…lebih asyik ya..sulit tuk diungkapkan..dengan kata kata..selamat ya mas..
  • Prima Selindo @ salam sejahttera kang mas Ariyo Hadiwijoyo…sugeng sumunaring condro njih…4.Candra Brata
    Pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat seperti bulan yaitu mampu memberikan penerangan bagi rakyatnya yang berada dalam kegelapan/kebodohan dengan menampilkan wajah yang penuh kesejukan dan penuh simpati sehingga masyarakatnya merasa tentram dan hidup nyaman…
  • Bunda Lia Kelanjutan tersebut diatas…. Werkudara Meruwat…. akan saya teruskan besok kta temu kangen dulu ya…. dah lama ndak canda….
  • Prima Selindo Laku Hambeging Candra

    Pemimpin hendaknya memiliki sifat dan sikap yang mampu memberikan penerangan bagi rakyatnya yang berada dalam kebodohan dengan wajah yang penuh kesejukan seperti rembulan (candra), penuh simpati, sehingga rakyat menjadi tentram d…Lihat Selengkapnya
  • Prima Selindo wah baru catur brata nih diajeng..dilanjutkan apa nggak hayo..
  • Ariyo Hadiwijoyo kakang mas Agung@ matursuwon sanget pambabaranipun
  • Prima Selindo njih kang mas..baru catur udah jam segini..ntar mbak yu Sri rawuh kita didukani lagi dech..hehe..
  • Ariyo Hadiwijoyo kakang Abdullah @ salamku kakang.,rahayu dlm sunyi …bunda dah kngen bcanda kakang …he he he
  • Ariyo Hadiwijoyo kakang mas Agung @ kakang mbok Sri mboten duka.,dalem pun nyuwun ijin …kakang mbok Sri paring mesem niku wau…he he he …kakang mbok Sri …dalem nyadong duko
  • Prima Selindo hehe mpun ngoten loh..panjenganipun meniko…..hm….awas….kulo tak ndelik ten ngisor amben..njih..hehe..
  • Prima Selindo diajeng ayu pun kakang bade pamit undur diri sakwetawis..meniko wau manten anyar raden arjuno daup kalawan srikandi..pun paripurno..lha sakmeniko pun ngadep tabuh 00,00 wib…mesakaken pengantene mangke lek jagongan mawon…nyuwun agunge samudro pangaksami sedoyo kadhang kinasih…mohhon maaf lahir bathin…wasalam..
  • Abdul Lathif .
    Walah : @Durung tueuk nggonku ngowal rasa kangen, kabeh wus podho mureh paripurno…… Yo ….. yo…. Ndherek ake…….
  • Sang Iblis Mantab dech___ Rahayu___ Salam Dini Hari.
  • Ariyo Hadiwijoyo kang mas Agung@ pitodos kemawon …kakang mbok mboten nate duko kalian kinasih koh…sugeng dinihari njih …sdoyo kinasih… Salaaam.
  • Eddy Sudarmanto · 27 mutual friends

    Sugeng dalu poro kadang kinasih ugi diajeng.
    Rahayu…
  • Sri Kandi DIAJENG,CARIOS IKI TANPO MBOK SADARI NYREMPET LAN UGO WUS LELAKUNE,WAHYU MAHKUTO ROMO, YO PAMUJIKU DIAJENG KASEMBADAN OPO KANG DADI PANUWUNMU WONG AYU.
  • Sri Kandi DAK SIMAK WEDARAN NGANTI CERITO ING WAYANG HEM, NGANTI ESOK IKI PANCEN LAKU. YO DIAJENG PAWELINGKU ATI-ATI. MANTEP MADEP YO DIAJENG,RAHAYU-RAHAYU-RAHAYU.
  • Bunda Lia He he he nopo injih mbak yu mboten sadar mbak yu … nyuwun agunging pangapunten…. Rahayu3x
Iklan

Posted on Juni 11, 2013, in Tulisan Bunda Lia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: